5 Cara Menurunkan Demam Tinggi, Mudah dan Efektif, Lho!

5 Cara Menurunkan Demam Tinggi, Mudah dan Efektif, Lho!

Ketika suhu tubuh meningkat, Enervoners, jangan langsung panik, ya. Karena, ada beberapa cara menurunkan demam yang mudah diterapkan di rumah. Demam memang menimbulkan rasa tidak nyaman – tapi sebenarnya bisa hilang dengan sendirinya, kok!

Demam tinggi sering menganggu aktivitas harian, apalagi jika disertai gejala lainnya, seperti sakit kepala. Biasanya, bisa dikatakan deam jika peningkatan suhu mencapai 39 derajat Celsius atau bahkan lebih.

Kondisi ini pun tergolong normal terjadi sebagai bentuk reaksi dari sistem kekebalan tubuh, misalnya setelah vaksin, adanya infeksi, maupun penyakit tertentu dalam tubuh.

Nah, karena panik bukanlah hal yang direkomendasikan dalam mengatasi kondisi tersebut. Ada baiknya Enervoners menerapkan 5 cara menurunkan demam, seperti yang akan dikulik di bawah ini. Simak informasi lengkapnya, ya!

 

 

1. Istirahat yang Cukup

5 Cara Menurunkan Demam Tinggi, Mudah dan Efektif, Lho!

Credit Image - pikiran-rakyat.com

Cara menurunkan demam pertama yang sangat direkomendasikan, yaitu mendapat waktu istirahat yang cukup. Tidak sakit saja kamu butuh waktu tidur yang berkualitas, lho, bagaimana ini yang memang perlu pemulihan?

Istirahat yang cukup akan membantu penyembuhan sekaligus menurunkan suhu tubuh lebih cepat. Selain itu, ada baiknya kamu juga membatasi aktivitas fisik dan mencukupi waktu tidur setidaknya selama 8-9 jam setiap harinya.

 

2. Mandi atau Kompres Pakai Air Hangat

Mandi dengan air hangat dikenal menjadi alternatif baik untuk meredakan suhu tubuh. Alih-alih pakai air dingin, baiknya gunakan air hangat agar suhu tubuh pun tidak kaget – dan malah semakin melonjak tinggi, ya.

Cara ini dapat membantu melebarkan pembuluh darah serta pori-pori, sehingga panas ke luar dari badan dan suhu tubuh akan menurun. Nah, cara menurunkan demam satu ini bisa membantu meredakan nyeri otot ketika demam menyerang, lho.

Selain itu, mengompres dengan air hangat di bagian dahi dan ketiak juga dapat menurunkan demam secara alami.

 

3. Konsumsi Banyak Air Putih

5 Cara Menurunkan Demam Tinggi, Mudah dan Efektif, Lho!

Credit Image - halodoc.com

Tubuh memerlukan asupan cairan yang cukup, terutama dari mengonsumsi air putih. Begitu pula ketika kamu mengalami peningkatan suhu tubuh – cara menurunkan demam ini tidak boleh dilewatkan, ya!

Ketika mengalami demam, tubuh lebih berisiko mengalami dehidrasi. Untuk mencegahnya, kamu perlu memperbanyak konsumsi air putih. Dan, dehidrasi juga dapat dicegah dengan mengonsumsi sup hangat atau jus buah segar.

 

4. Gunakan Pakaian yang Tipis

Banyak yang beranggapan bahwa begitu merasa tidak enak badan, maka harus segera menggunakan baju hangat, serta meringkuk di balik selimut tebal. Apakah kamu termasuk? Padahal, cara tersebut salah, lho. Menggunakan pakaian – dan selimut terlalu tebal justru akan memerangkap udara panas di dalam tubuh sehingga demam tak kunjung turun.

Jadi, sebaiknya pakai baju dan selimut yang tipis dan mampu menyerap keringat. Jangan lupa atur suhu kamar supaya cukup nyaman, tak terlalu dingin. Kalau kamu menggigil, langsung minum air hangat. Jangan malah menyelimuti atau membungkus diri dengan kain tebal, ya!

 

5. Tetap Penuhi Kebutuhan Vitamin dan Mineral

5 Cara Menurunkan Demam Tinggi, Mudah dan Efektif, Lho!

Credit Image - id.theasianparent.com

Cara menurunkan demam yang tak boleh kamu lewatkan, yaitu memastikan tubuh sudah mendapat asupan nutisi yang tepat. Tips ini akan membantu meningkatkan kekebalan, sehingga penyakit dapat dilawan secara maksimal.

Lebih spesifiknya, vitamin dan mineral yang baiknya kamu penuhi adalah vitamin C, vitamin B kompleks, serta mineral zinc. Kombinasinya pun sangat baik untuk menjaga imunitas, lho. Sayangnya, vitamin dan mineral ini tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga mendapat asupannya dari makanan dan suplemen sangat dianjurkan.

Kamu direkomendasikan mengonsumsi multivitamin Enervon Active secara rutin – yang tidak hanya bisa meningkatkan imunitas ketika sakit, namun juga menjaga daya tahan tubuh agar dikemudian hari kamu tak gampang terserang penyakit.

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – kandungan vitamin C yang ramah dilambung akan membantu menjaga imunitas, dan vitamn B kompleksnya dapat mengoptimalkan energi tubuh agar tidak mudah lelah.

Multivitamin Enervon Active pun dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa dirasakan berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

Jadi, tak hanya baik buat menjaga daya tahan tubuh, namun Enervon Active pun membantu tubuhmu tetap berenergi sepanjang hari.

Yuk, segera dapatkan multivitamin andalan satu ini dengan mengunjungi official store Enervon!

 

Setelah deretan cara menurunkan demam di atas kamu terapkan, maka umumnya suhu tubuh akan menurun, bahkan menghilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari. Jadi, Enervoners tidak perlu langsung panik, ya.

Namun, jika kondisi tubuh tidak kunjung membaik, bahkan suhu tubuh terus meningkat selama lebih dari 3 hari – dan juga disertai dengan gejala lainnya, seperti diare, muntah, kejang, atau pingsan, maka sebaiknya segera kunjungi ahli untuk mendapat penanganan yang tepat.

 

 

Featured Image – klikdokter.com

Source – alodokter.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!