Untukmu yang sudah lama berkecimpung di dunia karir, pasti sudah tahu kalau etos kerja perlu dimiliki. Sikap ini merupakan sebuah kewajiban dan bentuk rasa tanggung jawabmu sebagai seorang pekerja, Enervoners.

Tak nanggung-nanggung, etos di tempat kerja pun juga menjadi salah satu modal yang dapat membuat karirmu kian berkembang, lho. Sikap ini juga akan menjadikan dirimu sebagai pribadi yang berbeda serta menonjol dibanding karyawan lainnya.

Nah, tapi, buatmu yang masih awam mengenai etos di tempat kerja – serta cara meningkatkannya. Maka informasi di bawah ini tak boleh dilewatkan, nih. Simak informasinya sampai habis, ya!

 

 

Apa Itu Etos Kerja?

Credit Image - ekrut.com

Etos kerja adalah sebuah keyakinan yang dimiliki oleh seseorang dalam melakukan sesuatu hal dengan tekad untuk bekerja keras dan memberikan yang terbaik. Berdasarkan KBBI, etos kerja merupakan semangat kerja yang menjadi ciri khas dan keyakinan seseorang atau suatu kelompok. Dalam dunia kerja sikap ini sangat penting karena mencerminkan kualitas diri dari seseorang. 

Orang yang memiliki sikap ini biasanya akan lebih dihargai karena bertanggung jawab dalam setiap pekerjaan yang dilakukannya. Di samping itu, tekad dan dedikasi terhadap pekerjaan yang dilakukan, membuat mereka mendapatkan nilai lebih dari yang lain. Sehingga meningkatkan kemungkinan dalam kesuksesan karir.  

 

Pentingnya Memiliki Etos Kerja

Pada perusahaan yang sudah mapan, biasanya etos kerja akan masuk ke dalam penilaian seperti KPI dan OKR. Oleh karenanya, karyawan akan lebih mudah memenuhi KPI dan OKR yang ditetapkan jika memiliki kinerja yang sesuai dengan harapan perusahaan.

Meskipun tidak masuk ke dalam KPI dan OKR, bukan berarti hal ini tidak penting. Justru, dengan memiliki sikap atau karakter ini, seorang karyawan akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

Sebagai contoh, kamu akan berpindah dari suatu perusahaan ke perusahaan lainnya, dengan etos kerja yang dimiliki, kamu akan mendapatkan penilaian lebih baik di perusahaan barumu. 

Adanya hal ini juga bisa mendatangkan peluang baru untukmu. Hal ini karena, orang-orang tahu kinerja baikmu dan tak ragu untuk merekomendasikanmu pada kesempatan yang lebih besar.

 

Cara Memilikinya, Yuk, Mulai Diterapkan!

Credit Image - republika.co.id

Untuk dapat memiliki etos kerja, kamu tak bisa bergantung pada perusahaan atau orang lain. Kamu harus mulai dari dirimu sendiri. 

Guna dapat menumbuhkannya, kamu harus memiliki referensi terlebih dahulu. Kamu dapat melihat orang-orang terdekatmu seperti orangtua, kakak, atau saudara.

Berdasarkan pengamatanmu, kamu dapat mengetahui bagaimana sikap mereka dalam bekerja, apa yang bisa ditiru, dan sebagainya. Kemudian, kamu dapat melihat bagaimana teman sebaya atau rekan kerjamu bekerja.

Tak hanya sebatas itu, kamu juga dapat mempelajari bagaimana pemimpinmu memimpin. 

Hal ini dapat membuat sikap tanggung jawabmu semakin tumbuh. Meski begitu, pertumbuhan ini harus dimulai dari keinginan sendiri, apakah kamu ada kemauan untuk maju atau tidak.

 

Ciri-ciri Seseorang yang Memiliki Etos Kerja

Apa saja ciri umum seseorang yang memiliki sikap yang satu ini? Berikut beberapa ciri umumnya. 

1. Bertanggung jawab

Seperti yang kamu ketahui, saat ini adalah era tersedianya kebebasan. Salah satunya adalah kebebasan waktu dalam bekerja. Kamu dapat bekerja kapan pun, asalkan dapat memberikan output yang diinginkan perusahaan.

