Kaum milenial, pasti kamu sudah sering mendengar road trip, kan? Cara liburan yang satu ini sepertinya semakin digandrungi kalangan muda, apalagi menggunakan campervan, nih. Menyetir selama berjam-jam dan berada di tempat baru mungkin menjadi tantangan tersendiri.

Wah, tak heran kalau road trip direkomendasikan untukmu yang suka berpetualang dan ingin bersantai di alam terbuka.

Eits, tapi jangan asal melakukannya, apalagi jika kamu road trip pakai campervan. Karena, ada berbagai tips yang baiknya diterapkan agar perjalanan tetap aman dan nyaman. Apa saja tips tersebut? Yuk, simak informasinya di bawah ini!

 

 

1. Pilih Campervan Sesuai Kebutuhan

Credit Image - misstourist.co

Apa kamu sudah memutuskan berapa jumlah orang yang akan ikut dalam perjalanan menggunakan mobil campervan? Kini, saatnya kamu memilih kendaraan yang nyaman dan tentunya tidak berdesak-desakan. Karena, biasanya perjalanan menggunakan campervan merupakan perjalanan panjang.

Kamu juga patut menyesuaikan dengan bujet, apakah butuh campervan yang dilengkapi dapur dan toilet, atau cukup yang sederhana saja. Jenis yang umum digunakan, yakni campervan dan motorhome.

Campervan umumnya digunakan untuk wisata camping singkat, sedangkan motorhome lebih cocok untuk jangka waktu lama. Meski campervan ukurannya lebih kecil, tapi fasilitasnya beragam, mulai dasar hingga komplet juga bisa.

Jika menyewa kendaraan, kamu dapat meminta rekomendasi dari penyedia. Namun, tidak menutup kemungkinan kamu mengubah mobil penumpang umumnya menjadi campervan.

 

2. Jangan Lupa, Buat Perencaan yang Baik!

Kamu memerlukan perencanaan yang matang sebelum memutuskan melakukan perjalanan dengan campervan. Seperti memiliki daftar tempat mana saja yang akan dikunjungi, menentukan rute, dan memastikan ketersediaan tempat.

Jika sedang peak season atau bahkan weekendcamping ground biasanya sudah mulai terisi sejak siang hari. Kamu memerlukan sejumlah tempat alternatif yang dapat digunakan sebagai camping spot, syukur-syukur ada yang gratis. Kamu juga dapat melakukan reservasi terlebih dahulu jika gak mau kehabisan tempat.

Selain itu, kamu perlu mengecek lokasi pengisian bensin, supaya tidak sampai kehabisan bahan bakar di tengah perjalanan. Apalagi jika tempat yang kamu tuju berada di daerah terpencil dan jauh dari pemukiman.

 

3. Kamu dapat Berhemat dengan Memasak, Lho

Credit Image - liputan6.com

Keuntungan dari perjalanan menggunakan campervan adalah bisa menghemat biaya makan dengan memasak sendiri. Kamu tidak perlu selalu makan di warung, kafe, atau restoran. Kamu dapat berbelanja, sayur, buah, atau kebutuhan makan dan minum lainnya.

Apalagi kalau ada kulkas mini di dalam campervan, kamu tidak perlu berbelanja setiap hari. Namun, kamu harus dapat memilih dengan baik mana bahan makanan yang cepat rusak dan mana yang bisa bertahan lebih lama. Bila perlu, kamu dapat membuat daftar belanjaan untuk memudahkanmu membeli sesuai kebutuhan.

 

4. Ikuti Aturan yang Berlaku di Daerah Setempat

Walaupun campervan merupakan moda transportasi yang umum bagi para backpacker di beberapa negara, ada beberapa aturan yang harus kamu pahami. Salah satunya, campervan tidak bisa parkir di mana saja.

Akan banyak picnic spot yang memasang rambu larangan parkir atau menginap bagi campervan. Jangan coba-coba melanggar larangan itu atau kamu akan kena penalti.

