Setiap orang pasti ingin merasa segar seharian meskipun dipenuhi dengan berbagai macam aktivitas. Untuk mewujudkannya, ada beberapa gerakan senam sehat sederhana yang bisa kamu lakukan di pagi hari untuk membuat tubuhmu semakin semangat dan bugar seharian.

Selain itu, kamu hanya perlu 10 menit saja untuk melakukan gerakan senam sehat ini. Penasaran apa saja gerakan tersebut? Simak ulasannya berikut ini!

1. Senam leher

Credit: bretiagar.id

Gerakan ini bisa kamu lakukan setelah bangun tidur. Lakukan gerakan senam leher dengan mengangkat kedua bahu sambil membuang napas dan ulangi sampai 5 kali. Kemudian, miringkan kepala ke kanan sampai telinga menempel di bahu kanan, begitu juga dengan bahu kiri. Ulangi gerakan hingga 5 kali.

2. Senam tangan untuk memperlancar peredaran darah

Credit: hipwee.com

Kamu bisa memulai gerakan senam sehat ini dengan gerakan memukul telapak tangan dengan tangan lainnya. Kemudian, tekan dan Tarik ujung ruas jari ke belakang dengan telapak tangan lainnya. Setelah itu, kamu bisa mengibaskan tanganmu beberapa kali. Gerakan senam tangan ini bisa melemaskan otot tangan dan memperlancar peredaran darahmu.

3. jogging kecil atau naik- turun tangga rumah

Credit: hipwee.com

Untuk melakukan gerakan ini, disarankan kamu untuk bangun lebih pagi. Kamu bisa lari keliling taman atau cukup memutari komplek rumah satu kali. Jika kamu malas jogging, kamu bisa berlari- lari kecil bolak balik dari ruang tamu hingga area dapur.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan naik dan turun tangga beberapa kali sebagai pengganti lari pagi. Cara sederhana ini bisa memperlancar pernapasan dan peredaran darah, memperkuat jantung, membakar lemak, dan mengencangkan otot punggung, paha, serta kaki.

4. Buat kamu yang malas jogging, coba gerakan melompat- lompat

Credit: womenshealthmag.com

Buat kamu yang malas untuk jogging atau seringkali bangun siang, kamu bisa melakukan gerakan lompat- lompat setelah bangun tidur. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah berdiri tegak dengan kaki sejajar. Kemudian, saat kamu melompat, buka kedua tangan dan kedua kaki dengan lebar. Lakukan gerakan ini selama 1 menit.

Gerakan senam sehat ini cukup efisien untuk membakar lemak dan juga membuatmu bugar sepanjang hari.

5. Gerakkan pinggul dan kaki

Credit: today.line.me

Gerakan ini juga tergolong mudah dan sederhana. Langkah pertama adalah kamu harus berdiri dengan kaki sejajar dan beri sedikit jarak. Kemudian, taruh kedua tangan di pinggang. Setelah itu, putar pinggul searah jarum jam dengan 10 kali hitungan, dan lakukan ke arah sebaliknya. Goyangkan pinggang ke kiri 5 kali hitungan, begitu juga dengan pinggang kanan.

Kamu bisa mengulangi gerakan ini 2 sampai tiga kali. Setelah itu, tekuk kaki ke depan dan menahannya dengan tangan, hitung hingga 10 kali dan lakukan hal yang sama dengan kaki sebaliknya.

 

Featured Image - infodetik.net