Seringkali makanan yang kamu konsumsi sehari- hari diasumsikan sebagai makanan yang baik dan aman untuk dimakan. Padahal, tidak semua makanan baik untuk kamu konsumsi. Bahkan, ada beberapa makanan yang tidak sehat dan perlu kamu hindari, karena dapat membahayakan kondisi kesehatan.

Apa saja makanan tidak sehat yang berbahaya untuk tubuh tersebut? Berikut ini ulasannya.

1. Mie instan

Credit: hipwee.com

Hampir semua orang pasti suka makanan ini. Mie instan dianggap sebagai salah satu alternative yang tepat saat sedang malas memasak atau membeli makanan.

Padahal, mie instan adalah salah satu makanan tidak sehat dan berbahaya bagi kesehatanmu. Hal ini disebabkan tingginya kandungan garam dalam bumbu mie instan yang dapat meningkatkan tekanan darah. Dan jika kamu mengonsumsi mie instan secara berlebihan, maka masalah kesehatan seperti kanker perut, stroke, dan penyakit jantung dapat muncul.

2. Saos kemasaan

Credit: sajiansedap.grid.id

Saos kemasaan menjadi makanan tidak sehat yang berbahaya jika dikonsumsi karena makanan ini mengandung 2 gram gula, sehingga kandungan tomat di dalamnya kalah dengan kandungan gula dan garam di dalamnya. Dan hal ini membuat saos kemasaan kehilangan nutrisi.

Lebih baik jika kamu membuat saos rumahan sehingga kamu bisa mengukur takaran bahan- bahan yang kamu gunakan untuk membuatnya.

3. Daging olahan

Credit: tribunnews.com

Daging olahan seperti sosis, nuget, atau daging asap adalah makanan tidak sehat yang perlu kamu batasi. Karena, makanan seperti ini sudah melalui berbagai macam proses dan membuat kandungan gizinya berkurang. Selain itu, makanan ini sudah pasti menggunakan bahan pengawet.

Mengonsumsi daging olahan bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, stroke, dan diabetes mellitus. Jadi, ada baiknya batasi konsumsi daging olahan, dan sebagai gantinya kamu bisa makan daging sapi, daging ayam, atau ikan yang kamu olah sendiri.

4. Kentang goreng

Credit: kiro7.com

Kentang adalah makanan tidak sehat jika tidak diubah cara penyajiannya. Kentang goreng merupakan salah satu olahan kentang yang menarik bagi banyak orang, tetapi berbahaya karena sudah melalui proses penggorengan. Sehingga, kalori dalam kentang jadi semakin tinggi. Makanan seperti ini berpotensi meningkatkan risiko penyakit yang cukup serius, seperti diabetes, penyakit jantung, dan obesitas.

5. Yogurt rendah lemak

Credit: foodnetwork.com

Yogurt memang termasuk dalam daftar makanan sehat, namun jika tidak teliti, mungkin kamu bisa membeli yogurt yang salah.

Saat ini, di pasaran banyak yogurt rendah lemak yang memang memiliki kandungan lemak susu lebih rendah dibanding yogurt lainnya. Namun sayangnya, untuk memberi rasa pada yogurt yang seharusnya diberi lemak susu, diganti dengan gula yang justru tidak lebih sehat. Ditambah lagi, banyak yogurt yang tidak mengandung bakteria probiotik atau bakteri baik setelah proses pasteurisasi.

 

Nah, itu dia 5 makanan tidak sehat yang perlu kamu batasi konsumsinya atau kalau bisa kamu hindari. Selain menghindari kelima makanan tidak sehat tersebut, untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh, selalu konsumsi vitamin C dari Enervon secara rutin.

 

Featured Image - clinicalconnection.hopkinsmedicine.org