Kamu termasuk sosok yang sering mendapat respek dari orang lain? Hal ini harus dijaga, ya. Karena, dengan satu kesalahan, rasa hormat bisa hilang begitu saja, lho. Ingatlah bahwa respek tidak abadi – dan kamu perlu menjaga kepantasan untuk menerimanya.

Tak peduli posisimu lebih tinggi dari lainnya, sedikit kesalahan tetap bisa mengubah respek menjadi muak atau sikap mencibir. Tak ingin hal tersebut terjadi padamu, kan? Kalau begitu, ada berbagai hal yang harus dihindari agar orang di sekitar tetap menghormati dirimu.

Yuk, simak ulasannya berikut ini!

 

 

1. Terlihat Sabar, Tapi Saat Marah Sering Lepas Kendali

Credit Image - health.okezone.com

Watak aslimu bakal diuji kala berhadapan dengan hal-hal yang tidak menyenangkan. Utamanya, ketika kamu marah oleh sesuatu. Apakah kamu masih dapat menjaga ucapan dan tindakanmu? 

Kalau kamu yang selama ini dikenal sabar dan halus bahasanya sampai berbicara tanpa mengindahkan tata krama serta melakukan perbuatan tak terpuji, bersiaplah kehilangan respek. Orang-orang berkesimpulan itulah sifatmu yang sesungguhnya.

Alasannya, orang yang asli sabar akan tetap mampu menjaga perkataan serta perbuatannya dalam kondisi semarah apa pun. Nada bicara mereka mungkin meninggi, tapi kata-kata kotor tidak terucap. Mereka juga bisa saja menggebrak meja, tetapi tak sampai melukai orang lain apa pun yang terjadi.

 

2. Ketika Susah Rendah Hati, Pas Kaya Langsung Sombong

Orang-orang di sekitarmu berharap kamu yang sekarang tak berbeda dari dirimu yang dulu. Materi hendaknya tak mengubah sifatmu yang rendah hati dan menyenangkan. Namun kenyataannya, uang serta kedudukan menyilaukanmu.

Dengan kesombonganmu, merendahkan teman-teman lama menjadi mudah saja bagimu. Tidak ada perasaan bersalah apalagi permintaan maaf. Lain halnya apabila makin kaya, kamu justru makin rendah hati. Orang yang semula gak peduli padamu pun pasti bakal merasa respek.

 

3. Seringkali Melempar Tanggung Jawab

Credit Image - pjwhrconsultancy.com

Dalam hal apa pun, kamu seharusnya mengerti bahwa ada banyak hal yang tak selalu berjalan sesuai rencana. Misalnya, dalam kaitannya dengan pekerjaan. Tanggapilah hal tersebut sebagai sesuatu yang wajar dan hadapi saja.

Akan tetapi saban ini terjadi, kamu malah main lempar tanggung jawab. Kamu seperti hendak mencuci bersih tanganmu dari kemungkinan dituduh bersalah atau keharusan memperbaiki kekacauan. Sikapmu ini tentunya akan menjadikan orang lain sebagai kambing hitam.

 

4. Maunya Selalu Unggul, Ketika Kalah Malah Marah

Batin orang-orang, "Jika kamu maunya unggul terus, sebaiknya dirimu hidup sendiran saja." Ya, sebab selama kamu berada di tengah-tengah orang lain, kamu tak mungkin selalu menjadi nomor satu dalam segala hal.

Kamu boleh menyukai posisi yang lebih tinggi daripada orang lain. Akan tetapi, sadarilah bahwa hal tersebut mustahil selalu kamu dapatkan. Jangan bersikap seperti anak-anak yang kesal bila kalah dalam permainan.

 

5. Kebaikan Palsu Terbongkar

Credit Image - dream.co.id

Mulanya orang sangat respek padamu karena kamu dikenal sebagai sosok yang baik. Kamu suka membantu dan menunjukkan kepedulian yang tinggi pada sesama. Sayangnya, semua ini ternyata palsu.

Mengapa mereka menganggap kebaikanmu palsu? Pertama, kamu punya motif tertentu di balik kebaikan tersebut yang bakal menguntungkanmu. Kamu jadi terlihat tidak tulus dalam berbuat baik. Kedua, kamu mungkin menyalahgunakan dana atau fasilitas untuk berbuat baik.

 

6. Tips untuk Saling Respek di Lingkungan Sekitar

Rasa saling hormat mungkin menjadi salah satu sikap yang masih cukup sulit diterapkan. Tapi, ada berbagai tips yang dapat kamu terapkan untuk membantu mewujudkan pribadi yang memiliki respek terhadap sesama, kok. Berikut ini di antaranya:

  • Memperlakukan orang dengan sopan dan baik hati.
  • Mendorong rekan kerja untuk mengungkapkan pendapat dan ide.
  • Berusaha keras menjadi pendengar yang baik.
  • Gunakan ide-ide bagus dari teman kerja – dan berikan pujian atas nama mereka.
  • Hindari menghina, menekan orang lain, dan meremehkan ide mereka.

Untuk menjadi pribadi yang respek terhadap sesama, termasuk di lingkungan kantor, kamu juga harus bisa mempertimbangkan serta memahami berbagai masukan yang bisa memengaruhi perkembangan dirimu. Dengan demikian, tentu orang lain akan menghormatimu, karena sudah menghargai mereka, kan?

Yang tak kalah pentingnya, untuk mendukung kegiatan harian, kamu direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active yang cocok dijadikan teman beraktivitas.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan bisa semakin produktif dalam menjalani aktivitas harian.

Untuk memperoleh produk Enervon yang asli, kamu bisa segera mengunjungi kunjungi official store-nya di Tokopedia, ya.

 

Jadi, gimana? Tentunya kamu ingin orang di lingkungan sekitar, termasuk di tempat kerja tetap respek denganmu, kan? Kalau begitu, hindari sejumlah hal di atas!

 

 

Featured Image – economictimes.indiatimes.com

Source – idntimes.com