Ada berbagai penyebab daya tahan tubuh menurun, salah satunya kondisi musim yang tidak menentu. Hal ini dapat membuatmu lebih gampang terkena penyakit menular, seperti flu maupun Covid-19 – terlebih subvarian Omicron XBB yang tengah mewabah.

Diketahui, baik itu flu maupun subvarian Omicron XBB, keduanya merebak di waktu yang bersamaan. Memang, saat ini, tren kasus Covid-19 di Indonesia tengah kembali melonjak.

Untuk itu, penting sekali memahami perbedaan gejala flu dan Omicron XBB. Karena, gejalanya yang mirip membuat sulit untuk dibedakan. Lantas, apa saja perbedaannya yang penting diperhatikan? Berikut ini ulasannya.

 

 

Perbedaan Gejala Omicron XBB dan Flu

Credit Image - mclaren.org

Dilansir dari CNN Indonesia, ciri paling umum yang bisa membedakan infeksi Covid-19 dengan flu biasanya terletak pada karakter batuk yang ditimbulkan. Pada pasien virus corona, batuk biasanya cenderung kering. Sementara pada flu, batuk akan disertai dahak meski ada juga yang memicu batuk kering.

Selain karakter batuk, sebenarnya tidak ada lagi yang membedakan antara gejala Covid-19 dan flu. Jadi, jika kamu mengalami beberapa gejala yang dimaksud, ada baiknya segera melakukan tes, sehingga tindakan lanjutan dapat segera dilakukan.

Apa saja gejala subvarian Omicron XBB yang perlu diperhatikan?

 

Gejala Subvarian XBB yang Perlu Diwaspadai

Credit Image - everydayhealth.com

Sejauh ini, gejala subvarian Omicron tampaknya cukup mirip dengan gejala Covid-19 lainnya. Menurut CDC, beberapa gejala yang dimaksud meliputi:

  • Demam
  • Batuk
  • Lemas
  • Diare
  • Mual dan muntah
  • Nyeri otot
  • Anosmia, utamanya pada subvarian Omicron XBB
  • Sesak napas pada infeksi yang parah

Jika kamu mengalami deretan gejala di atas, jangan ragu untuk segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

 

Terus Kuatkan Imunitas untuk Menghindari Risiko Infeksi Virus

Credit Image - realfood.co.id

Untuk menghindari risiko infeksi Covid-19, berbagai langkah pencegahan harus dilakukan. Selain menerapkan protokol kesehatan dan mendapat vaksinasi secara lengkap, kamu juga perlu menguatkan imunitas tubuh. Ingat, kekebalan yang baik merupakan perlindungan utama dalam mengurangi risiko paparan virus penyebab penyakit.

Optimalkan kekebalan tubuh dengan menerapkan pola makan sehat yang dimulai dari mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup. Serta, lengkapi hidup sehat dengan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon Active.

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kandungan vitamin C dan zinc di dalamnya dapat membantu menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit. Selain itu, kandungan vitamin B kompleksnya akan membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama, sehingga tak mudah lelah saat beraktivitas!

Yuk, segera dapatkan multivitamin andalan satu ini dengan mengunjungi official store Enervon, ya.

 

Jadi, itulah perbedaan gejala subvarian Omicron XBB dan flu yang wajib kamu perhatikan.

 

 

Featured Image – klikdokter.com

Source – cnnindonesia.com