Kalau kamu sering merasa pusing dan mual ketika bepergian dengan kendaraan tertentu, mungkin ini tandanya kamu mengalami mabuk perjalanan. Langganan mengalami permasalahan tersebut? Jangan sampai melewatkan informasi di bawah ini, ya!

Mabuk selama perjalanan merupakan kondisi ketika seseorang merasa tidak nyaman saat melakukan kegiatan bepergian menggunakan mobil, bus, pesawat, kereta api, atau kapal. Ini bisa dialami siapa saja, baik anak-anak, orang dewasa, ibu hamil, maupun lansia.

Jika kamu yang termasuk sering mengalami mabuk selama perjalanan, yuk, simak tips berikut ini untuk mengatasinya!

 

 

Apa Saja Penyebab Mabuk di Perjalanan?

Credit Image - liputan6.com

Pusat pengatur keseimbangan dan posisi tubuh berada di telinga bagian dalam dan di otak, tepatnya otak kecil. Ketika tubuh bergerak atau berada di posisi tertentu, misalnya berjalan, duduk, berbaring, berdiri, atau berputar, sistem saraf tubuh akan bekerja dan mengirim sinyal ke otak dan telinga bagian dalam.

Pada saat sedang bepergian, sistem pengaturan posisi dan keseimbangan tubuh juga tetap bekerja.

Namun, sebagian orang mungkin ada yang lebih sensitif dan tidak mampu mengolah seluruh sinyal saraf yang diterima tersebut dengan baik, sehingga mereka akan merasa lebih mudah mual, pusing, atau tidak enak badan ketika bepergian. Inilah yang membuat seseorang bisa mengalami mabuk perjalanan.

Selain penyebab tersebut, ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami kondisi tersebut, yaitu:

  • Membaca buku atau bermain gawai di dalam kendaraan yang sedang melaju
  • Mengalami migrain
  • Memiliki riwayat mabuk selama perjalanan atau vertigo
  • Mengalami perubahan hormonal
  • Memiliki gangguan pada telinga bagian dalam

 

Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan

Credit Image - oto.com

Memang sih, permasalahan ini bukanlah kondisi yang berbahaya. Namun, tentunya mabuk di perjalanan bisa membuatmu merasa tidak nyaman, kan? Nah, untuk mengatasinya, berikut tips yang dapat dilakukan.

1. Konsumsi jahe atau permen mint

Mengonsumsi teh atau air seduhan jahe atau permen mint disebut bisa membantu mencegah dan meredakan gejala mual dan muntah akibat mabuk di perjalanan. Selain itu, rasa dan aroma jahe atau daun mint dianggap dapat menenangkan tubuh.

Jika kamu sering mengalami mabuk perjalanan, cobalah untuk menyiapkan jahe atau permen mint untuk mengatasi keluhan ini.

 

2. Hirup minyak angin atau aromaterapi

Aromaterapi atau minyak angin juga bisa membantu mengurangi rasa mual dan tidak nyaman karena mabuk perjalanan. Aroma tersebut bisa didapatkan dari minyak esensial tertentu, seperti minyak kayu putih, lavender, lemon, atau rempah-rempah, termasuk adas dan kapulaga, agar lebih nyaman, pilihlah aroma yang kamu sukai, ya.

 

3. Pejamkan mata dan istirahat sejenak

Cara selanjutnya untuk mengatasi mabuk selama perjalanan adalah dengan menutup mata dan bernapas secara perlahan. Jika kamu menggunakan mobil, kamu bisa membuka kaca jendela dan menghirup udara segar beberapa menit.

Tidak hanya itu, kamu juga dianjurkan untuk beristirahat sejenak apabila memungkinkan ketika menempuh perjalanan jauh. Saat turun dari mobil, kamu bisa menggunakan waktu tersebut untuk berjalan kaki di sekitar rest area sambil menghidup udara segar.

 

4. Ubah posisi tubuh

Mabuk selama perjalanan bisa lebih parah atau mudah kambuh ketika kamu duduk menghadap ke belakang atau samping. Oleh karena itu, cobalah ubah posisi duduk untuk menghadap ke depan. Hal ini mungkin bisa membantu mengurangi gejala mabuk perjalanan yang kamu rasakan.

 

5. Minum obat tertentu

Jika beberapa cara di atas telah dilakukan, tetapi mabuk perjalanan yang dialami belum juga mereda, kamu bisa minum obat khusus, seperti dimenhydrinate atau scopolamine. Agar bekerja dengan maksimal, konsumsi obatnya sebelum kamu bepergian, ya.

 

Biar Liburan Tetap Menyenangkan, Jaga Selalu Kesehatanmu!

Credit Image - telisik.id

Pergi berlibur terdengar mengasyikkan, ya? Selain menerapkan cara menghindari mabuk selama perjalanan di atas, kamu juga disarankan untuk selalu menjaga kesehatan tubuh agar liburan pun tidak terganggu.

Selama kegiatan bepergian pastikan kamu tetap mendapat istirahat yang cukup – dan pastinya menjaga kekebalan tubuh dengan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon Active!

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Deretan vitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh agar tak gampang terkena penyakit. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya juga bisa mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama, sehingga kamu tak mudah lelah saat berkendara.

Untuk mendapatkan produk Enervon Active, kamu bisa mendapatkannya dengan klik di sini, ya.

 

Bagimu yang masih suka mabuk perjalanan, maka ada beberapa hal yang baiknya kamu lakukan – dan tidak dilakukan, seperti membaca buku atau bahkan menonton film di dalam kendaraan. Jadi, jangan sampai kondisi ini mengganggu perjalanan, bahkan menginterupsi agenda liburan!

 

 

Featured Image – klikdokter.com

Source – alodokter.com