Biar makin bersaing di dunia kerja, skill ini wajib untuk kamu kuasai, lho!

Siapa sih yang tidak ingin jenjang karirnya terus meningkat? Sepertinya, ini menjadi keinginan hampir semua pekerja, ya. Untuk mewujudkannya, kamu perlu terus mengasah skill, sehingga hasil pekerjaanmu semakin maksimal.

Kalau hasil kerja sudah baik, tentunya meraih jenjang karir cemerlang bukan sekedar impian, kan?

Dalam bidang pekerjaan, hard skill menjadi keahlian yang wajib diasah seiring berjalannya waktu. Keahlian tersebut menyangkut penguasaan ilmu pengetahuan, keterampilan teknis, dan teknologi yang berhubungan dengan bidang ilmu tertentu.

Nah, di zaman modern ini, ada beberapa hard skill yang sebaiknya terus diasah sehingga kamu bisa mendapatkan cuan lebih besar – dan jenjang karir yang bersinar. Apa saja? Simak informasinya di bawah ini, yuk!

 

 

Menulis

Credit Image - learnenglish.britishcouncil.org

Dapat dikatakan bahwa menulis merupakan kemampuan dasar yang dimiliki manusia. Setelah berhasil melewati dua belas tahun pendidikan formal, keahlian yang satu ini pasti sudah sangat kamu kuasai.

Tahukah kamu bahwa ternyata menulis jika dipelajari lebih dalam lagi dapat menghasilkan uang? Kamu dapat menulis untuk artikel, copywritingscript video, naskah drama, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah, bagi kamu para penulis pemula yang bingung dari mana memulainya, kamu dapat mencoba menjadi penulis freelance atau mengikuti komunitas menulis, lho!

 

Media Sosial

Di zaman sekarang di mana teknologi sudah berkembang sangat canggih, siapa yang tidak tahu atau bahkan tidak menggunakan media sosial? Bahkan satu orang saja bisa memiliki beberapa akun media sosial yang digunakan untuk membagikan kehidupan pribadi dan yang berkaitan dengan pekerjaan, nih!

Ya, saat ini media sosial tidak hanya sebagai media hiburan semata tapi juga digunakan sebagai ladang mencari uang. Profesi sebagai YouTuber, selebgram, atau TikToker pun menjadi impian para anak muda.

Untuk memulai karier di media sosial, kamu tak perlu effort yang besar. Kamu bisa mulai dengan membuat konten mengenai hal-hal yang kamu senangi dan kuasai. Yang terpenting kontenmu menghibur dan informatif.

 

Keahlian dalam Manajemen Data

Credit Image - inmarketing.id

Data merupakan aset penting bagi suatu perusahaan. Sebab, segala bentuk aktivitas operasional tak pernah lepas dari yang namanya mengolah data.

Karena banyaknya data yang harus diurus, perusahaan pun membutuhkan banyak karyawan yang memiliki keterampilan manajemen data termasuk juga mengolahnya. Keterampilan manajemen data yang harus dimiliki meliputi kemampuan memantau segala informasi, menganalisis data, perbaikan data, dan mengolah data untuk dilaporkan pada atasan.

 

Ilmu Komputer

Lagi-lagi berkaitan dengan teknologi. Yap, dengan perkembangan zaman yang semakin maju, saat ini, setiap pekerjaan tentu diselesaikan menggunakan alat elektronik, seperti PC, laptop, netbook, maupun notebook. Maka dari itu, penguasaan ilmu komputer sangatlah penting.

Kamu harus mahir dalam pengoperasian komputer yang paling dasar, seperti Microsoft Office, mengetik dengan cepat, rumus perhitungan di Ms. Excel, dan sebagainya. Setelah itu, asah lagi kemampuanmu mengoperasikan komputer ke level yang lebih tinggi lagi, mulai dari pemrograman komputer, hingga mendesain website.

 

Memasak

Credit Image - lsppariwisata.com

Memasak sering dikaitkan dengan keahlian yang wajib dimiliki oleh perempuan. Padahal keahlian memasak bisa dimiliki oleh siapa saja tanpa memandang gender. Sebagai buktinya, banyak chef ternama di dunia justru berjenis kelamin laki-laki, lho.

Keahlian memasak terlihat sederhana meskipun sebenarnya sedikit rumit. Namun, jika diasah dengan baik, keahlian memasak bisa menjadi sumber cuan yang menjanjikan. 

 

Terus Asah Skill-mu, Pastikan Tetap Fokus, Ya!

Meningkatkan berbagai keahlian, termasuk hard skill di atas memang penting dalam urusan pekerjaan. Nah, agar semakin maksimal dalam mengasah keahlian tersebut, pastikan kamu sudah menjaga fokus dengan maksimal, ya. Kalau sudah begini, tentunya kamu akan terlihat semakin profesional, kan?

Nah, biar keahlian ini bisa diasah dengan baik, pastikan kamu sudah menerapkan gaya hidup sehat biar energi tak gampang habis ketika beraktivitas, ya. Istirahat yang cukup, rutin berolahraga, dan mendapat asupan makanan bergizi kaya vitamin dan mineral – menjadi deretan hal yang tak boleh dilewatkan, lho.

Dan untuk melengkapi hidup aktif-mu, yuk, konsumsi multivitamin Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Deretan vitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh agar tak gampang terkena penyakit. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya juga bisa mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama.

Khawatir kandungan vitamin C dalam Enervon Active membuat lambung perih? Tenang, kandungan vitamin C-nya ramah untukmu pemilik perut sensitif. Jadi, tak perlu takut lagi!

Untuk mendapatkan produk Enervon Active, kamu bisa mendapatkannya dengan klik di sini, ya.

 

Jadi, itulah berbagai hard skill yang sebaiknya kamu asah untuk membantu jenjang karir, termasuk menghasilkan cuan lebih banyak. Yuk, kuasai keahlian tersebut dengan baik!

 

 

Featured Image – goodwillheartland.org

Source – idntimes.com