Untukmu Enervoners yang punya jadwal rapat padat, jangan sampai melewatkan informasi penting di bawah ini, ya!

Punya jadwal meeting yang tiada henti memang menyiksa, ya? Pasalnya, kebanyakan rapat justru bisa mengganggu produktivitas harian, lho. Selain itu, banyak pekerjaan yang akhirnya sulit diselesaikan tepat waktu.

Tapi tenang, padatnya jadwal meeting sebenarnya bukan penghalangmu buat tetap produktif, kok. Berikut ini tips yang bisa kamu lakukan biar semakin aktif. Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

 

 

1. Gunakan Google Calendar untuk Blok Jadwal

Credit Image - popsci.com

Kantormu memakai Google atau Microsoft Calendar? Coba manfaatkan aplikasi itu untuk mencegah terlalu banyak rapat.

Mengutip Fellow App, blok satu sampai dua jam kerjamu dalam sehari untuk deep work. Di jam tersebut, kamu tak bisa menghadiri rapat. Durasi, jadwal, dan frekuensinya bisa kamu atur sendiri sesuai kebutuhan.

Dengan begitu, meski ada banyak meeting, kamu tetap punya 1-2 jam untuk fokus bekerja. Teknik ini dikenal dengan nama time blocking.

 

2. Tak Perlu Datangi Semua Rapat

Tips produktif saat terlalu banyak meeting selanjutnya adalah menolak undangan beberapa rapat.

Tentu saja, pilih rapat yang tepat untuk ditolak. Kalau kamu memang tak harus hadir, lalu jadwalmu sudah terlalu padat, tolak saja undangan meeting terkait. Akan tetapi, kalau ada rapat penting, usahakan untuk tetap datang. 

 

3. Minta Rekam Rapat Tertentu

Credit Image - sherpany.com

Kalau tak datang rapat, kamu bisa membaca notula atau minutes of meeting agar bisa memahami pembicaraan di sana.

Walau begitu, kadang kala, catatan rapat minim konteks. Tak hanya itu, formatnya yang diketik bisa memicu salah paham. Itulah mengapa, coba minta rekam rapat tertentu apabila memungkinkan. Kamu bisa menontonnya apabila ada informasi yang membingungkan, ya.

Ini berlaku terutama untuk meeting yang diadakan secara online. Sebab, merekam rapat online lebih mudah daripada rapat offline.

 

4. Gabungkan Beberapa Rapat Menjadi Satu

Kadang kala, saat bekerja, ada berbagai macam agenda dan topik yang sejatinya dibahas oleh orang yang sama. Agar tak terlalu banyak meeting, sebagai trik, coba gabungkan agenda-agenda itu menjadi satu.

Dengan begitu, rapat bisa lebih efisien. Durasinya mungkin menjadi semakin lama, namun kamu tak perlu berkumpul berkali-kali dengan orang yang sama untuk membahas berbagai topik berbeda.

Tentu saja, penggabungan ini ada batasnya. Kalau kamu mencampur terlalu banyak agenda, durasi rapatnya menjadi sangat lama.

Alih-alih hemat waktu, rapat justru jadi tak efektif. Sebab, tak semua orang bisa ikut meeting yang durasinya berjam-jam sambil menyimak semua informasi yang ada. Jadi, seimbangkan durasi dan jumlah rapat yang digabung, ya. Kalau keduanya [as, kamu bisa hemat waktu dan tenaga.

 

5. Sudahi Rapat Jika Pembahasan Sudah Selesai

Credit Image - forbes.com

Tips produktif saat terlalu banyak meeting selanjutnya berkaitan dengan durasi rapat.

Rapatmu dijadwalkan selama satu jam, namun bisa selesai dalam 45 menit saja? Jika begitu, tak perlu berlama-lama menyudahi rapat. Nah, sisa waktu 15 menit bisa digunakan untuk melakukan hal lain yang lebih produktif. Jadi, kalau memang agenda sudah selesai, selesaikan juga rapatmu, ya.

 

6. Tak Semua Komunikasi Harus Lewat Meeting

Trik produktif saat terlalu banyak rapat terakhir adalah memakai sarana komunikasi alternatif. Ingat, rapat hanyalah salah satu pilihan koordinasi. Selain itu, masih ada chat atau email untuk menyampaikan pesan tertulis.

Kalau butuh menjelaskan secara lebih detail atau merincikan langkah-langkah, kamu bisa merekam video atau layar laptop lalu mengirimnya ke orang yang membutuhkan. Dengan begitu, waktumu tak banyak terbuang karena rapat, kan?

 

7. Tetap Jaga Produktivitas dengan Menjalani Pola Hidup Sehat

Credit Image - bizjournals.com

Agar kamu semakin produktif dalam bekerja, kamu juga perlu memerhatikan gaya hidup sehat – yang dapat memberikan energi cukup, sehingga kamu tidak mudah lelah saat beraktivitas.

Pastikan kamu sudah menerapkan pola makan sehat, istirahat yang cukup, berolahraga secara rutin, dan penuhi kebutuhan vitamin dan mineral – yang dapat membantu proses metabolisme.

Selain dari makanan, vitamin dan mineral pun bisa diperoleh dengan rutin mengonsumsi multivitamin yang memiliki kandungan lengkap, seperti Enervon Active. Tenang, kandungan di dalamnya aman dikonsumsi bagimu yang memiliki lambung sensitif, kok!

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan bisa semakin produktif dalam menjalani aktivitas harian.

Untuk memperoleh produk Enervon yang asli, kamu bisa segera mengunjungi kunjungi official store-nya di Tokopedia, ya.

 

Buatmu yang punya banyak jadwal meeting, tenang, ya! Kamu bisa menerapkan tips di atas untuk membantu menjaga produktivitas harian – dan tentunya bikin pekerjaan tetap bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

 

 

Featured Image – wrike.com

Source – glints.com