Moms dan dads, keberhasilan seorang anak dalam berbagai hal tidak hanya ditentukan oleh kemampuan akademik dan intelektualitas saja, tetapi juga bergantung pada bagaimana orangtua memotivasi sang buah hati.

Setiap orangtua perlu terlihat secara emosional, jika anak ingin sukses meraih prestasi belajar yang baik. Seperti diketahui, motivasi adalah kekuatan untuk seseorang dalam meraih sesuatu – begitu juga pada anak-anak. Bagi mereka, motivasi terbesar adalah orangtua.

Nah, moms dan dads perlu bersikap bijak dalam membantu meningkatkan prestasi belajar Si Kecil. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu terapkan. Simak informasinya sampai habis – dan mulai diterapkan, yuk!

 

 

1. Belajar Sambil Bermain

Credit Image - edukasi.kompas.com

Dunia anak adalah dunia permainan. Cara memotivasi yang paling mudah bagi orang tua adalah membiarkan anak melakukan permainan yang mengandung muatan edukasi pembelajaran, tergantung pada usianya.

Cara belajar sambil bermain ini akan membuat anak lebih rileks, senang belajar, dan orang tua pun lebih santai dalam mendampingi. Berikan permainan edukatif pada anak sesuai dengan jenjang dan tahapan usianya. Upayakan menemukan muatan pendidikan dalam setiap permainan atau hal-hal menarik yang ada di sekitar anak.

Dengan cara yang menyenangkan, anak semakin semangat, dan tentunya prestasi belajar makin meningkat, kan?

 

2. Hindari Fokus pada Nilai dan Hasil Saja!

Belajar adalah proses untuk mengetahui sesuatu, jadi moms dan dads jangan menargetkan hal-hal berlebihan atas kemampuan anak jika tak sesuai dengan kenyataan. Memberi target nilai dan hasil yang tinggi pada anak yang tidak memiliki kemampuan memadai hanya akan membuat anak stres, takut kepada orang tua dan akhirnya malas belajar.

Menumbuhkan semangat sekaligus rasa senang pada sesuatu tidak semestinya didasarkan pada hasil dan nilai, tetapi bagaimana anak bisa menjalani proses dengan baik. Ajarkan kepada anak bahwa hal paling penting dalam belajar adalah proses untuk terus belajar dan mencari tahu, soal hasil dan nilai hanyalah efek dari sebuah usaha yang terus menerus.

 

3. Masuk dalam Kehidupan Anak

Credit Image - morinagaplatinum.com

Cara lain yang perlu diterapkan untuk meningkatkan prestasi belajar Si Kecil, yaitu orangtua perlu memasuki kehidupan anak.

Banyak orangtua tidak bisa memahami kemampuan anaknya, karena hanya memandang dalam persepsi orangtua saja. Namun, cobalah sesekali untuk masuk ke dalam kehidupan Si Kecil, berpikir dan merasakan dunia anak-anak yang memang dunia bermain.

Moms dan dads mungkin sering kesal saat anak terus menerus bermain sementara mereka belum belajar, sedang dalam persepsi anak mereka kesal saat ingin bermain tetapi orangtua menyuruh belajar.

Sebagai orangtua, kamu perlu masuk dan menyelami dunia anak agar bisa mengambil keputusan dan motivasi yang tepat pada anak untuk belajar.

 

4. Memulai dari Minat dan Bakat

Menemukan minat dan bakat anak penting untuk ditemukan, dikembangkan dan dimotivasi sejak dini. Jika moms dan dads berhasil menemukan hal ini pada anak sejak dini maka mendorong anak untuk lebih semangat belajar dan berprestasi di bidang yang disukai anak akan semakin mudah.

Hal yang jadi masalah seringkali apa yang menjadi keinginan anak tidak sama dengan apa yang menjadi keinginan orangtua, atau apa yang menjadi keinginan anak kurang didukung dengan baik oleh kedua orangtuanya.

Belajar pun akhirnya tidak semangat, tidak maksimal dan sudah pasti prestasi belajar yang diraih akan jauh dari yang diharapkan.

 

5. Memberi Apresiasi

Credit Image - ibudanbalita.com

Semangat dan prestasi belajar memang harus didukung dengan apresiasi yang memadai. Bukan hanya anak-anak yang butuh apresiasi, orang dewasa pun senang jika proses belajar diapresiasi. Nah, Parent Pinters bisa memberikan apresiasi positif terhadap keberhasilan belajar atau prestasi yang didapatkan anak.

Berilah apresiasi yang mendidik. Jika membelikan dalam bentuk barang, pilih jenis barang yang bermanfaat dan memiliki nilai edukatif, jika dalam bentuk aktivitas tetap harus mengedepankan kebutuhan edukasi anak.

 

6. Memberikan Dukungan Sepenuhnya

Jika moms dan dads ingin anak sukses di bidang tertentu yang mereka minati, maka dukungan adalah hal mutlak yang harus diberikan.

Dukungan bukan hanya saat kamu sudah memasukkan anak ke lembaga pendidikan terbaik, memenuhi fasilitas hobinya atau sejenisnya, tetapi dukungan moril adalah hal utama yang memberi motivasi tak ternilai.

Sebagai contoh orangtua datang langsung ke sekolah anak untuk menyaksikan kompetisi yang dijalani, mengajak anak jalan-jalan mengikuti kegiatan yang disenangi anak, berlatih bersama atau belajar bersama anak, mengajak anak ngobrol sambil memberikan motivasi dan pemahaman.

Keterlibatan secara emosional adalah hal yang sangat berkesan bagi anak dan menumbuhkan semangat tersendiri.

Selain memberi dukungan secara emosional, dalam meningkatkan prestasi belajar anak, maka moms dan dads juga perlu mencukupi kebutuhan nutrisi Si Kecil – yang juga menjadi salah satu langkah tepat untuk mendukung kegiatan belajarnya.

Selain dengan memberi asupan makanan bernutrisi tinggi, moms dan dads dapat berikan asupan multivitamin dari Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh anak.

Sejumlah vitamin dalam Enervon-C Plus Sirup juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan Si Kecil, mengoptimalkan tumbuh kembangnya, memperkuat tulang dan gigi, sekaligus membantu penuhi kebutuhan nutrisi harian.

Untuk mendapatkan produk Enervon-C Plus Sirup, moms dan dads bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya!

 

Jadi, itulah deretan tips mudah untuk membantu meningkatkan prestasi belajar anak. Yang terpenting, moms dan dads dapat memberi dukungan secara penuh, sehingga Si Kecil semakin termotivasi.

 

 

Featured Image – berkeluarga.id

Source – pintek.id