Sudah tahu kalau sejak pertengahan tahun, tepatnya di bulan Juli silam sampai Desember nanti hampir tidak ada libur tanggalan merah? Wah, kalau begini, sepertinya sudah untuk mencuri-curi waktu istirahat di sela-sela aktivitas, nih!

Dilansir dari Glints, dimulai dari bulan Juli sampai Desember nanti hanya tanggal 17 Agustus saja yang ditetapkan sebagai tanggal merah di tahun 2022, lho. Karena, hari-hari besar lainnya jatuh pada hari Sabtu atau Minggu. Jadi, tidak ada lagi long weekend ­– dan hari libur di tengah-tengah hari kerja.

Tapi tenang, kamu masih bisa memaksimalkan sisa jatah cuti yang tersisa untuk mengambil day off, kok. Berikut ini tipsnya yang perlu diterapkan.

 

 

1. Manfaatkan Work From Anywhere

Credit Image - viva.co.id

Kalau kantormu sudah hybrid atau work from anywhere – WFA, kamu bisa memanfaatkannya, lho.

Dengan aturan ini, kamu bisa bekerja di mana pun yang kamu inginkan, baik itu di rumah, di kafe, ataupun di luar kota. Jadi, kamu bisa bekerja sambil berlibur meskipun sudah tidak ada lagi hari libur di tahun 2022.

Meski begitu, sebelum memutuskan untuk bekerja remote sambil liburan, jangan lupa komunikasikan terlebih dahulu dengan atasan, ya. Dan pastikan kamu sudah mendapatkan izin untuk bekerja di luar kantor selama waktu yang dibutuhkan. Tentunya, kamu juga harus mengomunikasikan di mana kamu akan bekerja kepada atasanmu.

 

2. Manfaatkan Cutimu Sesuai dengan Jenisnya

Sebagai karyawan, kamu tidak hanya berhak mendapatkan cuti tahunan dan cuti sakit. Selain itu, ada berbagai jenis cuti lainnya yang bisa kamu manfaatkan, nih, seperti cuti menikah, cuti hamil dan melahirkan, cuti berkabung, serta berbagai jenis cuti lainnya yang diatur oleh undang-undang.

Nah, kamu bisa memanfaatkan jatah cuti tersebut sesuai dengan tujuannya. Misalnya, kamu membutuhkan cuti untuk menemani istri melahirkan. Kamu cukup mengajukan cuti istri melahirkan alih-alih memotong jatah cuti tahunanmu.

Jadi, meskipun sudah tidak ada lagi hari libur atau tanggal merah di tahun 2022 ini, kamu masih bisa memanfaatkan jatah cutimu sesuai dengan kebutuhan, kan?

 

3. Ambil Cuti Tahunan di Hari Jumat Saja!

Credit Image - ceosa.org.za

Meski sudah tidak ada lagi tanggal merah dan hari libur di tahun 2022, bukan berarti kamu tidak bisa menikmati long weekend, lho.

Salah satu saran dari LinkedIn untuk memaksimalkan jatah cuti yang tersisa adalah dengan mengajukan cuti di hari Jumat. Dengan begitu, kamu tetap bisa menikmati long weekend.

Anggaplah kamu memiliki sisa jatah cuti tahunan sebanyak 9 hari untuk tahun ini. Kalau kamu mengambil cuti di hari Jumat sebanyak empat kali, artinya kamu dapat bekerja selama empat hari dalam satu bulan.

Kamu hanya perlu memastikan jadwal cuti yang diajukan tidak mengganggu pekerjaanmu. Jangan lupa komunikasikan jadwal cutimu ini dengan atasanmu, ya!

 

4. Simpan Jatah Cuti untuk Libur Panjang

Cara lain untuk mendapatkan libur meski tidak ada tanggal merah ataupun hari libur di tahun 2022 adalah mengambil cuti di untuk libur panjang.

Dilansir dari Glints, menurut LinkedIn, cara ini bisa kamu lakukan jika ingin memiliki waktu libur yang cukup lama. Kamu bisa memilih untuk mengambil cuti yang panjang di pertengahan ataupun akhir tahun.

Tentu saja, kamu harus mengajukan cuti ini dari jauh-jauh hari agar tidak mengganggu pekerjaanmu.

 

5. Hindari Kerja di Luar Jam Kerja, Ya!

Credit Image - detik.com

Yang sering menjadi permasalahan adalah jatah cuti sudah mulai menipis. Kalau sudah begini, apa yang bisa dilakukan? Tenang, kamu dapat menyiasatinya dengan mengatur jadwal bekerjamu. Salah satunya adalah dengan menghindari pekerjaan di luar jam kerja.

Menurut Seek, cobalah untuk menghindari lembur jika memungkinkan. Selain berdampak buruk pada kesehatanmu, bekerja lembur juga akan mengurangi waktu istirahatmu. Selesaikanlah pekerjaanmu pada jam kerja dan segera beristirahat begitu jam kerjamu selesai.

 

6. Gunakan Akhir Pekan untuk Beristirahat

Walaupun hingga akhir tahun 2022 nanti sudah tidak ada lagi hari libur atau tanggal merah, kamu tentunya masih punya hari Sabtu dan Minggu yang notabene adalah hari libur. Kamu masih bisa memanfaatkan dua hari di akhir minggu ini untuk berlibur dan beristirahat. 

Nah, manfaatkanlah waktu weekend-mu ini dengan maksimal. Sebisa mungkin, hindarilah bekerja di akhir minggu. Gunakan akhir pekan beristirahat atau quality time dengan keluarga dan teman.

Begitupun jika kamu bekerja dengan sistem shift. Pastikan kamu sudah mengetahui kapan saja jadwal liburmu dan manfaatkan waktu tersebut untuk beristirahat.

 

7. Pastikan Energi Tetap Terjaga dengan Baik

Credit Image - my-scorecard.com

Sudah tidak ada lagi tanggal merah sampai akhir tahun, ini artinya kamu mesti bekerja full dari Senin hingga Jumat. Jika pas ada tanggal merah kamu bisa beristirahat sejenak – kini, kamu perlu mengencangkan ikat pinggang dan tetap semangat dalam bekerja.

Biar produktivitas tidak terganggu, kamu perlu mengonsumsi multivitamin Enervon Active yang cocok dijadikan teman beraktivitas.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan bisa semakin produktif dalam menjalani aktivitas harian.

Untuk memperoleh produk Enervon yang asli, kamu bisa segera mengunjungi kunjungi official store-nya di Tokopedia, ya.

 

Tenang, ya, meski mulai bulan Juli lalu sampai Desember nanti sudah tidak ada lagi tanggal merah, kamu masih tetap bisa berlibur dan beristirahat, kok. Coba terapkan tips di atas biar jatah cuti bisa dimanfaatkan dengan baik!

 

 

Featured Image – guardian.ng

Source – glints.com