Sudah menjadi rahasia umum kalau vitamin C memiliki berbagai manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Tak hanya berperan untuk menguatkan kekebalan saja, namun vitamin ini dapat membantu penyembuhan luka hingga menjaga kesehatan kulit.

Dengan rutin mengonsumsi vitamin C, maka manfaat pun dapat kamu rasakan secara maksimal. Jangan khawatir, vitamin C aman untuk dikonsumsi, baik dalam bentuk makanan, seperti buah dan sayur, maupun suplemen.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, vitamin C berperan untuk menjaga daya tahan tubuh. Tapi yang sering dipertanyakan, bagaimana cara kerja vitamin ini dalam mendukung imunitas? Biar tak penasaran, simak informasinya di bawah ini!

 

 

Mengetahui Pentingnya Menjaga Imunitas Tubuh

Credit Image - alodokter.com

Diketahui, ancaman kesehatan ada di mana-mana. Dalam kehidupan sehari-hari, manusia tidak pernah bisa sepenuhnya lepas dari interaksi dengan bakteri dan kuman. Bukan hanya itu saja, infeksi virus juga bisa terjadi sewaktu-waktu. Infeksi inilah yang kemudian memicu penyakit.

Beberapa jenis penyakit yang masuk melalui jalur infeksi memang terbilang ringan dan dapat diatasi tanpa perawatan medis. Misalnya saja seperti penyakit flu. Namun pada zaman dulu, flu pernah menjadi penyakit mematikan. Flu menjadi relatif tidak berbahaya hanya setelah manusia mampu mengembangkan sistem imun yang mampu memerangi penyakit yang satu ini.

Peran sistem imunitas dalam menjaga kesehatan tubuh memang sangat penting. Sistem inilah yang menjadi garda terdepan dalam memerangi serangan patogen sebelum berkembang dan menyebabkan gangguan kesehatan. Itulah kenapa sistem imun harus dijaga.

Jadi saat dibutuhkan, kekebalan tubuh pun mampu menjalankan fungsinya dengan baik.

 

Nutrisi Penting untuk Menguatkan Daya Tahan

Agar tidak mudah terserang penyakit, daya tahan tubuh harus dijaga. Ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk menjaganya. Salah satunya adalah dengan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Pada dasarnya semua nutrisi itu penting.

Namun, khusus dalam konteks menjaga daya tahan tubuh, sedikitnya ada 5 nutrisi yang memiliki peran paling besar dalam menjaga kesehatan tubuh. Nutrisi tersebut antara lain vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, zinc, karotenoid, dan asam lemak omega-3. Tentu saja, setiap nutrisi harus dikonsumsi dalam porsi yang seimbang.

 

Bagaimana Cara Vitamin C dalam Mendukung Imunitas?

Credit Image - klikdokter.com

Vitamin C merupakan salah satu pemain penting dalam menjaga daya tahan tubuh. Perannya begitu besar dalam mendukung kesehatan badan dan mencegah beberapa jenis penyakit. Ada korelasi kuat antara vitamin C dan sistem kekebalan tubuh. Saat tubuh mendapatkan vitamin C yang cukup, produksi interferon juga akan terjaga.

Interferon sendiri memiliki tugas untuk menghadapi patogen yang masuk ke dalam tubuh. Saat patogen terdeteksi, interferon akan segera membasminya. Vitamin C juga turut berperan dalam meningkatkan produksi sitokin – yang merupakan sejenis protein komunikasi yang dilepaskan oleh sel darah putih untuk mengirimkan informasi ke sel-sel lain.

Berkat sitokin inilah, respons sistem imun meningkat. Peran sitokin dalam mencegah gejala flu yang lebih serius telah dibuktikan dalam beberapa penelitian. Dalam penelitian, ditemukan bahwa mengonsumsi 1-2 gram vitamin C dapat mengurangi durasi pilek hingga 8% pada orang dewasa dan 18% pada anak-anak.

Selain mampu meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin C juga dikenal sebagai antioksidan alami dan pembentuk kolagen yang penting dalam proses penyembuhan luka. Karena sifat antioksidan ini jugalah, vitamin C dapat membantu melindungi sel dari efek radikal bebas.

 

Yuk, Cukupi Kebutuhan Vitamin C Harianmu!

Vitamin C dapat diperoleh dari berbagai sumber makanan, seperti buah dan sayuran. Bisa dikatakan bahwa ada cukup banyak makanan yang kaya akan vitamin tersebut, seperti:

  • Jambu biji
  • Jeruk
  • Pepaya
  • Stroberi
  • Lemon
  • Kiwi
  • Brokoli
  • Bayam
  • Kembang kol

Tetapi, mengonsumsi sejumlah sumber makanan tersebut belum tentu dapat memenuhi kebutuhan vitamin C per hari, lho. Jadi, kamu bisa maksimalkan dengan mengonsumsi multivitamin Enervon Active.

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – kandungan vitamin C yang ramah dilambung dan zinc akan membantu menjaga imunitas tubuh agar tidak mudah jatuh sakit.

Kemudian, kandungan vitamin B kompleks akan membantu  optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama saat beraktivitas. Jadi, tak hanya baik buat menjaga daya tahan tubuh, namun Enervon Active pun membantu tubuhmu tetap berenergi sepanjang hari.

Yuk, segera dapatkan multivitamin andalan satu ini dengan mengunjungi official store Enervon!

Agar manfaatnya semakin terasa, pastikan kamu juga sudah meminum suplemen vitamin C di waktu yang tepat, ya. Selain itu, konsumilah sebanyak dua kali dalam sehari. Misalnya, satu tablet sebelum – atau 2 jam sesudah sarapan, kemudian satu tablet lagi setelah makan siang.

 

Jadi, itulah cara kerja vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh. Sudahkah kamu mendapat asupan vitamin yang satu ini setiap harinya?

 

 

Featured Image – astronauts.id