Apakah kamu sedang menghadapi permasalahan dalam keluarga? Tentu saja hal ini bisa menyebabkan stres – dan akhirnya mengganggu produktivitas, termasuk urusan pekerjaan. Untuk mengatasinya, simak informasi lengkapnya di bawah ini, ya!

Bukan tidak mungkin kalau masalah keluarga akan menjadi beban pikiran yang mengganggu fokus dan kinerja di kantor. Jika diabaikan, hal tersebut kemungkinan menimbulkan masalah baru di tempat kerja – apalagi, kalau kamu sampai melakukan kesalahan karena memilikirkan permasalahan tersebut.

Lalu, bagaimana cara untuk mengatasinya? Berikut ini 6 tips yang dapat kamu terapkan. Simak informasinya di bawah ini, yuk!

 

 

1. Jangan Menyangkal Soal Apa yang Kamu Rasakan

Credit Image - detik.com

Cara menghilangkan stres karena masalah keluarga yang paling pertama adalah jangan berusaha menahan atau mengabaikan apa yang kamu rasakan. Rasa stres, sedih, marah, atau kecewa, tidak akan bisa teratasi ketika kamu tidak mengakui bahwa kamu memang sedang mengalaminya saat ini.

Apabila denial atau bersikap menyangkal terus-terusan, kamu hanya akan melupakannya sesaat saja tapi rasa itu akan datang kembali nantinya. Jadi, terimalah keadaan bahwa saat ini kamu memang sedang tidak baik-baik saja. Setelah itu, baru kamu rencanakan cara selanjutnya untuk membuat perasaanmu menjadi lebih baik.

 

2. Luangkan Waktu untuk Melakukan Kegiatan Favorit

Nah, cara yang kedua tentunya dengan melakukan hal yang kamu sukai, mulai dari menonton film, masak makanan favorit, pergi ke restoran, berolahraga, maupun hobi lainnya. Apapun kegiatannya – yang penting dapat menyenangkan hatimu.

Kesukaanmu ini merupakan sumber bahagiamu yang boleh kamu lakukan ketika merasa stres. Meskipun tidak mengatasi akar masalahnya, setidaknya dengan cara ini kamu bisa memperbaiki mood dan tidak terlalu terpuruk lagi.

 

3. Bercerita kepada Orang yang Terpercaya

Credit Image - fimela.com

Cara menghilangkan stres karena masalah keluarga selanjutnya adalah bercerita pada orang tepercaya. Akan tetapi, jika merasa masalah keluarga ini terlalu private, kamu bisa menumpahkan apa yang ada di pikiranmu melalui tulisan.

Setidaknya, kamu tidak memendamnya yang hanya akan membuatmu merasa sendiri. Perasaan inilah yang justru memperparah stres yang kamu alami.

Apabila diperlukan, kamu bahkan boleh, lho, bercerita pada tenaga profesional sekaligus berkonsultasi. Apalagi jika kamu benar-benar sudah kewalahan. Jangan dipendam sendiri dan mulai cari pertolongan, ya!

 

4. Melakukan Meditasi dan Relaksasi

Pada saat kamu merasa stres, pasti pikiranmu sedang ribut dan berkecamuk. Meditasi dan relaksasi membantu pikiranmu untuk bisa tenang sejenak. Ketika kamu bermeditasi, kamu akan berusaha mengatur nafas secara teratur.

Itulah saat di mana kamu mengalihkan 100% fokus pada nafasmu, yang akhirnya membantumu untuk menenangkan pikiran. Dilansir dari Michigan State University, semakin rutin kamu mempraktikkan meditasi, semakin mudah kamu meraup manfaat dari teknik ini ketika kamu sangat membutuhkannya.

 

5. Fokuskan Energi pada Hal yang Bisa Dikendalikan

Credit Image - ruangkerja.id

Cara menghilangkan stres karena masalah keluarga selanjutnya adalah jangan berfokus pada hal-hal di luar kendalimu. Terkadang, ketika masalah melanda, yang justru menjadi beban pikiran adalah hal yang tidak bisa kamu kendalikan.

Padahal, hal tersebut hanya akan melelahkanmu saja karena pada akhirnya kamu tidak bisa mengontrol atau mengubahnya. Jadi, alokasikan energimu pada hal yang ada di dalam kendalimu saja.

 

6. Coba Komunikasikan dengan Anggota Keluarga

Dilansir dari Psych Central, salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi stres karena keluarga adalah dengan membicarakan apa yang menjadi masalah bagimu.

Apabila memungkinkan, coba bangun komunikasi yang lebih sehat dan terbuka dengan anggota keluarga.

Salah satu cara supaya stresmu berkurang adalah menghilangkan penyebabnya, bukan? Jadi, coba tuntaskan masalah tersebut sesuai dengan kemampuanmu.Tak hanya bermanfaat untuk saat ini, komunikasi yang sehat juga akan berguna di masa depan ketika ada masalah baru.

 

7. Jaga Pola Makan dan Tidur

Credit Image - halodoc.com

Cara menghilangkan stres karena masalah keluarga yang terakhir adalah menjaga pola makan dan tidur.

Ini merupakan upaya minimum agar stresmu tidak bertambah. Tidur merupakan cara utama untuk memulihkan energimu yang terserap setelah lelah bekerja. Jika tidurmu kurang berkualitas, jangan heran jika esok harinya kamu merasa semakin berat menghadapi masalah dan tuntutan di tempat kerja.

Selain itu, jaga pula pola makanmu dengan baik. Pola makan yang tidak teratur bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan dan konsentrasi yang hanya akan menimbulkan stres tambahan.

Untuk mengoptimalkan kesehatanmu, apalagi di masa stres, pastikan kamu sudah memperoleh sumber vitamin dan mineral – yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi multivitamin Enervon Active yang mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan bisa semakin produktif dalam menjalani aktivitas harian.

Untuk memperoleh produk Enervon Active, kamu bisa segera mengunjungi kunjungi official store-nya di Tokopedia, yuk!

 

Nah, untukmu yang tengah mengalami permasalahan keluarga – jangan sampai hal tersebut mengganggu kinerjamu di kantor, ya. Jika tengah merasakannya, lakukan tips di atas guna membantu menghadapi permasalahan tersebut.

 

 

Featured Image – alonesia.com

Source – glints.com