Sudah bukan rahasia lagi kalau penyakit jantung menjadi salah satu penyakit mematikan di seluruh dunia. Bahkan, masalah kesehatan tersebut tak mengenal usia – bisa menyerang siapa saja. Baik tua maupun muda, semuanya bisa menjadi sasaran empuk.

Salah satu pemicu utama dari sakit jantung, yaitu gaya hidup yang tidak sehat. Paling utama disebabkan oleh pemilihan makanan yang kurang tepat, atau sering mengonsumsi makanan pemicu penyakit jantung.

Dilansir dari CNBC Indonesia, menurut seorang ahli jantung, dr. Elizabeth Klodas menyebutkan bahwa ada sejumlah makanan yang harus dihindari agar terbebas dari risiko penyakit jantung. Apa saja? Berikut ini ulasannya.

 

 

Roti          

Credit Image - bbc.co.uk

Terkejut mengapa roti bukan makanan yang baik untuk jantung? Ya, ternyata roti merupakan salah satu penyumbang natrium terbesar dalam makanan. Konsumsi natrium yang tinggi dapat meningkatkan tekanan darah, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung dan stroke.

Bagel, misalnya, dapat mengandung 500 miligram sodium, yaitu sekitar sepertiga dari yang direkomendasikan oleh American Heart Association per hari untuk orang dewasa. Tepung halus dalam roti juga bisa membuat gula darah melonjak.

Dengan demikian, alternatif roti yang dapat dicoba adalah biji-bijian dengan total tiga gram serat per 100 kalori.

 

Margarin

Terlalu banyak mengonsumsi mentega tidak sehat untuk jantung. Untuk menggantinya, gunakanlah margarin yang terbuat dari minyak zaitun atau minyak rami. Minyak zaitun hanya mengandung sedikit lemak jenuh dan tidak mengandung lemak trans.

Banyak margarin di pasaran dibuat dengan minyak kelapa sawit, yang mengandung lemak jenuh dalam jumlah tinggi yang dapat meningkatkan kadar kolesterol tubuhmu.

 

Susu

Credit Image - orami.co.id

Susu dan produk susu yang mengandung lemak merupakan sumber utama asam lemak jenuh. Melihat hal itu, kamu disarankan untuk mulai mengonsumsi susu almond, susu kedelai, dan susu dari kacang macadamia sebagai alternatif karena mengandung banyak lemak tak jenuh yang menyehatkan jantung.

Jika kamu minum susu karena sumber kalsium yang baik, ketahuilah bahwa kalsium dapat ditemukan di banyak makanan berbeda. Almond, brokoli, kangkung, jeruk, kacang-kacangan, edamame, buah ara, dan salmon adalah pilihan sehat yang dapat menambahkan lebih banyak kalsium ke dalam makananmu.

 

Soda Diet

Sebagian besar orang mengira bahwa soda diet mungkin tidak mengandung gula apa pun, padahal soda diet masih bisa mengacaukan biokimia dalam tubuh. Namun, anggapan ini ternyata salah. Studi terbaru mengungkapkan, pemanis buatan dalam soda diet dapat memengaruhi produksi protein penting dalam usus yang melindungi dari obesitas serta diabetes.

Untuk pilihan minuman yang menyegarkan, bisa diganti dengan teh, yang penuh dengan senyawa sehat jantung yang membantu melawan peradangan dan kerusakan sel. Teh hitam dan hijau dikaitkan dengan penurunan risiko serangan jantung dan stroke.

 

Granola Bar

Credit Image - kompas.com

Meskipun terdengar sehat, sebagian besar granola bar ternyata mengandung lebih dari sekadar gandum, kacang-kacangan, dan buah-buahan, yaitu pemanis buatan dan bahan kontraproduktif lainnya, seperti minyak kelapa sawit.

Kalau kamu ingin ngemil, kacang bisa dijadikan sebagai pilihan. Selain itu, oatmeal dengan buah kering atau buah segar sebagai pemanis alami juga bisa dijadikan alternatif cemilan pilihan.

 

Langkah Pencegahan Penyakit Jantung Lainnya

Selain membatasi asupan makanan di atas, ada berbagai cara lain yang perlu dilakukan untuk menghindari risiko penyakit jantung di kemudian hari. Berikut langkah-langkahnya.

  • Rutin olahraga setidaknya 150 menit aerobik intensitas sedang atau 75 menit latihan aerobik intensitas tinggi per minggu.
  • Mampu mengelola stres dengan baik.
  • Tidak merokok atau segera berhenti merokok.
  • Memperbanyak asupan sayuran, buah-buahan, biji-bijian utuh, legum, dan ikan berlemak.
  • Menjaga berat badan tetap dalam kisaran sehat.

Dan, untuk menjaga kesehatan jantung, kamu juga dianjurkan rutin mendapat asupan vitamin B kompleks, lebih tepatnya vitamin B1 dan B2 yang memegang peran besar dalam mencegah timbulnya penyakit gagal jantung.

Vitamin B1 – atau dikenal juga sebagai tiamin bekerja dengan membantu produksi neurotransmitter aseltilkolin. Neurotransmitter adalah senyawa kimia yang menyampaikan sinyal pada sistem saraf. Pada persarafan jantung, asetilkolin menyampaikan sinyal antara saraf- saraf dan otot jantung agar jantung selalu berfungsi dengan baik.

Kekurangan asupan vitamin B kompleks ini berpengaruh untuk kesehatan jantung. Detak jantung menjadi tidak teratur sehingga lama kelamaan dapat mengganggu fungsi jantung dan membahayakan kesehatan.

Selain itu, kekurangan vitamin B1 juga dapat menyebabkan penyakit beri- beri. Dampaknya adalah pembesaran jantung, penumpukan cairan pada kaki, peningkatan tekanan pembuluh vena, kerusakan saraf, serta gagal jantung.

Kemudian, vitamin B2 juga berperan penting untuk menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan risiko tekanan darah tinggi.

Meskipun kasus kekurangan vitamin B2 terbilang jarang, dampaknya dapat mempengaruhi berbagai sistem tubuhmu. Gejala akibat kekurangan vitamin ini adalah gangguan kulit, hiperemia – atau kelebihan darah, penumpukan cairan pada mulut dan kerongkongan, masalah sistem reproduksi, serta gangguan pada hati dan sistem saraf.

Untuk mendapatkan asupan vitamin B kompleks, termasuk vitamin B1 dan B2, kamu direkomendasikan rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi tersebut – dan rajin minum multivitamin Enervon Active.

Enervon Active memiliki kandungan lengkap, seperti non-acidic Vitamin C 500 gram, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kombinasi kandungan vitamin C dan zinc akan membantu menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak gampang sakit. Kandungan non-acidic vitamin C di dalam Enervon Active juga aman dikonsumsi kamu yang punya masalah perut sensitif – jadi, tak perlu takut lambung menjadi nyeri, ya!

Selain itu, kandungan vitamin B kompleksnya akan mengoptimalkan proses metabolisme untuk mengubah makanan menjadi energi yang lebih tahan lama, sehingga kamu gak gampang lelah ketika beraktivitas. Dan tentunya, kandungan vitamin B ini dapat membantu menjaga kesehatan jantungmu.

Untuk mendapatkan produk Enervon, kamu bisa segera kunjungi e-commerce di Tokopedia, ya!

 

Jadi, itulah deretan makanan yang ternyata dapat memicu penyakit jantung. Ada baiknya kamu membatasi asupan makanan di atas, ya!

 

 

Featured Image – goodrx.com

Source – cnbcindonesia.com