Untuk menunjang kualitas tidur, ada beberapa kebiasaan baik yang dapat kamu lakukan, lho. Apa saja sih?

Yap, ada berbagai kebiasaan yang dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Hal ini penting dilakukan jika kamu seringkali merasa lelah, lesu, dan pusing ketika bangun. Jika mengalaminya, segera tinjau kembali rutinitas tidurmu, ya!

Karena, beberapa indikasi tersebut merupakan tanda tidurmu kurang berkualitas, lho. Padahal, tidur malam yang baik menjadi bagian dari pola hidup sehat yang akan menunjang kesehatanmu di kemudian hari.

Nah, berikut ini kebiasaan baik yang patut dilakukan sebelum tidur. Yuk, simak ulasannya sampai habis, ya!

 

 

1. Mandi Air Hangat Sebelum Tidur

Credit Image - klikdokter.com

Buat kamu yang sering mengalami insomnia atau susah tidur, cobalah mandi dengan air hangat sebelum tidur.

Menurut para ilmuwan, suhu tubuh ternyata sangat berpengaruh terhadap kualitas tidur. Mandi air hangat memiliki efek powering down yang membuat otot-otot di seluruh tubuh jadi rileks dan membuat kamu merasa tenang dan nyaman. Jadi, kamu pun bisa lebih mudah tertidur. 

 

2. Matikan Gadget

Cahaya yang terpancar dari gadget bisa mengurangi jumlah melatonin, yaitu hormon dalam tubuh yang berfungsi untuk membuat kamu mudah tertidur.

Bermain gadget juga bisa menyebabkan kecanduan yang justru bikin kamu malah semakin sulit untuk tidur. Jadi, sebaiknya matikan gadget minimal satu jam sebelum waktu tidur, supaya  kamu dapat mudah tertidur nyenyak dan terhindar dari insomnia. 

 

3. Menulis atau Membaca Buku

Credit Image - thesleepdoctor.com

Buat kamu yang senang menulis, kegiatan ini bisa menjadi solusi jika kamu sedang tidak bisa tidur. Sebab, penelitian menunjukkan bahwa menulis sesuatu yang menjadi beban pikiran bisa bantu mengeluarkan dan membersihkan pikiran.

Jadi, kamu bisa lebih mudah tertidur. Selain itu, menulis jurnal juga dapat meningkatkan kemampuan otak. Bahkan kegiatan ini direkomendasikan oleh para ahli sebagai salah satu cara untuk membantu kamu tertidur.

Selain menulis, kamu juga bisa membaca buku sebelum tidur, lho. Alih-alih bermain gadget, membaca buku adalah salah satu alternatif kegiatan yang baik sebelum beristirahat. Membaca buku dapat membantu pikiran rileks sehingga membuat memunculkan rasa kantuk dengan sendirinya.

 

4. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Pakaian yang kamu kenakan ternyata berpengaruh terhadap kualitas tidur, lho. Menggunakan pakaian tidur yang longgar, bersih dan lembut membuat tidurmu jadi lebih pulas dan nyenyak. Buat para wanita, kamu juga disarankan untuk tidur tanpa bra agar peredaran darah menjadi lebih lancar.

 

5. Lakukan Meditasi

Credit Image - terrycralle.com

Jika hari-hari kamu melelahkan dan bikin pikiran jadi stres, cobalah lakukan meditasi sebelum tidur. Kamu bisa memasang aromaterapi yang wanginya menenangkan, meredupkan lampu kamar, dan pejamkan mata selama beberapa saat agar pikiran menjadi lebih rileks.

Meditasi bukan hanya bermanfaat untuk menghilangkan stres dan sakit kepala, tapi juga efektif membantu kamu untuk bisa tidur dengan nyenyak.  

 

6. Minum Air Putih

Sudah diketahui bahwa air putih punya banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah menjaga kelembapan kulit saat kita tertidur. Minumlah minimal satu gelas air bersuhu normal, bukan air dingin, beberapa jam sebelum tidur, agar tubuh tetap terhidrasi.

 

7. Hindari Tidur dalam Kondisi Lapar atau Kekenyangan

Credit Image - harapanrakyat.com

Setiap malam hindarilah tidur dalam keadaan lapar atau kekenyangan. Sebab, keduanya sama-sama dapat menimbulkan ketidaknyamanan yang berpotensi membuatmu sering terjaga. Maka dari itu, pastikan untuk mengonsumsi makan malam beberapa jam sebelum kamu beranjak ke tempat tidur untuk beristirahat. 

Mencukupi asupan nutrisi sebelum tidur memang penting, karena hal ini juga mendukung kualitas tidurmu, lho. Misalnya, perbanyak asupan makanan vitamin C, vitamin B kompleks, maupun zinc yang dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Dikutip dari sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2014 dalam Jurnal PLOS One menunjukkan bahwa seseorang dengan kadar vitamin C rendah dalam tubuhnya, punya kecenderungan alami masalah sulit tidur. Jadi, bisa disimpulkan bahwa kekurangan vitamin C berkaitan erat dengan insomnia.

Kemudian, ada pula vitamin B6 yang dapat membantu mengurangi stres yang kamu rasakan dengan membuat saraf-saraf tubuh lebih rileks. Artinya, rutin mengonsumsi asupan vitamin B6, maka kualitas tidur kamu pun bisa semakin baik.

Dan, mencukupi kebutuhan zinc juga menjadi cara mengatasi insomnia yang ampuh, lho. Diketahui, zinc iperlukan tubuh untuk memproduksi hemoglobin dan membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh.

Ketika kamu merasa gampang lelah, ini tandanya tubuh kekurangan oksigen. Untuk itu, memenuhi kebutuhan zinc, baik dari makanan maupun suplemen penting dilakukan ya. Jadi, tubuh tak mudah lemas – dan masalah susah tidur pun bisa teratasi!

Untuk mencukupi vitamin B kompleks, vitamin C, dan zinc, kamu direkomendasikan mengonsumsi multivitamin Enervon Active, nih.

Enervon Active memiliki kandungan lengkap, seperti non-acidic Vitamin C 500 gram, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kombinasi kandungan vitamin C dan zinc akan membantu menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak gampang sakit. Kandungan non-acidic vitamin C di dalam Enervon Active juga aman dikonsumsi kamu yang punya masalah perut sensitif – jadi, tak perlu takut lambung menjadi nyeri, ya!

Selain itu, kandungan vitamin B kompleksnya akan mengoptimalkan proses metabolisme untuk mengubah makanan menjadi energi yang lebih tahan lama, sehingga kamu gak gampang lelah ketika beraktivitas.

Dan deretan kandungan vitamin serta mineral tersebut dapat membantu mengatasi susah tidur – sekaligus berperan penting menjaga kesehatan tubuh.

Untuk mendapatkan produk Enervon, kamu bisa segera kunjungi e-commerce di Tokopedia, ya!

 

Jadi, lakukan hal di atas agar kamu bisa mendapat tidur yang lebih berkualitas. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – food.detik.com

Source – halodoc.com