Misalnya, di Australia dan Selandia Baru, banyak ranger berkeliaran memastikan para pengendara campervan tidak parkir sembarangan. Selain itu, jangan mengotori camping spot dengan meninggalkan sampah.

 

5. Pelajari Pula Driving Culture-nya

Credit Image - blog.traillite.co.nz

Meskipun bisa mengendarai mobil, kadang ada beberapa hal yang berbeda dalam mengendarai campervan, apalagi yang ukurannya lebih besar. Sebelum memulai perjalanan, pastikan sudah terbiasa dengan mekanisme kendaraan yang satu ini.

Jika ragu, kamu dapat menyewa yang sudah termasuk sopir yang mengantarkanmu sampai tujuan. Jangan lupa untuk selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas demi keselamatan.

Jika kamu melakukan perjalanan jauh dari luar kota atau bahkan luar negeri, jangan langsung melakukan perjalanan menggunakan campervan. Apalagi kalau baru saja mendarat, agar terhindar dari efek jetlag dan kelelahan saat mengemudi.

 

6. Siapkan Peta Biar Tak Tersesat!

Meskipun ide "get lost" sepertinya menarik saat road trip, ada baiknya siapkan peta, baik yang digital maupun yang sudah dicetak. Peta online kadang tidak selalu aktual, kadang juga tidak ada jaringan internet di tempat terpencil. Jadi peta lokal bisa melengkapi.

Kamu juga dapat memperkirakan kondisi medan sebelum berangkat. Selain itu, sejumlah peta online dapat diunduh, kemudian digunakan tanpa jaringan internet.

Di Australia, aplikasi WikiCamps dan buku panduan Camps sangat membantu untuk menemukan tempat berkemah yang bagus, gratis, dan menarik.

 

7. Perhatikan Cuaca dan Peringatan Kondisi Jalan

Credit Image - travellerswithtime.com

Kamu perlu sering-sering melihat prakiraan cuaca, sebelum dan selama perjalanan menggunakan campervan. Kamu dapat melihatnya dengan mudah melalui aplikasi atau browser di ponselmu.

Ini penting banget untuk kamu yang melalui daerah rawan bencana, seperti banjir atau tanah longsor, ya!

Berbeda lagi kalau di luar negeri dengan tiga atau empat musim. Kamu perlu menyesuaikan musim yang bikin kamu nyaman selama perjalanan. Namun, jika ingin mencoba saat musim dingin, black ice jadi musuh paling berbahaya karena membuat jalanan licin, tetapi sulit dilihat karena warnanya transparan dan berbaur dengan warna aspal.

Kamu juga perlu memerhatikan kondisi jalan. Biasanya di daerah yang jauh dari perkotaan, aksesibilitasnya kurang memadai. Beberapa di antaranya sulit dilalui saat hujan atau setelah diguyur hujan. 

 

8. Tetap Jaga Kesehatan Tubuh

Sepertinya kegiatan road trip menggunakan campervan, bisa menjadi kegiatan yang cukup melelahkan, ya? Biar kondisi kesehatanmu tetap terjaga, pastikan kamu tetap mendapat waktu istirahat yang cukup – dan menjaga kekebalan tubuh dengan mengonsumsi multivitamin Enervon Active!

Enervon Active mengandung  non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Deretan vitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh agar tak gampang terkena penyakit. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya juga bisa mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama, sehingga kamu tak mudah lelah saat berkendara.

Untuk mendapatkan produk Enervon Active, kamu bisa mendapatkannya dengan klik di sini, ya.

 

Melakukan road trip dengan campervan terlihat menyenangkan, ya? Tapi di setiap perjalanan, tentu saja kamu memerlukan persiapan yang matang dan harus diperhatikan. Jika tertarik melakukannya, pastikan kamu sudah menerapkan tips di atas!

 

 

Featured Image – tripsavvy.com

Source – idntimes.com