Tubuh yang sehat hingga tua nanti memang menjadi keinginan semua orang. Untuk itu, kamu dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh – dan ingat jangan menunggu sampai jatuh sakit, baru menerapkan gaya hidup yang sehat, ya!

Tak perlu repot, kok. Cara mempertahankan kesehatan sebenarnya tidaklah terlalu sulit, cukup dengan mengubah kebiasaan sehari-hari menjadi lebih baik serta menerapkannya secara rutin, maka kondisi tubuh dapat tetap prima.

Lantas, apa saja kebiasaan yang perlu diterapkan untuk menjaga kesehatan tubuh? Berikut langkah mudahnya. Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

 

 

1. Mengonsumsi Makanan Sehat dan Aktif Bergerak

Credit Image - food.detik.com

Kesehatan tubuh dipengaruhi dari apa yang kamu konsumsi setiap hari. Pastikan kamu mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan karbohidrat, seperti nasi merah, oat, quinoa, dan roti gandum. Kemudian lemak sehat – alpukat, biji-bijian, aneka jenis ikan laut, dan ikan air tawar, dan kacang-kacangan.

Penuhi juga kebutuhan vitamin dan mineral, misalnya dengan mengonsumsi asparagus, brokoli, kale, kembang kol, mentimun, jamur, kubis, lobak, labu, paprika, terong, serta wortel, serta protein dari daging tanpa lemak, produk olahan susu, susu, dan telur. Perlu juga mengonsumsi buah-buahan seperti anggur, apel, blueberry, jeruk, kiwi, lemon, mangga, nanas, pir, pisang, stroberi, dan lain-lainnya.

Selain itu, imbangi hidup sehat dengan aktif bergerak. Tidak hanya baik buat kesehatan, olahraga membantu mencegah dan mengatasi beberapa penyakit, seperti diabetes, kanker, osteoporosis, radang sendi, stroke, tekanan darah tinggi, hingga depresi. Disarankan untuk melakukan olahraga selama 20-30 menit setiap harinya.

 

2. Tidak Merokok dan Hindari Konsumsi Alkohol

Tidak atau berhenti merokok juga menjadi salah satu cara menjaga kesehatan tubuh. Kebiasaan merokok menjadi penyebab penyakit kardiovaskular, kanker, dan pernapasan. Cara berhenti merokok di antaranya olahraga rutin, menerapkan pola makan sehat, membersihkan rumah, dan cari hobi baru untuk mengalihkan ingatan pada rokok.

Selain tidak merokok, hentikan pula kebiasaan mengonsumsi minuman alkohol karena minuman ini bisa memudahkan tubuh terkena infeksi bakteri dan virus karena kesehatanmu semakin hari akan berkurang. Alkohol sendiri bisa memicu beberapa penyakit seperti ginjal, hati, sampai kanker.

 

3. Cukupi Waktu Beristirahat

Credit Image - ners.unair.ac.id

Penting sekali untuk mencukupi waktu tidur setiap harinya untuk menjaga kesehatan tubuh. Alasannya, tidur yang cukup membantu memperbaiki sel-sel tubuh, membuat tubuh menjadi segar, mempertajam ingatan, dan meningkatkan suasana hati.  Waktu tidur sebaiknya lakukan selama 7-8 jam dalam sehari, ya!

 

4. Mengelola Stres dengan Baik

Stres yang dialami secara terus menerus bisa melemahkan imun tubuh, sehingga memicu kamu mudah terkena penyakit. Salah satu cara mengatur stres adalah dengan menjaga kesehatan tubuh. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membantu meminimalisir stres, seperti melakukan meditasi, olahraga, bercerita dengan orang terdekat dan yang dipercaya, dan melakukan aktivitas positif lainnya. 

 

5. Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan Sekitar

Credit Image - yalemedicine.org

Menjaga kebersihan diri tak perlu menunggu sampai kamu jatuh sakit dahulu, lho. Ingat, hal ini penting diterapkan untuk mencegah berbagai virus, kuman, dan bakteri penyebab penyakit. Beberapa cara menjaga kebersihan yang baik:

  • Cuci tangan sebelum menyentuh atau menyiapkan makanan, dan setelah makan
  • Cuci tangan sebelum memasukkan lensa kontak atau melakukan aktivitas lain yang membuatmu menyentuh mata atau mulut
  • Cuci tangan kurang lebih 20 detik dan gosok di bawah kuku jari Anda
  • Mandi setiap hari sebanyak dua kali
  • Ketika sedang bersin atau batuk tutup hidung dan mulut Anda 
  • Bersihkan rumah dan kamar setiap hari
  • Cuci peralatan makan dengan bersih

 

6. Konsumsi Multivitamin untuk Maksimalkan Kesehatan

Dalam penerapan gaya hidup sehat, mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral memang tidak boleh dilewatkan, ya. Terlebih buatmu yang punya aktivitas padat, kedua nutrisi ini penting dipenuhi agar sistem imunitas dan metabolisme berjalan optimal, sehingga kamu pun gak gampang lelah.

Tak hanya dengan mengonsumsi makanan tinggi gizi, mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral juga dapat dilakukan dengan minum multivitamin – nah, kamu direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active secara rutin!

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kandungan vitamin C di dalamnya dapat membantu menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit. Selain itu, kandungan vitamin B kompleksnya akan membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama, sehingga tak mudah lelah saat beraktivitas!

Yuk, segera dapatkan multivitamin andalan satu ini dengan mengunjungi official store Enervon, ya.

 

Gimana, nih? Sekarang kamu tidak perlu menunggu sampai sakit untuk menerapkan gaya hidup sehat, kan? Buatmu yang masih suka menerapkan kebiasaan yang kurang sehat, ada baiknya segera diperbaiki biar kondisi tubuh tetap prima hingga tua nanti!

 

 

Featured Image – wallpaperaccess.com

Source – zurich.co.id