Bagi kamu yang baru akan memasuki dunia kerja atau yang sedang mencari lowongan pekerjaan, mungkin kamu pernah mengalami perasaan bingung dalam memilih jenis pekerjaan yang paling cocok untukmu.

Memang tidak semua orang bisa beruntung memperoleh jenis pekerjaan yang cocok dengan passion yang dimiliki. Banyak yang justru harus pindah kesana sini untuk menjalani suatu pekerjaan.

Nah, sebelum kamu menyesal memilih jenis pekerjaan yang ternyata membuatmu tidak nyaman, kamu harus cermat dalam memilihnya. Berikut ini 5 langkah yang bisa kamu lakukan untuk menemukan jenis pekerjaan yang tepat.

1. Buat rencana yang jelas

Credit: huffpost.com

Untuk mengetahui apakah jenis pekerjaan yang sedang kamu jalani atau yang akan kamu lamar merupakan pekerjaan yang cocok, maka kamu bisa menerkanya dari rencana- rencanamu.

Misalnya, kamu memiliki rencana dan tujuan dalam 1 – 2 tahun kedepan untuk memiliki sesuatu, jika rencana tersebut sulit diraih melalui karirmu saat ini, maka kemungkinan jenis pekerjaan kamu saat ini kurang sesuai.

2. Sadar terhadap potensi diri

Credit: merdeka.com

Orang yang sukses adalah mereka yang tahu dan menyadari potensi dirinya sendiri, kemudian menyalurkan potensinya itu pada jenis pekerjaan yang sesuai.

Jika jenis pekerjaan yang kamu jalani saat ini tidak berhasil menggunakan kemampuanmu, berarti ini pertanda pekerjaanmu kurang cocok. Kamu bisa pertimbangkan untuk mencari pekerjaan lain atau meminta atasanmu untuk dipindahkan ke  bagian yang sesuai.

3. Ikuti kata hatimu

Credit: idntimes.com

Jika saat ini kamu salah satu orang yang memiliki pekerjaan diluar cita- citamu, dan berpikir apakah kamu harus resign, maka buatlah keputusan yang didasarkan atas perasaanmu saat ini.

Jika kamu merasa puas dengan pekerjaanmu saat ini, itu artinya karirmu sudah cocok. Orang yang puas dan Bahagia dengan pekerjaan yang dijalani, akan lebih mudah berkembang dan sukses.

4. Analisa visi dan misi pekerjaanmu

Credit: penulispro.net

Tidak sedikit orang yang belum mengetahui apakah pekerjaan yang dijalani saat ini memang sesuai dengan dirinya atau tidak. Hal ini disebabkan karena mereka kurang menyadari apa yang sebenarnya diinginkan dari sebuah pekerjaan.

Oleh karena itu, Analisa visi dan misi pekerjaanmu. Tulislah hal- hal yang menjadi visi dan misi dalam bekerja. Misalnya, apa yang membuat pekerjaan menjadi suatu hal yang membahagiakanmu, atau kamu ingin memberi pengaruh apa untuk perusahaan.

5. Minta saran dan bantuan dari temanmu

Credit: boombastis.com

Jika kamu masih bingung dalam menentukan jenis pekerjaan yang cocok, kamu bisa meminta saran dan pendapat dari teman atau orang terdekatmu. Mereka biasanya memiliki gambaran tentang jenis pekerjaan yang cocok untukmu, karena mereka bisa melihat kepribadianmu secara utuh.

Atau kamu juga bisa meminta pertimbangan dari rekan kerja yang setidaknya sudah bersama kamu selama 6 bulan. Tanyakan padanya apakah bidang pekerjaan ini sudah tepat atau belum.

 

Featured Image - idntimes.com