Apakah kamu sudah rajin bergerak setiap harinya? Wah, ini merupakan kebiasaan yang baik untuk kesehatan, lho. Seperti diketahui, aktivitas fisik termasuk salah satu langkah yang bermanfaat meningkatkan kualitas hidup.

Para ahli kesehatan sepakat bahwa olahraga baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Bukan perkara menjaga berat badan saja, lho, tetapi aktivitas ini juga dapat membantu seseorang yang sedang dalam tahap penyembuhan akibat masalah kesehatan tertentu.

Di samping itu, ada satu hal yang diyakini terkait manfaat rutin berolahraga, yaitu dapat memperpanjang usia. Memang sih, tidak bisa dipungkiri, banyak orang yang ingin hidup lebih panjang. Untuk mencapainya, salah satu usaha yang dilakukan adalah dengan menjaga kesehatan, termasuk rajin melakukan aktivitas fisik.

Tapi, bagaimana cara olahraga dapat memperpanjang usia dan meningkatkan kualitas hidup? Berikut ini ulasannya.

 

 

1. Membuat Kualitas Jantung Menjadi Lebih Baik

Credit Image - health.okezone.com

Menurut informasi yang dikutip dari Harvard Health Publish, olahraga menjadi salah satu aktivitas yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Dampak yang satu ini pun sepertinya sudah tak perlu lagi diragukan.

Rutin melakukan olahraga akan menurunkan kadar kolesterol LDL yang buruk bagi kesehatan. Namun, dapat meningkatkan kolesterol HDL yang sehat. Hal ini juga membuat tekanan darah lebih stabil dan mengurangi lemak tubuh. Hal ini berpengaruh terhadap kesehatan jantung.

Dengan demikian, terbukti bahwa olahraga dapat memperpanjang usia karena mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

 

2. Otak Tetap Tajam

Saat berolahraga mungkin kamu pernah merasakan wajah dan tubuh terasa panas. Bahkan kulit wajah tampak kemerahan. Hal ini karena olahraga membantu darah mengalir keseluruh organ tubuh.

Olahraga membantu tubuh untuk menjaga aliran darah dapat tersalurkan ke seluruh tubuh manusia, diantaranya otak. Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa olahraga dapat menjaga kualitas otak tetap tajam. Diantaranya adalah mengurangi risiko terkena penyakit Alzheimer dan demensia.

 

3. Membantu Mengontrol Kadar Gula Darah

Credit Image - health.detik.com

Kadar gula darah yang lebih terkontrol merupakan salah satu bukti olahraga dapat memperpanjang usia dan membuat hidup lebih baik.

Olahraga meningkatkan kepekaan terhadap insulin untuk menekan kadar gula darah. Dalam sebuah studi ditemukan bahwa jalan cepat selama dua setengah jam seminggu dapat mengurangi risiko diabetes sebanyak 30%.

 

4. Meminimalisir Risiko Kanker

Harvard Health Publish melansir bahwa ditemukan sebuah penelitian yang membuktikan olahraga dapat mengurangi risiko terkena kanker usus besar sebanyak 24% pada pria. Ada juga penelitian yang menemukan penurunan angka risiko kanker paru-paru sebanyak 20%.

 

5. Menjaga Tubuh Tetap Kuat dan Lincah

Credit Image - dinkes.kalbarprov.go.id

Seseorang yang rajin bergerak dan rutin berolahraga terbukti memiliki tubuh yang lebih kuat dan tetap lincah.

Olahraga ternyata efektif menjaga kepadatan tulang. Bahkan, angkat beban pun mampu mencegah terjadinya pengeroposan tulang. Bergerak mampu membuat sendi-sendi dan otot tetap aktif. Sehingga olahraga juga dapat mencegah terkena masalah lutut.

 

6. Jangan Lupa Optimalkan Aktivitas Olahraga dengan Cara Ini, Ya!

Agar manfaat baiknya dari olahraga semakin maksimal, kamu juga perlu mengimbanginya dengan hal lain, seperti memerhatikan pola makan. Hal tersebut tentu berperan besar dalam menjaga kesehatan tubuhmu juga, kan?

Cobalah untuk sarapan yang sehat sebelum beraktivitas, perhatikan porsi makan, konsumsi camilan secukupnya – dan disarankan ngemil yang sehat, serta pastikan kamu menyantap makanan sesuai olahraga untuk membantu otot cepat pulih.

Selain itu, cukupi pula kebutuhan cairan tubuh yang dapat membantu mencegah dehidrasi. Dilansir dari American College of Sports Medicine, direkomendasikan agar mencukupi kebutuhan cairan dengan rincian berikut:

  • Minum 2-3 cangkir air selama dua hingga tiga jam sebelum olahraga
  • Minum sekitar 1/2 hingga 1 cangkir air setiap 15 hingga 20 menit selama berolahraga.
  • Minum 1-3 cangkir air setelah olahraga untuk mengganti cairan yang hilang selama aktivitas fisik.

Dan yang tak kalah pentingnya, agar kegiatan fisik semakin maksimal, kamu juga perlu menjaga energi tubuh dengan rutin mendapat asupan vitamin dan mineral. Keduanya berperan penting dalam proses metabolisme untuk membentuk energi, lho.

Tak hanya dari makanan, vitamin dan mineral bisa diperoleh dengan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang kombinasinya dapat menjaga energi tubuh agar tidak mudah lelah.

Kandungan vitamin B kompleks dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan metabolsime, sehingga tubuhmu mampu memperoleh energi yang maksimal. Dan pastinya vitamin C dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit, ya.

Jangan ditunda lagi. Yuk, segera dapatkan produk multivitamin Enervon Active dengan klik disini!

 

Jadi, itulah berbagai alasan mengapa olahraga dapat membantu meningkatkan kualitas hidupmu. Pastikan kamu sudah rutin melakukan aktivitas fisik setidaknya 3 sampai 5 kali dalam seminggu, ya!

 

 

Featured Image – blog.amartha.com

Source – popmama.com