Setiap individu pasti menginginkan panjang umur, kan? Untuk itu, menjalani hidup sehat sangat dianjurkan – dan perlu dilakukan sejak berusia muda. Sayangnya, masih banyak orang yang melakukan berbagai kebiasaan sehari-hari, kemudian hal tersebut membawa dampak buruk bagi kesehatan.

Tak tanggung-tanggung, lho, deretan kebiasaan tersebut dapat membuat umur menjadi lebih pendek. Kamu gak pingin hal ini terjadi padamu, kan? Kalau begitu, berikut ini sejumlah kebiasaan yang baiknya dihindari!

 

 

1. Terlalu Banyak Duduk

Credit Image - voi.id

Penelitian yang diterbitkan di British Medical Journal menyatakan duduk terlalu lama atau lebih dari tiga jam sehari bisa memperpendek usia seseorang hingga dua tahun. Duduk terlalu lama juga meningkatkan kemungkinan terkena kanker, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan penyakit lain yang bisa membuat seseorang cepat mati.

Jika pekerjaan mengharuskan seseorang untuk banyak duduk, setidaknya orang terkait harus memberikan jeda dengan berdiri dan berjalan-jalan setiap 30 menit sekali dan tidak hanya duduk seharian di depan layar komputer.

 

2. Kurang Tidur atau Sebaliknya

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidak mendapatkan jumlah jam tidur yang cukup akan meninggal lebih cepat. Orang yang sering begadang dan sulit tidur memiliki risiko kematian dini lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang memenuhi kebutuhan tidur mereka.

Setidaknya orang dewasa harus tidur tujuh sampai delapan jam semalam. Menurut Harvard Medical School's Healthy Sleep, kurang tidur dari lima jam tidak boleh, sementara lebih dari sembilan jam juga tidak bagus.

Kurang tidur bisa melemahkan kekebalan tubuh, meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, tekanan darah tinggi, obesitas, dan diabetes. Semua ini bisa membuat orang lebih cepat mati. Para ahli menyarankan agar orang tidur di waktu yang sama setiap malam, serta menghindari minum alkohol atau menggunakan alat-alat elektronik tiga jam sebelum tidur.

 

3. Melewatkan Sarapan

Credit Image - honestdocs.id

Penelitian mengungkap bahwa orang yang melewatkan sarapan justru mengalami masalah dengan berat badan. Orang yang melewatkan sarapan biasanya akan makan lebih banyak kalori di siang hari dan membuat mereka lebih mudah mengalami obesitas.

Menurut American Heart Association, orang yang sarapan pagi lebih sehat secara keseluruhan. Mereka memiliki kolesterol yang lebih baik, kesehatan kardiovaskular yang lebih baik, dan tekanan darah yang lebih rendah daripada orang-orang yang biasa melewatkan sarapan.

Satu penelitian kecil bahkan menemukan bahwa orang yang melewatkan sarapan memiliki tingkat kematian yang meningkat sebesar 50% dibandingkan dengan mereka yang rutin sarapan.

 

4. Keseringan Melakukan Peregangan Leher

Membunyikan atau melakukan peregangan leher mungkin menjadi salah satu kebiasaan yang dilakukan oleh banyak orang untuk mendapatkan relaksasi. Namun, jika dilakukan terlalu sering dan tanpa tahu cara yang tepat dapat menyebabkan masalah serius, termasuk stroke.

Menurut studi kasus yang dilansir Science Alert pada tahun 2019, seorang pria berusia 28 tahun terjepit lehernya dan kemudian mengalami stroke berat. Terbukti, tindakan meregangkan leher ternyata merobek arteri. Robekan ini kemudian menyebabkan bekuan darah, dan bekuan tersebut menyebabkan stroke.

 

5. Jarang Bersosialisasi

Credit Image - lifepal.co.id

Para ahli mengungkap bahwa kurang bersosialisasi dan bahkan cenderung lebih sering mengasingkan diri memiliki dampak yang sama berbahayanya dengan kebiasaan merokok atau minum alkohol terhadap kesehatan. Kurang bersosialisasi dikatakan dapat meningkatkan kecenderungan orang berusia pendek hingga 50%.

Tidak hanya itu, kurangnya paparan sinar matahari juga dapat mengganggu siklus tidur, yang membuat orang terkait semakin berisiko mengalami kematian dini. Mereka juga lebih mungkin terkena virus jika juga terlalu lama berada di dalam rumah.

 

6. Kurang Bahagia

Stres dalam bentuk apa pun ternyata bisa sangat memperburuk kesehatan khususnya bagi jantung. Menurut Johns Hopkins Medicine, hampir semua emosi negatif yang berkepanjangan mulai dari kemarahan, dendam, hingga kesedihan akan menyebabkan beberapa masalah pada tubuh.

Ketika seseorang mengalami emosi negatif, tekanan darah naik, detak jantung melonjak, dan tubuh akan melepaskan hormon stres kortisol. Perlu diketahui, kortisol dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Tak hanya itu, orang yang terlalu khawatir atau takut kematian ternyata bisa membuat orang tersebut lebih dekat pada kematian itu sendiri. Ada banyak hal yang merenggut nyawa manusia, seperti serangan teroris, kanker, bencana alam, virus, dan lainnya. Terlalu paranoid dengan kematian bisa membuat seseorang terus merasa cemas dan pada akhirnya juga membunuh mereka secara perlahan.

 

7. Apa yang Bisa Dilakukan untuk Memperpanjang Usia?

Credit Image - alodokter.com

Bukan hanya soal pola makan, atau memiliki karir yang stabil saja, lho. Tetapi masih ada resep panjang umur yang dapat kamu terapkan – yang pasti kamu mesti menghindari sejumlah kebiasaan di atas, ya.

Selain itu, ada beberapa hal lainnya, yaitu:

  • Melakukan pemeriksaan medis secara teratur
  • Melakukan olahraga secara konsisten
  • Mengontrol berat badan
  • Menjaga kesehatan mental
  • Tidur yang cukup

Dan yang tak kalah pentingnya, untuk mempertahankan kondisi tubuh tetap baik – yang akhirnya akan memperpanjang usia, pastikan kamu sudah mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral harian. Keduanya dapat membantu menjaga kekebalan tubuh sekaligus memberi energi tubuh.

Tak hanya dengan mengonsumsi makanan tinggi gizi, mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral juga dapat dilakukan dengan minum multivitamin – nah, kamu direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active secara rutin, ya!

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang memiliki ragam manfaat baik untuk menjaga tubuh saat aktivitas harian.

Kandungan vitamin C di dalam Enervon Active bersifat ramah di lambung, sehingga tak perlu takut membuat perut menjadi perih, malah dapat membantu memaksimalkan imunitas tubuh, lho.

Selain itu, multivitamin andalan satu ini dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa dirasakan berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

Yuk, segera dapatkan multivitamin andalan satu ini dengan mengunjungi official store Enervon!

 

Gimana? Sekarang kamu sudah tahu berbagai kebiasaan yang ternyata dapat memperpendek usia, kan? Mulai sekarang, coba hindari atau kurangi hal di atas, ya.

 

 

Featured Image – klikdokter.com

Source – cnbcindonesia.com