Mencuci tangan adalah salah satu cara yang paling baik untuk mencegah penyebaran virus dan kuman penyebab penyakit. Membersihkan tangan dengan sabun dan membilasnya adalah cara sederhana untuk menghilangkan kuman sebelum akhirnya menyebar.

Hal ini penting, terutama bagi anak- anak yang mudah terpapar bakteri dan kuman. Namun, pada usia berapakah mereka sudah bisa diajarkan untuk mencuci tangan sendiri? Dan bagaimana cara mencuci tangan anak yang benar? Simak ulasannya berikut ini.

Pentingnya mengajarkan si kecil mencuci tangan

Credit: fimela.com

Anak- anak tidak secara otomatis mencuci tangan mereka ketika jadi kotor. Jadi, kamu sebagai orangtua perlu mengajari mereka untuk mencuci tangan.

Umumnya, anak- anak sudah mulai bisa membersihkan tangan mereka sendiri sejak usia dua tahun dibawah pengawasan orangtua. Kemudian, pada usia empat tahun, mereka sudah bisa mencuci tangan sendiri, selama mampu mencapai wastafel dan peralatan cuci tangan lain yang dibutuhkan. Namun, kamu tetap harus mengingatkan anak untuk melakukannya, misal sebelum makan.

Pada usia lima tahun, anak- anak harus mulai mengigat ketika mereka perlu mencuci tangan dan melakukannya tanpa diminta.

Beritahu pada anak bahwa mencuci tangan penting untuk menghilangkan kuman  yang menempel pada tahun, dan membantu mencegah penyebaran kuman- kuman penyebab penyakit tersebut.

Diseluruh dunia, diperkirakan bahwa mencuci tangan secara teratur dapat menyelamatkan sekitar satu juta jiwa setiap tahun dari penyakit seperti diare dan infeksi saluran pernapasan.

Cara mencuci tangan yang benar

Credit: hipwee.com

Meski terlihat mudah, mencuci tangan memiliki cara sendiri, lho. Sebaiknya, perhatikan cara mencuci tangan  berikut ini.

  • Basahi tangan dengan air bersih dan mengalir bisa hangat atau dingin kemudian matikan keran dan gunakan sabun.
  • Bersihkan tangan dengan menggosoknya bersama dengan sabun. Pastikan untuk membasahi punggung tangan, di antara jari-jari dan di bawah kuku.
  • Selanjutnya, gosok tangan setidaknya selama 20 detik kemudian bilas tangan dengan air bersih.
  • Terakhir, keringkan tangan menggunakan handuk atau tisu bersih.

Nah, ternyata mencuci tangan memiliki manfaat yang besar bagi kehidupan, terutama untuk kesehatan ya. Jadi, selalu biasakan cuci tangan dan jangan lupa untuk mengajari si kecil juga, ya!

 

Featured Image - parenting.orami.co.id