Di zaman sekarang, sepertinya tidak sedikit anak muda yang sering merasa lemas. Apakah kamu juga mengalaminya? Tenang, kamu gak sendirian, lho. Nyatanya memang banyak generasi muda yang kerap merasa ‘jompo’.

Meski termasuk kondisi yang lumrah, tapi kalau kamu terlalu sering mengalaminya, hati-hati, ini pertanda ada suatu hal yang salah pada tubuhmu, nih. Bisa jadi kamu sedang dalam kondisi yang kurang fit – atau malah kurang bergerak.

Lalu, gimana caranya biar gak gampang jompo lagi? Berikut tips yang Enervon sarankan untuk diterapkan. Simak ulasannya di bawah ini, ya!

 

 

1. Yuk, Jaga Pola Makanmu!

Credit Image - detik.com

Menjaga pola makan mungkin meninggalkan kesan sepele, ya? Tapi sayangnya seringkali terlupakan. Intinya, jangan sampai kamu meninggalkan sarapan dan atur selalu jam makan. Orang yang tidak bisa menjaga pola makannya, pasti akan mudah sekali terkena penyakit maag. 

Selain itu, jangan makan berlebihan juga. Karena akan membuatmu kegemukan atau obesitas yang dapat memicu berbagai macam penyakit, seperti serangan jantung dan juga penyakit stroke. Tapi, jangan makan terlalu sedikit, karena ini pasti akan berisiko berkurangnya asupan gizi yang dibutuhkan tubuh. 

Makanlah sesuai dengan kebutuhan, berat badan ideal tubuh pun sehat. Kamu juga bisa makan dengan porsi sedikit, tapi lebih sering. Hal ini cukup baik untuk diterapkan. Jangan lupa juga pola makanmu dibarengi dengan gizi seimbang, misalnya ada tambahan buah dan sayur.

 

2. Cukupi Kebutuhan Cairan

Umumnya, kamu perlu 2,7 sampai 3,7 liter asupan air atau setidaknya minum 8 gelas air per hari guna memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya. Jangan kurang, jangan pula berlebihan. Alih-alih ingin mendapatkan hasil maksimal dari manfaat minum air, hindari mengonsumsi air secara berlebihan karena justru akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Selain itu, ada banyak bahaya yang timbul akibat kekurangan cairan terhadap otak dan organ lain yang ada di dalam tubuh manusia, lho. Kekurangan cairan di dalam tubuh bisa menyebabkan aliran darah dan aliran oksigen di pembuluh darah menjadi terganggu, akibatnya darah menjadi kental.

Nah, organ yang ada di dalam tubuh manusia terdiri atas air atau cairan sehingga jika organ kekurangan air fungsi organ itu pun terganggu.

 

3. Mulai Jauhkan Kebiasaan Buruk!

Credit Image - nibble.id

Sudah jelas hal-hal yang dapat merusak badan, seperti merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, dan termasuk konsumsi makanan cepat saji. Makanya, segera jauhilah kebiasaan buruk tersebut.

Karena makanan dan minuman seperti itu mengandung zat kimia berbahaya yang dapat merusak organ-organ tubuh. Apalagi risiko penyakit yang muncul akibat konsumsi tidak sehat seperti itu adalah penyakit-penyakit yang mematikan.

 

4. Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan memang sudah mutlak harus dilakukan jika ingin tetap sehat dan bugar. Ada begitu banyak bakteri, kuman, dan virus di sekitar kita yang berpotensi menjadi sumber penyakit. Biasakan diri untuk hidup bersih guna menghindari kontaminasi bakteri dan kuman berbahaya.

Salah satunya dengan mencuci tangan sebelum makan. Untuk meminimalisasi datangnya penyakit pada tubuh, kita harus mencuci tangan dengan benar sebelum makan dengan menggunakan antiseptik. Tak kalah pentingnya juga, kamu pun harus memperhatikan kebersihan makanan dan minuman.

Memang lebih aman jika kamu memasak makanan kita sendiri di rumah dan tidak membiasakan diri jajan sembarangan, ya!

 

5. Jangan Malas Bergerak, Ya!

Credit Image - planetfitness.com

Kamu masih malas berolahraga? Setidaknya setiap pagi usahakan untuk berolahraga ringan yang penting teratur, seperti jogging. Atau paling minimal banget perbanyak jalan kaki. Dengan membiasakan jalan kaki, sedikit demi sedikit bermanfaat untuk membakar kalori tubuh.

Berdasarkan penjelasan para ahli, berjalan kaki mampu membakar sekitar 180 kalori per menitnya. Semisal ketika ingin pergi ke warung yang jaraknya dekat, biasakan jalan kaki saja – gak harus membawa kendaraan.

Tanpa olahraga, lemak yang ada di dalam tubuh tidak bisa dibakar secara sempurna sehingga lemak itu tetap akan menempel di pembuluh darah yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Lemak juga bisa menempel di jantung sehingga dapat mengakibatkan serangan jantung. Makanya, olahraga sangat penting sekali untuk menjaga tubuh agar tetap sehat!

 

6. Menjaga Asupan Vitamin dan Mineral Harian

Nah, untukmu kaum muda yang sudah sering ‘jompo’, coba deh perhatikan kembali asupan vitamin dan mineral harianmu. Apakah sudah cukup? Karena, kedua mikronutrien tersebut pun berperan penting dalam proses metabolisme – yang nantinya akan membentuk energi tubuh.

Jadi, dalam penerapan gaya hidup sehat, Dalam penerapan gaya hidup sehat, mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral harian tentu tidak boleh dilewatkan, ya. Apalagi buatmu yang punya aktivitas padat.

Tak hanya dengan mengonsumsi makanan tinggi gizi, mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral juga dapat dilakukan dengan minum multivitamin – nah, kamu direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active secara rutin!

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kandungan vitamin C di dalamnya dapat membantu menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit. Selain itu, kandungan vitamin B kompleksnya akan membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama, sehingga tak mudah lelah saat beraktivitas!

Yuk, segera dapatkan multivitamin andalan satu ini dengan mengunjungi official store Enervon, ya.

 

Gimana, nih? Sekarang kamu sudah tahu, ya, berbagai hal yang bisa membantu mengatasi ‘kejompoan’ di usia muda. Intinya, kamu memang dianjurkan menjalani gaya hidup sehat agar tubuh tetap bugar!

 

 

Featured Image – detik.com

Source – idntimes.com