Di era sekarang ini sudah serba digital dengan teknologi yang canggih. Dengan begitu, mencari peluang kerja dengan jenjang karir yang bagus pun semakin mudah, karena cari kerja sudah bisa via online tanpa harus mengelilingi kota untuk mendapat pekerjaan.

Namun, bagi kamu yang bingung untuk cari kerja via online, berikut ini tips- tips yang bisa kamu terapkan agar mencari pekerjaan menjadi lebih mudah.

1. Gunakan sosial media

Credit: reltonassociates.co.uk

Cara pertama yang bisa kamu coba adalah menggunakan sosial media yang kamu miliki. Selain di website atau aplikasi lowongan kerja, saat ini perusahaan juga sudah membuka lowongan pekerjaan lewat sosial media seperti facebook atau Instagram.

Kamu bisa mengikuti akun lowongan kerja atau komunitas dan grup lowongan kerja di facebook. Atau menggunakan hashtag lowongan kerja di Instagram.

2. Menggunakan aplikasi lowongan kerja

Credit: workingmums.co.uk

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan aplikasi lowongan kerja yang terpercaya. Selain lebih mudah, aplikasi lowongan kerja juga sudah dilengkapi dengan kualifikasi, alamat, gaji yang ditawarkan, serta kamu bisa langsung apply lamaranmu di aplikasi tersebut.

3. Via group whatsapp

Credit: codigocero.com

Setiap orang pasti memiliki whatsapp. Nah, jika di grup whatsapp mu ada yang sedang membutuhkan lowongan kerja dan membagian infonya di grup tersebut, maka kamu bisa mencobanya.

4. Subscribe situs lowongan kerja

Credit: glints.com

Kamu juga bisa mencoba cara ini untuk cari kerja via online. Saat kamu mengunjungi situs lowongan kerja, biasanya kamu bisa melakukan subscribe. Jadi, saat ada informasi atau update terbaru seputar lowongan kerja, kamu langsung mendapatkan informasi tersebut.

Cara ini cukup efisien, karena setelah kamu mendapat informasi lowongan kerja, kamu bisa langsung mengirimkan CV atau resume mu ke perusahaan terkait.

5. Kirim surat lamaran lewat email atau langsung di website perusahaan

Credit: inc.com

Jika keempat cara diatas belum juga berhasil, maka kamu bisa mencoba cara yang satu ini. Untuk memudahkan sekaligus menghindari penipuan, kamu bisa mengiriman lamaran melalui email atau melalui situs perusahaan yang ada.

Selain itu, dengan cara ini kamu juga tidak perlu repot untuk pergi kesana kemari mengirimkan lamaran kerja. Namun, perlu diingat bahwa kamu harus teliti dalam mengisi data diri atau kontak yang lengkap, agar nantinya perusahaan bisa langsung menghubungi kamu.

 

Kuncinya adalah jangan cepat menyerah ketika kamu sedang cari kerja via online, karena mungkin ada beberapa perusahaan yang tidak memberikan respon dengan cepat. Tips- tips diatas adalah sebagian cara mencari kerja via online yang mudah dan aman. Selamat mencoba ya!

 

Featured Image - fool.com