Sudah bukan hal baru lagi kalau olahraga menjadi salah satu aktivitas yang memiliki banyak efek positif, terutama untuk kesehatan fisik dan mental. Apakah kamu sudah rajin melakukan kegiatan ini? Jika belum, yuk, mulai perlahan-lahan mulai sekarang!

Bagi kamu yang kurang menguasai – atau tidak menyukai olahraga, biasanya akan cenderung lebih malas bergerak dan memilih untuk rebahan. Untuk meningkatkan keinginan berolahraga, tentunya kamu perlu hal pendukung, kan?

Nah, biar kamu semakin semangat dalam berolahraga, berikut ini 5 hal pendukung yang dapat meningkatkan motivasimu. Simak informasi lengkapnya, yuk!

 

 

1. Melakukan Aktivitas Fisik yang Menyenangkan

Credit Image - klikdokter.com

Bagi kamu yang sering mager, kamu tidak perlu melakukan aktivitas fisik yang menuntut untuk bergerak aktif. Cukup dengan olahraga ringan, seperti berjalan dan melakukan peregangan, dan yang penting bisa membuatmu nyaman.

Aktivitas fisik merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati. Poin kunci agar kamu tidak malas melakukan aktivitas fisik adalah menemukan sesuatu yang kamu sukai.

 

2. Berolahraga di Luar Ruangan

Ada banyak manfaat kesehatan yang bisa didapat ketika berolahraga di luar ruangan. Selain baik untuk kesehatan fisik, olahraga di luar ruangan bisa membantumu agar tetap sehat secara mental.

Menghabiskan waktu di alam dan berjemur di bawah sinar matahari bisa meningkatkan mood dan mengurangi stres. Berolahraga di luar ruangan bisa merangsang kelima panca indera, yang tidak kamu dapatkan ketika berada di dalam ruangan.

 

3. Berolahraga Bersama Teman

Credit Image - halodoc.com

Terkadang sulit untuk mempertahankan minat dalam berolahraga. Itu sebabnya, berolahraga bersama teman bisa menjadi cara efektif agar kamu tidak kesepian. Bergabung dengan kelas olahraga bisa kamu ikuti agar kamu mendapatkan teman baru saat berolahraga.

Kamu cenderung tidak akan bosan saat berolahraga ketika bersama teman. Kamu dan temanmu bisa saling mengajari gerakan, tertawa bersama, saling menyemangati, dan yang pasti kamu akan menjadi lebih sehat, baik secara fisik maupun mental.

 

4. Mendengarkan Musik Saat Berolahraga

Mendengarkan lagu saat berolahraga tidak hanya menghilangkan kebosanan, tetapi juga bisa membantu kamu meningkatkan kualitas latihan. Lagu yang diputar bisa meningkatkan stamina dan membuat suasana hati menjadi lebih baik.

Memilih lagu yang disukai dan sesuai dengan rutinitas olahraga bisa membantumu tetap fokus saat berolahraga. Setiap orang memiliki kecepatan dan intensitas latihan yang berbeda. Maka dari itu, kamu perlu menentukan lagu dengan tempo yang tepat saat berolahraga agar kamu tidak keteteran.

 

5. Selipkan Permainan dalam Kegiatan Olahraga

Credit Image - nbcnews.com

Menyelipkan permainan saat berolahraga tentu sangat menyenangkan. Selain membuat kamu tetap sehat, kamu juga bisa bertemu dengan orang baru. Kamu juga bisa belajar tentang kerja dalam tim. Jika kamu belum pernah bermain olahraga seperti ini sebelumnya, ini adalah kesempatan kamu untuk mencoba sesuatu yang baru.

Olahraga ini akan membutuhkan banyak kerja keras dan kekompakan tim. Jika kamu ingin lebih dekat dengan teman-temanmu, kamu bisa melakukan aktivitas fisik seperti ini. Dan yang terpenting dari aktivitas ini adalah kamu harus menjunjung tinggi sportifitas. Jadi, kamu tidak boleh baper kalau tim kamu kalah, ya.

 

6. Optimalkan Olahraga dengan Hal Ini

Nah, selain meningkatkan motivasi dalam berolahraga, agar aktivitas fisik semakin maksimal, kamu juga perlu mengoptimalkannya dengan hal lain, seperti memerhatikan pola makan. Cobalah untuk sarapan yang sehat sebelum beraktivitas, perhatikan porsi makan, konsumsi camilan secukupnya – dan disarankan ngemil yang sehat, serta pastikan kamu menyantap makanan sesuai olahraga untuk membantu otot cepat pulih.

Selain itu, cukupi pula kebutuhan cairan tubuh yang dapat membantu mencegah dehidrasi. Dilansir dari American College of Sports Medicine, direkomendasikan agar mencukupi kebutuhan cairan dengan rincian berikut:

  • Minum 2-3 cangkir air selama dua hingga tiga jam sebelum olahraga
  • Minum sekitar 1/2 hingga 1 cangkir air setiap 15 hingga 20 menit selama berolahraga.
  • Minum 1-3 cangkir air setelah olahraga untuk mengganti cairan yang hilang selama aktivitas fisik.

Dan yang tak kalah pentingnya, agar kegiatan fisik semakin maksimal, kamu juga perlu menjaga energi tubuh dengan rutin mendapat asupan vitamin dan mineral. Keduanya berperan penting dalam proses metabolisme untuk membentuk energi, lho.

Tak hanya dari makanan, vitamin dan mineral bisa diperoleh dengan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang kombinasinya dapat menjaga energi tubuh agar tidak mudah lelah.

Kandungan vitamin B kompleks dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan metabolsime, sehingga tubuhmu mampu memperoleh energi yang maksimal. Dan pastinya vitamin C dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit, ya.

Jangan ditunda lagi. Yuk, segera dapatkan produk multivitamin Enervon Active dengan klik disini!

 

Untukmu yang masih malas dalam berolahraga, yuk, coba tingkatkan motivasimu dengan tips di atas. Selamat mencoba!

 

 

 

Featured Image – kompas.com

Source – idntimes.com