Oleh karenanya, saat ini yang dibutuhkan adalah rasa bertanggung jawab terhadap kebebasan yang dimiliki. Bagaimana kamu tidak terlarut dalam berbagai kebebasan yang dimiliki, sehingga hasil kerja tetap sesuai dengan ketentuan perusahaan. 

 

2. Inisiatif

Ciri umum selanjutnya dalam etos kerja adalah inisiatif. Masih berkaitan dengan kebebasan, inisiatif adalah salah satu kebebasan yang diberikan oleh perusahaan.

Kamu dapat menyampaikan berbagai ide yang dirasa baik untuk kepentingan bersama, tanpa harus menunggu perintah. Ini penting karena inisiatif menandakan seorang karyawan memiliki kepedulian terhadap perusahaannya, sehingga mau menyampaikan suatu ide. 

 

3. Mau bekerja sama

Selanjutnya yaitu kemauan untuk bekerja sama. Ini dirasa cukup penting untuk dapat melihat seberapa baik kemampuan seseorang bekerja dengan orang lain, komunikasi, serta menghadapi tekanan yang terjadi.

Dengan memiliki ini, maka bisa dibilang bahwa kamu memiliki etos kerja yang baik.

Selanjutnya, kamu tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan bagian mana yang perlu ditingkatkan.

 

Kiat untuk Meningkatkan Tanggung Jawab

Credit Image - glints.com

Mungkin kamu bertanya, jika kamu seorang fresh graduate dan belum memiliki pengalaman kerja, bagaimana cara meningkatkannya? Sebenarnya, kamu bisa memulai dari hal-hal kecil di sekitarmu.

Salah satunya dengan menyelesaikan tanggung jawab pada tugas yang diberikan, serta bagaimana kamu menjalin relasi dalam organisasi.

1. Bagi pekerja

Bagi yang sudah bekerja, untuk dapat meningkatkan etos di tempat kerja kamu perlu memperbanyak referensi.

Hal ini bisa berasal dari mempelajari kesuksesan berbagai tokoh inspiratif, atau mendatangi seminar untuk meningkatkan kemampuan diri.

 

2. Bagi pemimpin

Seorang pemimpin tentu memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan etos bekerja setiap anggota tim. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan menjadi contoh yang baik bagi bawahan-bawahannya.

Menjadi pemimpin yang baik secara tidak langsung akan memengaruhi bawahannya untuk melakukan hal yang sama. 

Selain itu, pemimpin juga perlu memberikan kebebasan dan kepercayaan sehingga karyawan dapat berkembang lebih baik. Kurangnya memberikan kebebasan pada karyawan juga dapat membuat karyawan tertekan yang justru memengaruhi etosnya di tempat kerja.  

 

Tingkatkan Etos Kerja, Terus Boost Energimu!

Memiliki rasa tanggung jawab di tempat kerja memang diperlukan, sehingga kamu dapat menyelesaikan pekerjaan secara maksimal – dan tentunya semakin terlihat professional, kan?

Nah, biar pekerjaan bisa selesai tepat waktu sekaligus menjaga produktivitas, pastikan kamu sudah menerapkan gaya hidup sehat biar energi tak gampang habis ketika beraktivitas, ya. Istirahat yang cukup, rutin berolahraga, dan mendapat asupan makanan bergizi kaya vitamin dan mineral – menjadi deretan hal yang tak boleh dilewatkan, lho.

Dan untuk melengkapi hidup aktif-mu, yuk, konsumsi multivitamin Enervon Active yang mengandung  non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Deretan vitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh agar tak gampang terkena penyakit. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya juga bisa mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama.

Khawatir kandungan vitamin C dalam Enervon Active membuat lambung perih? Tenang, kandungan vitamin C-nya ramah untukmu pemilik perut sensitif, kok!

Untuk mendapatkan produk Enervon Active, kamu bisa mendapatkannya dengan klik di sini, ya.

 

Nah, itulah beberapa hal yang perlu diketahui mengenai etos kerja – sekaligus cara untuk meningkatkannya. Jadi, pastikan kamu sudah memiliki sikap satu ini!

 

 

Featured Image – fingerspot.com

Source – glints.com