Anak komuter, yuk, kumpul!

Perjalanan pergi ke kantor mungkin sering dirasa berat, karena kondisi jalanan yang macet – dan akhirnya malah telat sampai ke kantor. Jangan salah, hal ini bisa memengaruhi produktivitas kerja hingga kondisi kesehatan, lho.

Dilansir dari Glints, commuting berasal dari kata commute yang artinya perjalanan bolak-balik. Para pekerja yang melakukan perjalanan dari tempat tinggal ke kantor, baik dengan kendaraan sendiri maupun menggunakan transportasi umum disebut dengan komuter.

Jika jarak antara tempat tinggal dengan lokasi kerja cukup jauh – nah, ini yang menjadi tantangan tersendiri. Kamu wajib memerhatikan waktu berangkat agar tidak kelamaan di jalan, dan akhirnya terlambat sampai ke kantor.

Biar kamu si Anak Komuter yang harus bergelut dengan kemacetan jalanan di pagi hari, biar gak telat sampai kantor, berikut ini tips yang bisa diterapkan!

 

 

1. Buat Jadwal Pribadimu

Credit Image - thespruce.com

Jika jarak tempat tinggal ke kantor cukup jauh, tentu kamu harus bisa mengatur jadwal dengan baik.  Agar bisa berangkat tepat waktu, susunlah jadwal kegiatan pribadi di pagi hari dan tentukan berapa lama waktu yang diperlukan.

Dengan membuat jadwal ini, kamu tidak akan membuang waktu dalam memikirkan apa yang harus dilakukan terlebih dahulu.

 

2. Mencari Transportasi Alternatif, Yuk!

Tips selanjutnya yang bisa diterapkan bagi para komuter adalah mencari transportasi alternatif untuk berangkat ke tempat kerja. Nah, kamu bisa memilih antara mengemudikan kendaraan pribadi, naik transportasi umum, menggunakan sepeda, atau berjalan kaki. 

Semuanya harus dipertimbangkan sebaik mungkin, dengan memperhatikan jarak, fasilitas transportasi, dan situasi perjalanan, ya!

Namun, jika situasi jalanan sangat macet, dan di sekitar kantor terdapat fasilitas KRL atau MRT, kamu bisa memanfaatkannya sebagai alternatif transportasi. Dan apabila kamu putuskan untuk menggunakan sepeda atau berjalan kaki, pastikan jarak tempat kerja tidak terlalu jauh dari tempat tinggal.

 

3. Berangkat Lebih Awal

Credit Image - goikuzo.com

Jadwal meninggalkan rumah berperan penting dalam menentukan waktu tiba di kantor. Menurut Indeed, salah satu tips komuter ke kantor antitelat adalah berangkat lebih awal dari biasanya.

Jika berangkat lebih awal, kamu akan terhindar dari kemacetan dan kepadatan. Sehingga dapat menghindari stres selama perjalanan.

 

4. Batasi Teknologi di Pagi Hari!

Saat ini, banyak orang mencari smartphone ketika baru bangun tidur, baik untuk membalas pesan, menjawab panggilan masuk, melakukan browsing, atau sekadar membuka media sosial. Akibat terlalu asyik, tanpa disadari kamu sudah membuang banyak waktu.

Apakah kamu juga sering melakukan kebiasaan ini? Yuk, mulai sekarang coba dihindari. Batasilah penggunaan teknologi di pagi hari, dan fokus melakukan kegiatan sesuai jadwal di pagi hari. Dengan begitu, jadwal tidak terganggu – dan kamu tak telat sampai ke kantor, ya!

 

5. Berhenti Menunda-nunda

Credit Image - alodokter.com

Jika kamu bangun lebih cepat dari jadwal yang seharusnya, jangan menunda untuk melakukan kegiatan berikutnya.  Misalnya, saat bangun 20 menit lebih awal daripada waktu bangun tidur yang seharusnya, usahakan untuk tidak tidur lagi dan menunggu alarm berbunyi. 

Bisa jadi kamu terlelap dan tidak mendengarkan suara alarm berbunyi. Kemudian saat bangun, kamu sudah sangat terlambat untuk berangkat ke kantor.

 

6. Mempersiapkan di Malam Sebelumnya

Melansir Entrepreneur, hindari terburu-buru setiap pagi.  Terburu-buru malah akan meningkatkan stres sejak dari rumah, lho.  Jadi, sebisa mungkin persiapkan segala keperluan pada malam hari atau sebelum tidur.

Misalnya memilih pakaian kerja, mengisi bensin kendaraan, atau menata kunci kendaraan dan dompet pada satu tempat sehingga tidak tertinggal. Memang tips komuter ini terlihat sepele, namun hal tersebut yang justru kadang menguras waktumu bila tak dipersiapkan!

 

7. Siapkan Bekal untuk Memberi Energi Tubuh

Credit Image - cosmopolitan.co.id

Tips terakhir untukmu para komuter, yaitu jangan lupa mempersiapkan bekal, ya. Ingat, sarapan pagi memang sangat penting, namun sebisa mungkin optimalkan waktu sarapan dan persiapan sebelum berangkat.

Makanya, kamu disarankan untuk menyiapkan bekal makan dan membawa botol minum yang dapat dikonsumsi selama commuting ke kantor. Selain itu, pastikan kamu menghindari membuat makanan yang terlalu sulit untuk dikonsumsi di jalan. 

Dengan sarapan, tubuh bisa mendapatkan energi yang cukup selama perjalanan ke kantor – dan tentunya untuk beraktivitas.

Untuk menemani kegiatan harian, kamu juga perlu mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral yang juga dapat membantu proses metabolisme agar tubuh mendapat energi. Kedua nutrisi tersebut bisa didapatkan dengan mengonsumsi multivitamin Enervon Active yang mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan bisa semakin produktif dalam menjalani aktivitas harian.

Untuk memperoleh produk Enervon Active, kamu bisa segera mengunjungi kunjungi official store-nya di Tokopedia, yuk!

 

Untukmu si Anak Komuter, kini, kamu sudah tahu tips agar tidak buru-buru dan akhirnya telat ke kantor, kan? Dengan menerapkan cara di atas, kamu pun gak stres selama perjalanan serta tentunya produktivitas terjaga!

 

 

Featured Image – go-work.com

Source – glints.com