Moms dads, sudah sering mendengar istilah finger painting? Disebut juga sebagai metode melukis dengan tangan, kegiatan ini tentu menyenangkan – serta dapat bermanfaat bagi tumbuh kembang Si Kecil, lho.

Finger painting adalah teknik melukis yang menggunakan jari-jari tangan sebagai kuasnya. Kegiatan satu ini cocok dimainkan bayi berusia 6 bulan ke atas – atau yang sudah mampu duduk tegak, maupun balita untuk merangsang fisik dan mentalnya.

Aktivitas tersebut pun sudah terbukti menjadi kegiatan yang cocok untuk mendukung tumbuh kembang anak. Dalam jurnal Social and Behavioral Sciences yang mengamati ketertarikan anak dalam permainan sensori berbasis sentuhan, diungkapkan bahwa anak-anak berusia 27 hingga 37 bulan yang diberi permainan tablet elektronik dan finger painting ternyata lebih tertarik menggambar dengan metode finger painting daripada menggunakan tablet elektronik. 

Nah, untuk moms dan dads yang tertarik mengajak Si Kecil melakukan kegiatan melukis dengan tangan ini, berikut cara yang dapat diterapkan. Psst, di artikel ini juga akan membahas manfaat yang bisa diperoleh dari kegiatan tersebut, lho.

Jadi, simak informasinya secara lengkap, ya!

 

 

Cara Membuat Finger Painting

Credit Image - empoweredparents.co

Tak perlu mahal-mahal membelinya ke toko, ikuti cara sederhana di bawah ini untuk membuat edible paint sendiri untuk Si Kecil. 

Bahan-bahan:

  • 4 sendok makan tepung maizena
  • Air dingin
  • 1 cangkir air mendidih
  • Pewarna makanan

Cara membuat:

  • Gunakan panci kecil untuk mencampurkan tepung maizena dengan air dingin secukupnya agar terbentuk menjadi pasta.
  • Tuangkan 1 cangkir air mendidih ke dalam panci dan aduk perlahan hingga tidak ada gumpalan dalam adonan.
  • Nyalakan kompor dengan api sedang dan aduk hingga tercampur rata. Adonan edible paint akan menampakkan garis-garis yang jelas, Setelah kamu melihatnya, matikan api dan terus aduk hingga kental seperti vla pada puding.
  • Masukkan adonan ke dalam toples, gelas atau wadah kosong, bagi rata sesuai jumlah pewarna yang tersedia. 
  • Tambahkan pewarna makanan pada adonan dalam wadah lalu campur sampai merata. Untuk warna-warna dasar seperti merah, biru, dan kuning, cukup teteskan sebanyak 3 tetes. Jika ingin membuat warna campuran seperti oranye, Anda dapat menambahkan 1 tetes pewarna merah dan 2 tetes pewarna kuning. Sedangkan untuk membuat cat warna ungu, tambahkan 1 tetes pewarna biru dan 2 tetes pewarna merah. 
  • Setelah tercampur merata, edible paint siap digunakan. 
  • Jika masih tersisa, tutup wadah cat dengan plastik wrap dan simpan di lemari es. Karena tidak mengandung pengawet cat ini hanya dapat disimpan selama dua minggu di dalam kulkas. 
  • Setiap akan digunakan, selalu pastikan tidak ada tanda-tanda basi pada edible paint, seperti terjadi perubahan warna, tekstur, dan bau.
  • Jika adonan mengeras setelah disimpan di lemari es, tambahkan sedikit air mendidih atau diamkan edible paint tersebut selama beberapa jam di suhu ruang hingga cat kembali ke tekstur yang seharusnya.

 

Manfaatnya untuk Tumbuh Kembang Anak

Credit Image - activebrainacademy.ch

Dilansir dari Sehatq, kegiatan finger painting dengan menggunakan edible paint dapat bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan anak, lho, moms dan dads. Berikut ini beberapa manfaatnya:

1. Keterampilan sensori

Kemampuan sensori adalah ketika anak menggunakan pancaindra yang ada pada tubuhnya. Melalui kemampuan ini mereka dapat menafsirkan apa yang ada di sekitarnya dengan rangsangan dari indra mereka.

Finger painting dapat meningkatkan kemampuan penglihatan, penciuman, dan sentuhan. Karena dari proses melukis tersebut anak dapat belajar bagaimana warna bekerja, menemukan tekstur baru, membaui cat, dan juga membuat ruang bangun.

 

2. Keterampilan motorik halus

Keterampilan motorik halus adalah keterampilan fisik yang melibatkan otot kecil dan koordinasi mata dan tangan. Manfaat kegiatan melukis dengan tangan ini salah satunya dapat meningkatkan kemampuan menggenggam anak, memperkuat otot tangan, dan kestabilan postur. 

 

3. Perkembangan mental dan kreativitas

Kegiatan ini dapat menstimulasi kreativitas dan imajinasi anak. Melalui finger painting, anak juga dapat mengekspresikan diri tanpa kata-kata.

Selain itu, Si Kecil juga dapat mengembangkan kemampuan berkomunikasi dan bahasa mereka jika aktivitas ini dilakukan bersama orang lain. Sebuah penelitian menyatakan bahwa kreativitas berbanding lurus dengan intelegensi seseorang, maka kegiatan melukis ini dapat dijadikan suatu kegiatan yang membantu meningkatkan kecerdasan anak.

 

Maksimalkan Pertumbuhan Si Kecil, Orangtua Perlu Lakukan Ini Juga, Lho!

Credit Image - generasimaju.co.id

Selain mengajak Si Kecil melakukan kegiatan finger painting, moms dan dads juga perlu melakukan cara lain untuk memaksimalkan tumbuh kembangnya, nih.

Kamu disarankan memberi asupan makanan bergizi seimbang, rajin mengajak anak melakukan aktivitas fisik, memastikan waktu tidurnya sudah cukup, dan penuhi kasih sayang pada Si Kecil – karena ini akan berpengaruh pada kondisi kesehatan mentalnya hingga dewasa nanti!

Untuk melengkapi proses tumbuh kembang anak, moms dan dads direkomendasikan memberi asupan multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C Plus Sirup.

Enervon-C Plus Sirup merupakan multivitamin khusus anak yang memiliki kandungan Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Sejumlah kandungan tersebut dapat membantu mengoptimalkan tumbuh kembang Si Kecil, membuatnya tetap aktif di masa pertumbuhan, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta membantu memelihara daya tahan tubuhnya agar tidak mudah sakit.

Nah, buat moms dan dads sendiri, biar kegiatan bareng anak dapat dilakukan dengan maksimal, pastikan kamu sudah menjaga daya tahan tubuh dan energi dengan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon-C.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat meminum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent yang memiliki kandungan vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Multivitamin Enervon-C dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa dirasakan berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

Multivitamin Enervon memang punya segudang manfaat, termasuk menunjang aktivitas harian, kan? Kalau begitu, yuk, segera dapatkan multivitamin andalanmu ini dengan mengunjungi official store-nya. Tinggal klik di sini, ya.

 

Dari penjelasan di atas, kegiatan finger print memang baik untuk perkembangan anak, termasuk dalam urusan motoriknya, ya. Tak hanya itu, kegiatan tersebut juga bisa mengeratkan bonding orangtua dan anak, lho. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – kumparan.com

Source – sehatq.com