Apakah jam tidurmu masih berantakan? Jika iya, ada baiknya segera perbaiki, ya. Karena, hal tersebut akan berpengaruh pada tingkat produktivitas hingga memengaruhi suasana hati, lho. Singkatnya, tidur cepat dan bangun lebih awal punya banyak manfaat untukmu.

Kalau kamu masih memiliki hobi kerja lembur – dan bangun mepet waktu masuk kerja. Jangan dibiarkan begini terus. Sayang, lho, kalau kamu melewatkan berbagai manfaat dengan memiliki waktu tidur yang baik.

Lantas, sebenarnya apa saja manfaat tidur cepat dan bangun awal di hari kerja? Simak informasi lengkapnya di bawah ini, ya!

 

 

1. Berat Badan Terjaga

Credit Image - klikdokter.com

Melansir Entrepreneur, studi menemukan bahwa orang yang hobi begadang atau tidur larut cenderung suka ngemil tengah malam. Hal ini ternyata membuat mereka berisiko lebih tinggi mengalami kenaikan berat badan. Alasannya berhubungan dengan ritme sirkadian tubuh.

Ritme sirkadian adalah jam alami yang mengatur fungsi tubuhmu dari pagi sampai malam. Pada malam hari, seharusnya tubuh beristirahat. Namun, karena kamu terus terjaga sepanjang malam, tubuh akan menganggap hari masih siang sehingga memunculkan keinginan untuk makan.

Kurang tidur juga akan berdampak pada pelepasan hormon pemicu nafsu makan. Nah, dengan membiasakan tidur cepat dan bangun lebih awal, kamu akan terhindar dari risiko kenaikan berat badan.

 

2. Suasana Hati Lebih Terjaga

Masih mengutip Entrepreneur, membiasakan tidur larut malam dan bangun telat membuatmu lebih rentan merasakan emosi negatif akibat overthinking semalaman, lho. Gak Percaya? Biasanya, hal tersebut akan membuat kekhawatiran ikut terbawa sampai hari berikutnya.

Pada akhirnya, kamu menjadi cranky dan gampang bad mood selama beraktivitas.

Sementara kalau rajin tidur cepat tidur lebih cepat, kamu justru punya lebih banyak waktu untuk mengistirahatkan otak dari pikiran-pikiran negatif. Jadi, saat bangun awal pun kamu bisa langsung menyibukkan diri dengan aktivitas dan memulai hari dengan lebih bahagia. 

 

3. Menjadi Lebih Energik

Credit Image - lifestyle.kompas.com

Membiasakan tidur cepat dan bangun lebih awal memberikan banyak manfaat untuk energimu. Waktu tidur yang cukup membuatmu merasa lebih berenergi dan bersemangat keesokan harinya, berdasarkan informasi yang diperoleh dari Verywell Health.

Dengan tidur lebih cepat dan bangun lebih awal pun, kamu akan jadi punya waktu untuk berolahraga pagi. Olahraga memicu lonjakan endorfin yang dapat meningkatkan suasana hati, mengurangi stres dan kecemasan, serta meningkatkan energi.

Dorongan energi di pagi hari ini juga memberikan cadangan energi untuk bersosialisasi serta menikmati hobi sehabis kerja.

 

4. Fokus dan Ingatan Semakin Tajam

Tidur memungkinkan otak untuk memulihkan dirinya sendiri setelah dipakai bekerja seharian. Selama fase istirahat, otak akan bekerja paling maksimal untuk menguatkan ingatan dan disimpan sebagai memori jangka panjang.

Oleh karena itu, tidur selama 7-8 jam tiap malam akan membantumu fokus dan mengingat hal-hal dengan lebih baik. Sementara itu, kurang tidur justru bisa melemahkan memori dan mengganggu proses decision-making

 

5. Membantu Menjaga Daya Tahan Tubuh

Credit Image - sehatq.com

Manfaat lain yang bisa kamu dapat kalau terbiasa tidur cepat dan bangun lebih awal adalah tidak mudah sakit selama beraktivitas.

Tidur adalah waktu bagi setiap sel dan jaringan tubuh memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh stres serta radikal bebas. Selama tidur, sel-sel akan melepaskan protein yang disebut sitokin untuk melawan penyakit dan melindungimu dari infeksi.

Jika kamu biasa begadang, fungsi tubuh yang satu ini malah jadi tidak maksimal. Akibatnya, tubuh akan rentan mengalami peradangan secara berlebihan. Peradangan kronis dapat melemahkan sistem imun dan meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan serius.

 

6. Membuatmu Lebih Produktif

Dengan bisa tidur cepat dan bangun lebih awal dari biasanya, kamu juga akan memaksa diri untuk lebih disiplin dan tidak menunda-nunda pekerjaan. Sebab, bangun lebih awal memberimu lebih banyak waktu untuk “mengumpulkan nyawa” dan menghilangkan kantuk sampai bisa fokus sepenuhnya.

Banyak juga orang yang terbiasa bangun cepat memanfaatkan pagi hari mereka dengan merancang to-do-list untuk hari itu. Dengan begitu, kamu bisa lebih produktif saat berkerja, lho. Dan nantinya, semua pekerjaan yang mesti dikerjakan pun bisa selesai tepat waktu tanpa ada yang terlupa.

Selain dengan tidur cukup dan bangun lebih awal, kamu juga disarankan menjaga produktivitas dengan mengonsumsi multivitamin Enervon Active – yang cocok menjadi teman kegiatan harianmu.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Nah, yang perlu kamu ketahui, nih, kandungan vitamin B kompleks Enervon Active dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir mudah lemas ketika beraktivitas.

Dan pastinya, kandungan vitamin C di dalam kedua multivitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, sehingga tidak rentan terkena berbagai macam penyakit.

Ingin segera mendapatkan produk Enervon Active? Yuk, segera kunjungi official store Enervon di Tokopedia, ya!

 

Wah, gimana? Kini, kamu sudah tahu, kan, berbagai manfaat tidur cepat dan bangun lebih awal? Kebiasaan ini tentu akan membawa manfaat baik, terutama pada produktivitas harian. Yuk, lakukan hal ini mulai sekarang!

 

 

Featured Image – fimela.com

Source – glints.com