Saat ini, program vaksinasi Covid-19 masih terus digencarkan. Ini berkaitan dengan masih terus ditemukannya subvarian virus corona – yang bisa saja menjadi penyebab peningkatan kasus positif di Indonesia.

Namun, sebelum mendapat imunisasi, ada berbagai syarat vaksin Covid yang wajib diketahui terlebih dahulu, nih, Enervoners. Hal ini tidak hanya meliputi tentang persiapan kesehatan saja, tapi juga kesiapan secara mental, lho.

Jangan takut, ya, karena mendapat vaksinasi dapat berdampak baik bagi diri sendiri – dan tentunya orang di sekitar. Ini juga dapat membantu mengurangi gejala dan risiko kematian ketika kamu terinfeksi Covid-19.

Lantas, apa saja syarat vaksin Covid buat anak-anak dan juga orang dewasa? Kita simak ulasan lengkapnya di bawah ini, yuk!

 

 

Persiapan Sebelum Mendaftarkan Diri untuk Vaksin

Credit Image - menpan.go.id

Kalau saat ini kamu belum terdaftar dan berencana mencari pemberian dosis vaksin, berikut ini syarat vaksin Covid yang harus kamu perhatikan:

  • Cari info selengkap mungkin tentang mendaftarkan diri untuk pemberian vaksin di wilayahmu
  • Jika kamu baru saja divaksin dengan jenis lain, misalnya vaksin flu, pastikan untuk memberi jarak minimal 14 hari sebelum mendapatkan vaksin Covid-19
  • Cari tahu syarat administrasi yang berlaku di lokasi pendaftaran, seperti KTP atau surat keterangan lainnya.

 

Persiapan Sebelum Vaksin yang Perlu Dilakukan

Jika kamu sudah selesai dengan urusan administrasi – maka, saatnya untuk penyuntikan vaksin, nih. Berikut beberapa persiapan yang baiknya dilakukan, ya.

1. Catat jadwal dosis kedua

Vaksinasi Covid-19 biasanya terdiri dari 2 dosis, dengan jarak pemberian vaksin pertama dan kedua yang berbeda-beda tergantung jenis vaksinnya. Oleh karena itu, pastikan kamu sudah memiliki jadwal vaksin kedua dan tandai tanggalnya.

 

2. Jaga daya tahan tubuh

Syarat vaksin Covid berikutnya adalah berada dalam kondisi kesehatan yang prima. Selain itu, jangan lupa untuk menjaga pola makan dan menghindari fast food.

Selain itu, pertimbangkan juga untuk menambah asupan vitamin C maupun zinc minimal 7 hari sebelum vaksin. Penelitian menunjukkan bahwa pemberian ketiga vitamin tersebut dapat membantu meningkatkan imun tubuh.

 

3. Istirahat yang cukup

Usahakan untuk tidur malam minimal 8 jam sehari untuk mendukung peningkatan sistem kekebalan tubuh sebelum menerima vaksin Covid-19.

 

4. Jangan mengkonsumsi alkohol

Meminum alkohol sebelum vaksinasi dapat memicu reaksi alergi, dan karena data terkait hal ini masih sedikit, disarankan untuk tidak mengonsumsi minuman keras minimal 24 jam sebelum jadwal vaksin.

 

5. Jangan minum painkiller

Banyak orang yang akan merasakan efek samping lokal setelah menerima vaksin, seperti sakit kepala dan nyeri otot. Memang disarankan untuk siap sedia obat-obatan jika terjadi efek samping tersebut, namun jangan mencoba untuk meminumnya sebelum menerima vaksin, ya. Hal ini disebabkan karena meminum parasetamol sebelum vaksin dapat mengganggu respon imun tubuh.

 

6. Hindari olahraga atau aktivitas berat minimal 2 jam sebelumnya

Syarat vaksin Covid adalah tidak beraktivitas berat. Untuk menghindari kelelahan dan reaksi alergi, sebaiknya Anda tidak melakukan kegiatan fisik seperti berolahraga sebelum menerima dosis vaksin.

 

7. Batalkan vaksin jika ada gejala

Jika kamu memiliki tanda-tanda terkena infeksi virus Covid-19 baik sebelum ataupun di hari penjadwalan vaksinasi, segera batalkan pendaftaran. Sebaiknya, kamu fokus untuk melakukan penyembuhan dan isolasi mandiri serta mengurangi risiko penularan kepada orang lain.

 

Bagaimana dengan Persiapan Vaksin untuk Anak-anak?

Credit Image - pantirapih.or.id

Secara umum, persiapan serta syarat vaksin Covid untuk anak 6-11 tahun tidak berbeda jauh dengan orang dewasa. Namun, tidak ada salahnya untuk melakukan beberapa langkah tambahan di bawah ini, yaitu:

1. Ajak bicara dari hati ke hati

Si Kecil kamu mungkin sedang memiliki kekhawatiran namun menyembunyikannya. Tanyakan baik-baik apa saja yang sudah ia ketahui dan bagaimana pandangannya terhadap pemberian vaksin. Jika sebelumnya anak sudah pernah mendapatkan vaksin untuk jenis penyakit lain dan tidak memiliki masalah, ceritakan kembali proses tersebut sebagai contoh.

 

2. Beri tahu alasan mengapa vaksin itu perlu

Jelaskan secara sederhana bahwa vaksin dapat mengajarkan pada tubuh untuk melawan virus. Gunakan juga bahasa yang mudah dipahami serta tidak menakutkan bagi anak dan katakan bahwa kamu juga menerima vaksin yang sama.

 

3. Konsultasikan ke dokter anak

Agar semakin yakin, tanyakan pada dokter untuk mengetahui apakah kondisi medis anak kamu telah memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksin.

 

4. Jaga imun tubuhnya

Berikan makanan yang bergizi dan beri waktu istirahat yang cukup. Bila perlu, penuhi asupan vitamin untuk anak dengan suplemen yang mengandung vitamin C. Jangan lupa untuk memperhatikan jenis serta dosis vitamin yang dikonsumsi harus aman untuk dikonsumsi oleh anak seusianya.

 

Usai Vaksin, Pastikan Tetap Menjaga Imunitas!

Kalau kamu sudah mengetahui syarat vaksin Covid, pastikan setelah vaksinasi kamu juga tetap menjaga imunitas tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat yang dimulai dari mengonsumsi makanan bergizi seimbang, rutin berolahraga, dan mencukupi asupan vitamin serta mineral – yang membantu menjaga daya tahan tubuh.

Dapatkan asupan vitamin dan mineral dengan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang berguna untuk menjaga stamina agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu agar tidah mudah terserang penyakit.

Tak perlu khawatir, kandungan vitamin C-nya pun aman di lambung sensitif, lho!

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama. 

Dan untuk anak-anak, orangtua disarankan memberi asupan multivitamin tambahan, seperti Enervon-C Plus Sirup.

Multivitamin khusus anak yang satu ini mengandung mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh anak.

Sejumlah vitamin dalam Enervon-C Plus Sirup juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan Si Kecil, mengoptimalkan tumbuh kembangnya, memperkuat tulang dan gigi, sekaligus membantu penuhi kebutuhan nutrisi harian.

Untuk mendapatkan produk Enervon, moms dan dads bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya!

 

Jadi, itulah deretan syarat vaksin Covid untuk orang dewasa dan anak-anak. Pastikan kamu sudah mengetahui sejumlah syaratnya sebelum mendapat vaksinasi.

 

 

Featured Image – mitrapost.com