Bagi seseorang yang memiliki mobilitas tinggi, tentu kamu dituntut untuk selalu energik, dinamis, dan penuh semangat. Sayangnya, tidak setiap hari – dan setiap saat kamu dapat memenuhi sejumlah hal tersebut, kan?

Untuk menjaga energi, ini tidak hanya bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan bergizi saja, namun juga perlu dibarengi hal-hal lainnya yang dapat menunjang tubuh tetap fit sekaligus bersemangat sepanjang hari.

Dilansir dari Kumparan, berikut 5 hal yang dapat membantu menambah energi harianmu. Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

 

 

1. Rutin Mencari Udara Segar

Credit Image - kompas.com

Menurut riset dari University of Rochester di New York, alam terbuka dapat meningkatkan energi dalam diri seseorang. “Alam adalah bahan bakar untuk jiwa,” ungkap Richard Ryan Ph. D, Penulis dan Profesor Psikologi.

Bahkan menurutnya, hanya dengan melihat foto atau gambar pemandangan alam juga dapat meningkatkan mood dan energi positif. Maka dari itu, coba luangkan waktu menikmati alam untuk menambah energi sekaligus meredakan stres.

 

2. Terkena Paparan Sinar Matahari atau Lampu Khusus

Alarm memang berfungsi untuk membantu kita agar lebih mudah untuk bangun. Namun bangun dengan rasa kaget saat mendengar alarm berbunyi terkadang bisa membuat kamu merasa cemas.

Sebagai opsi, cobalah memasang alarm yang menggunakan cahaya karena cahaya merupakan sesuatu yang natural dan gradual. Kamu akan bangun dengan perasaan yang lebih baik ketika terpapar sinar matahari langsung atau melalui lampu temaram.

Kamu dapat mencoba Lumie Bodyclock, sebuah alarm yang dilengkapi dengan cahaya atau memanfaatkan sebuah software bernama Wake Up Light yang bisa diunduh pada laptop.

 

3. Melakukan Olahraga Pernapasan

Credit Image - koran.tempo.co

Napas yang dilakukan saat meditasi memang dapat membuat Anda merasa tenang. Namun untuk mendapatkan energi lebih, meditasi bukanlah cara yang tepat.

Untuk itu, kamu harus mencoba praktik breath of fire. Sebuah kegiatan olahraga mirip seperti yoga, kok! Caranya, rentangkan tangan di atas kepala dengan mulut tertutup. Tarik napas melalui hidung saat pusar bergerak ke luar, lalu buang napas melalui hidung saat pusar mengarah ke dalam.

Lakukan secara berulang-ulang dengan cepat. Usahakan tubuh tetap diam kecuali bagian pusar yang ikut bergerak maju mundur saat bernapas. Peneliti percaya kegiatan tersebut dapat melatih otot-otot pernapasan dan meningkatkan energi.

 

4. Menghirup Aroma Kopi atau Cokelat

Siapa yang tidak tergugah dan semangat ketika mencium aroma kopi? Menurut studi dari Stevens Institute of Technology di Hoboken, New Jersey, mengatakan bahwa seseorang yang menghirup aroma kopi dapat meningkatkan kemampuan dan kewaspadaan otak.

Hal itu terjadi karena kandungan zat yang terdapat pada kopi dapat membuat otak lebih terjaga. Hal ini juga terjadi pada coklat. Oleh karena itu, jika menghirup aroma kopi atau coklat, kamu bisa lari lebih kencang saat olahraga, bisa melakukan banyak kegiatan setelahnya, dan tidak merasa mudah lelah.

 

5. Konsumsi Karbohidrat Kompleks

Credit Image - doktersehat.com

Ketahuilah jika semua karbohidrat akan berubah menjadi glukosa dan menjadi energi untuk otak. Namun mengkonsumsi karbohidrat dari nasi atau junk food tidak baik bagi kesehatan.

Disarankan agar kamu memilih makanan berserat tinggi seperti crackers gandum atau buah yang dapat menghasilkan banyak energi tanpa merusak kesehatan seperti makanan berserat lainnya.

 

6. Konsumsi Multivitamin untuk Boost Energi

Selain menerapkan deretan tips di atas, mendongkrak energi tubuhmu juga perlu dilakukan dengan mengonsumsi multivitamin, apalagi yang memiliki kandungan vitamin B kompleks, lho. Jenis nutrisi satu ini membantu proses metabolisme – yang berperan membentuk energi serta meningkatkan suasana hati.

Lantas, apa multivitamin yang direkomendasikan?

Konsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active. Multivitamin andalanmu yang satu ini mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang berguna untuk menjaga stamina agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu agar tidah mudah terserang penyakit.

Tak perlu khawatir, kandungan vitamin C-nya pun aman di lambung sensitif, lho!

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama. Mulai sekarang, yuk jadi pribadi yang aktif dengan Enervon Active!

Tunggu apa lagi? Segera konsumsi produk multivitamin andalan kaum aktif yang satu ini, yuk! Kamu bisa mendapatkannya di official store-nya di Tokopedia, ya.

 

Untukmu yang punya deretan aktivitas padat – dan dituntut untuk selalu berenergik dan penuh semangat, yuk, coba lakukan tips di atas mulai sekarang!

 

 

Featured Image – fimela.com

Source – kumparan.com