Siapa di sini yang masih sering kekurangan energi, bahkan sampai lelah berkepanjangan? Kalau begitu, informasi di bawah ini tidak boleh kamu lewatkan, lho. Pasalnya, jika dibiarkan begitu saja rasa lelah akan mengganggu aktivitas harian hingga menurunkan produktivitas.

Orang yang mengalami kekurangan energi tubuh kronis umumnya akan merasa tidak sehat – dan juga sangat lelah. Rasa capek tersebut pun masih terasa meski sudah beristirahat. Penyebabnya pun beragam, lho.

Nah, Enervoners, jangan sampai kamu kalah sama lelah sampai akhirnya aktivitas terganggu. Yuk, kenali penyebab kelelahan kronis dan cara mengatasinya di ulasan berikut ini!

 

 

Penyebab dan Gejala Kekurangan Energi Kronis

Credit Image - health.kompas.com

Meski penyebabnya sendiri belum jelas, kekurangan energi kronis diketahui dapat dipicu oleh stres, infeksi virus, gangguan sistem kekebalan tubuh, atau ketidakseimbangan hormon.

Selain hal-hal tersebut, faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kekurangan energi kronis adalah jenis kelamin dan usia. Wanita lebih rentan untuk menderita kekurangan energi kronis dibandingkan pria. Sedangkan dari segi usia, kondisi ini lebih sering terjadi pada orang berusia 40-50 tahun.

Gejala kekurangan energi kronis beragam, antara lain:

  • Rasa lelah yang berkepanjangan
  • Konsentrasi dan daya ingat menurun
  • Pembengkakan kelenjar getah bening di leher atau ketiak
  • Nyeri otot atau persendian tanpa sebab yang jelas
  • Sering sakit kepala atau sakit tenggorokan

Jika masih ringan, gejalanya mungkin tidak terlalu jelas. Namun, pada kondisi yang berat, penderita kekurangan energi kronis akan sulit untuk menjalani aktivitas sederhana dan terkadang perlu menggunakan kursi roda karena tidak ada tenaga untuk berjalan.

Selain itu, orang yang mengalami kondisi ini juga menjadi lebih sensitif terhadap cahaya atau suara, dan merasa sangat lelah setelah keluar dari rumah, meskipun hanya sebentar.

 

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Credit Image - celebesmedia.id

Kalau kamu tengah mengalami kondisi yang satu ini, ada baiknya kamu melakukan beberapa langkah untuk mengatasinya, seperti:

1. Mengubah gaya hidup

Untuk membantu mengurangi gejala kekurangan energi kronis, kamu disarankan untuk menjalani pola hidup sehat. Selain rutin mengonsumsi makanan bergizi, baiknya kamu juga menerapkan pola tidur yang teratur. Usahakan untuk tidur di waktu yang sama setiap harinya agar menjadi sebuah kebiasaan.

Selain itu, kamu juga harus membatasi atau menghindari asupan kafein, terutama pada sore atau malam hari, agar tidak kesulitan untuk tidur.

 

2. Rutin melakukan olahraga

Untuk mengatasi rasa lelah berkepanjangan, ada baiknya kamu mulai rutin berolahraga. Jika tubuh masih belum terlalu mampu melakukan aktivitas fisik, kamu bisa melakukan olahraga pernapasan – yang juga efektif, lho.

Untuk itu, kamu harus mencoba praktik breath of fire. Sebuah kegiatan olahraga mirip seperti yoga, kok! Caranya, rentangkan tangan di atas kepala dengan mulut tertutup. Tarik napas melalui hidung saat pusar bergerak ke luar, lalu buang napas melalui hidung saat pusar mengarah ke dalam.

Lakukan secara berulang-ulang dengan cepat. Usahakan tubuh tetap diam kecuali bagian pusar yang ikut bergerak maju mundur saat bernapas. Peneliti percaya kegiatan tersebut dapat melatih otot-otot pernapasan dan meningkatkan energi.

 

3. Menjalani terapi perilaku kognitif

Terapi ini mampu mengubah pola pikir kamu menjadi lebih positif. Efeknya, keluhan atau gejala kekurangan energi kronis yang kamu alami dapat teratasi dan kualitas hidup Anda juga bisa menjadi lebih baik.

 

4. Menjalani terapi akupuntur

Untuk mengatasi kekurangan energi kronis – dan pergi ke ahlinya, kamu mungkin akan disarankan untuk menjalani terapi akupuntur. Penelitian menunjukkan bahwa terapi akupuntur dapat mengurangi gejala-gejala kekurangan energi kronis, bahkan depresi yang muncul akibat kondisi ini.

 

Peroleh Asupan Vitamin dan Mineral untuk Pertahankan Energi Tubuh

Credit Image - womansday.com

Nah, selain menerapkan tips di atas, mendongkrak energi tubuhmu juga perlu dilakukan dengan mengonsumsi multivitamin, apalagi yang memiliki kandungan vitamin B kompleks, lho. Jenis nutrisi satu ini membantu proses metabolisme – yang berperan membentuk energi serta meningkatkan suasana hati.

Lantas, apa multivitamin yang direkomendasikan?

Konsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active. Multivitamin andalanmu yang satu ini mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang berguna untuk menjaga stamina agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu agar tidah mudah terserang penyakit.

Tak perlu khawatir, kandungan vitamin C-nya pun aman di lambung sensitif, lho!

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama. Mulai sekarang, yuk jadi pribadi yang aktif dengan Enervon Active!

Tunggu apa lagi? Segera konsumsi produk multivitamin andalan kaum aktif yang satu ini, yuk! Kamu bisa mendapatkannya di official store-nya di Tokopedia, ya.

 

Untukmu yang mengalami lelah berkepanjangan – atau energi tubuh yang sering terkuras, ada baiknya coba lakukan tips di atas guna mengatasi kondisi tersebut. Jadi, jangan mau kalah sama lelah, biar aktivitas gak terganggu!

 

 

Featured Image – konten.co.id

Source – alodokter.com