Saat ini, berbagai macam penyakit masih mudah menyerang, termasuk demam berdarah dengue (DBD). Penyakit tersebut pun bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Untuk itu, setiap orang harus waspada!

DBD disebabkan oleh virus dengue yang masuk ke dalam tubuh melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti betina. Namun, tidak semua orang yang terserang virus ini akan mengalami infeksi, lho. Jika daya tahan tubuh cukup kuat, maka virus tersebut dapat dilawan oleh tubuh – begitu pula sebaliknya, ketika imunitas lemah, maka kemungkinan besar akan terjangkit DBD.

Untuk menguatkan daya tahan tubuh demi menghindari penyakit demam berdarah – ada berbagai langkah yang baiknya dilakukan. Apa saja?

Berikut ini ulasannya.

 

 

1. Rutin Mengonsumsi Sayuran dan Buah

Credit Image - kibrispdr.org

Yang pertama, kamu dapat melindungi daya tahan tubuh dengan menerapkan kebiasaan hidup sehat. Menjaga sistem imun atau daya tahan tubuh agar bekerja dengan normal merupakan target utama yang perlu dicapai.

Mencegah demam berdarah dengan cara banyak mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat dapat meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Tubuh memerlukan berbagai jenis nutrisi dan gizi yang berasal dari makanan untuk meningkatkan sistem imun, enzim, dan sel.

Berikut makanan yang dapat menjaga daya tahan tubuh dalam kondisi yang normal.

  • Buah-buahan: Jambu biji, jeruk, lemon, pepaya, kiwi, dll.
  • Sayuran: Brokoli, bayam, paprika, jamur, dll.
  • Protein: Daging putih/unggas, ikan tuna, salmon dan kembung, dll.

Tidak ada anjuran dalam cara mengolah makanan yang telah disebutkan. Untuk buah-buahan yang terkadang sulit didapatkan, kamu dapat mencari alternatifnya yaitu seperti yang sudah berbentuk jus.

 

2. Olahraga Secara Teratur

Olahraga memiliki beberapa manfaat dalam menjaga sistem kekebalan tubuh untuk mencegah demam berdarah. Saat tubuh aktif berolahraga, kualitas tidur menjadi lebih baik yang kemudian berdampak juga dalam menurunkan tingkat stres.

Usahakan untuk olahraga secara rutin. Tidak perlu terlalu berat, contohnya seperti cukup berjalan santai selama 30 menit per hari. Rutin berolahraga dapat membantu daya tahan tubuh melawan infeksi, termasuk demam berdarah.

 

3. Menghindari Stres

Credit Image - halodoc.com

Stres yang berlebihan dapat membuat fungsi daya tahan tubuh menurun. Selain olahraga, Anda melakukan beberapa kegiatan untuk mengendalikan stres dengan:

  • Belajar untuk meditasi
  • Lebih banyak bersosialisasi
  • Tidur yang cukup
  • Pertimbangan untuk melakukan konseling jika memang dibutuhkan

Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang aktif bersosialisas – baik itu hanya teman dekat atau banyak, memiliki imunitas yang lebih kuat dibandingkan dengan mereka yang kesepian. Bersosialisasi tak hanya dapat menghindarkanmu dari stres, tetapi menjaga kekuatan daya tahan tubuh juga.

 

4. Istirahat yang Cukup

Tidur memungkinkan tubuh untuk menjaga konsistensi kesehatan. Saat kamu kekurangan durasi tidur yang bersifat untuk mengembalikan kebugaran ini, keseimbangan hormon jadi terganggu yang berdampak pada menurunnya daya tahan tubuh.

Meski para peneliti belum dapat membuktikan hubungan antara tidur dan daya tahan tubuh, sudah jelas bahwa mendapat tidur yang cukup, biasanya 7 sampai 9 jam untuk orang dewasa merupakan kunci dari kesehatan tubuhmu.

 

5. Mendapatkan Asupan Vitamin dan Mineral yang Cukup

Credit Image - blog.nasm.org

Seperti yang sudah disebutkan bahwa DBD memiliki kaitan erat dengan daya tahan tubuh. Selain deretan pola hidup sehat di atas, kamu juga disarankan untuk mendapat vitamin dan mineral yang cukup – karena hal ini dapat membantu menjaga imunitas.

Meningkatkan imunitas untuk menghindari DBD bisa dilakukan dengan rutin mendapat asupan vitamin dan mineral, terutama vitamin C, vitamin B kompleks, dan zinc.

Namun sayangnya, vitamin tersebut tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga memperoleh asupannya dari makanan maupun suplemen, sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tak hanya dari sumber makanan, asupan vitamin C dan vitamin B kompleks sangat dianjurkan diperoleh dengan rutin mengonsumsi suplemen, sehingga kebutuhannya dapat dipenuhi secara maksimal. Direkomendasikan untuk minum multivitamin Enervon Active yang punya kandungan lengkap, sekaligus bermanfaat untuk kesehatan!

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – kandungan vitamin C yang ramah dilambung akan membantu menjaga imunitas, sehingga tubuh tak mudah sakit, sekaligus mengoptimalkan proses pemulihan ketika sedang terserang penyakit.

Selain itu, multivitamin satu ini juga dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa dirasakan berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

Yuk, segera dapatkan multivitamin andalan satu ini dengan mengunjungi official store Enervon!

 

6. Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan menjadi salah satu cara untuk tetap sehat. Pemberantasan sarang nyamuk menjadi cara paling efektif untuk pencegahan demam berdarah dengue.

Selain itu, perlu ditambah membudayakan perilaku hidup bersih dan sebisa mungkin menghindari gigitan nyamuk, seperti tidur dengan memasang kelambu, menggunakan losion antinyamuk, dan menanam tanaman pengusir nyamuk.

 

Jadi, itulah berbagai langkah untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari penyakit demam berdarah. Yuk, mulai dilakukan!

 

 

Featured Image – journal.sociolla.com

Source – kompas.com