Bukan hal baru lagi kalau di dunia kerja perusahaan acapkali memberikan penghargaan bagi karyawannya. Disebut juga sebagai reward – ini biasanya diberikan pihak manajemen dalam bentuk bonus sebagai imbalan untuk kinerja atau pemenuhan target perusahaan.

Nah, mudahnya, reward adalah penghargaan atau apresiasi pada seorang karyawan atas prestasi atau hal positif yang telah dilakukan. Enervoners sendiri pun mungkin pernah mendapatkan bentuk penghargaan ini, ya.

Dengan diberikannya apresiasi pada karyawan, diharapkan mereka menjadi lebih loyal, bahkan semakin termotivasi untuk bekerja.

Nah, lantas, apa saja manfaat memberikan reward pada karyawan? Dan, apa saja syarat yang harus dipenuhi agar bisa mendapatkannya? Simak informasinya di bawah ini, yuk!

 

 

Apa itu Reward?

Credit Image - talenta.co

Reward adalah imbalan jasa yang diberikan oleh perusahaan kepada para tenaga kerja, karena tenaga kerja tersebut telah memberikan sumbangan tenaga dan pikiran demi kemajuan perusahaan guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan. 

Jadi, reward merupakan merupakan imbalan atas kinerja karyawan yang membantu perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Umumnya perusahaan memberikan reward atau imbalan berbentuk uang. Tapi ada juga yang memberlakukan penghargaan tersebut dengan barang atau sejenisnya. Intinya, bisa diberikan dalam bentuk materil maupun non-materil

 

Manfaat Memberi Apresiasi pada Karyawan

Dengan memberikan imbalan, diharapkan karyawan dapat meningkatkan motivasi dan kinernanya. Selain itu, hal ini dilakukan agar relasi yang baik antara atasan dan bawahan dapat terjalin. Dengan demikian, lingkungan kerja pun terasa semakin positif, kan?

Pemberian apresiasi atau reward adalah hal yang terlihat sepele – namun bisa memberikan dampak yang baik, lho. Untuk itu, setiap perusahaan dianjurkan memberikannya pada pekerja, karena, ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh, yaitu:

 

1. Karyawan jadi lebih produktif 

Perlu diingat, penghargaan yang diberikan bukan berarti harus berbentuk materil. Bentuk non material seperti pujian atau apresiasi bisa membuat karyawan senang dan bahagia, lho. Ini menunjukkan bahwa perusahaan tak hanya mengambil benefit dari karyawan saja, tapi juga ada timbal balik berupa perhatian. 

Apresiasi dan pujian ini faktanya malah membuat karyawan bahagia karena kinerjanya dihargai. Lebih dari itu, karyawan menjadi loyal dan jadi lebih produktif. Sebab, semuanya dilakukan dengan hati yang bahagia dan senang. 

 

2. Atasan lebih dekat dengan bawahan

Atasan yang sering memberikan reward terhadap karyawannya, terbukti memiliki relasi yang baik dengan karyawannya. Bahkan, tanpa disadari, apresiasi atau pujian kecil yang sering dilakukan atasan bisa menambah rasa percaya diri bawahannya. 

Dengan begini, lingkungan kerja pun jadi lebih kondusif sehingga produktivitas karyawan juga meningkat. 

 

3. Membentuk karyawan yang loyal 

Minimnya perhatian perusahaan terhadap kinerja karyawan dapat menyebabkan turnover yang tinggi. 

Alhasil, karyawan yang potensial pun lepas dari genggaman. Ditambah lagi, untuk mendapat karyawan baru akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jadi, lebih banyak kerugian yang didapat perusahaan bila tidak ada kebijakan reward. 

 

4. Membangun image perusahaan 

Karyawan yang kecewa kemudian memutuskan resign dari kantor, secara tak langsung akan membawa gambaran perusahaan. Terlebih lagi jika karyawan tersebut berbicara negatif tentang perusahaan setelah dirinya keluar. 

Tanpa disadari image perusahaan pun dilihat kalangan profesional menjadi kurang baik. Bagi perusahaan besar yang memiliki target jangka panjang, hal ini sangat membahayakan bagi berjalannya bisnis. 

 

4. Target perusahaan tercapai 

Apresiasi yang diberikan perusahaan pasti akan membentuk karyawan yang bahagia, loyal, dan produktif. Dengan begitu, karyawan akan lebih bersemangat dan menjadi kompetitif untuk mencapai target perusahaan. Sudah tentu, hal tersebut jadi menguntungkan bagi perusahaan, karena goals cepat tercapai. 

 

Syarat Pemberian Reward

Credit Image - optimum-payroll.com

Nah, dari penjelasan di atas, sebenarnya dapat disimpulkan bahwa motivasi dan reward adalah dua hal yang saling berkaitan satu sama lain. Keduanya pun menjadi aspek penting untuk mencapai goals perusahaan.

Namun, dalam memberikan penghargaan ada beberapa syarat yang harus dipenuhi perusahaan, seperti:

  • Semua karyawan sama rata, artinya tidak ada unsur pilih kasih dalam pemberian penghargaan. 
  • Dilakukan secara transparan sehingga setiap lini dalam perusahaan mengetahui sistem dan proses pemberian apresiasi. 
  • Pemberian penghargaan ini dilakukan secara konsisten dan konsekuen. Misalnya satu tahun sekali setiap di akhir tahun memilih karyawan berprestasi dengan pemberian bonus yang besarnya tergantung kinerja selama satu tahun. 

Kontribusi sekecil apa pun yang dilakukan karyawan secara tak langsung membawa peningkatan bagi perusahaan. Karenanya perlu ada apresiasi atau reward yang konsisten dari perusahaan untuk investasi jangka panjang. 

 

Reward dapat Bantu Tingkatkan Produktivitas, Tapi Jangan Lupakan Hal Ini!

Memberikan penghargaan, dalam bentuk apapun pada karyawan memang dapat membantu memacu semangat kerja – dan tentunya meningkatkan produktivitas, ya? Dari hal ini, baik karyawan maupun perusahaan memang saling diuntungkan, lho.

Namun yang tidak boleh kamu lupakan, nih, Enervoners. Menjaga produktivitas juga perlu didukung dengan gaya hidup yang sehat, seperti sudah mendapat asupan makanan bergizi, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup. Hal ini akan membantu menjaga energi, sehingga aktivitas pun tidak terganggu.

Untuk memaksimalkan produktivitas – dan biar makin aktif, pastikan kamu juga sudah mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral dengan mengonsmsi multivitamin Enervon Active yang punya kandungan lengkap, ya!

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga energi tubuh agar tidak gampang lelah, serta menjaga daya tahan tubuh agar kamu tidak mudah jatuh sakit.

Tenang, kandungan vitamin C dalam Enervon Active ramah di lambung yang sensitif, kok!

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama untuk beraktivitas seharian.

Untuk mendapatkan produk Enervon Active, kamu bisa mendapatkannya dengan klik di sini, mudah, kan?

 

Reward adalah suatu bentuk apresiasi yang umumnya diberikan perusahaan pada karyawannya. Bisa setiap tahunnya – atau diberi ketika karyawan berhasil mencapai target. Apakah kamu sudah rutin mendapatkannya dari kantor tempatmu bekerja, Enervoners?

 

 

Featured Image – karirgogo.com

Source – lifepal.co.id