Saat ini beberapa maskapai penerbangan sudah menerapkan kebijakan bagasi berbayar pada penerbangannya. Hal ini tentu membuat penumpang berpikir dua kali untuk membawa banyak bawaan.

Kalau kamu hobi travelling dengan membawa banyak barang, kebijakan ini tentu saja membuatmu bingung. Tapi jangan khawatir! Kamu tetap bisa travelling dengan nyaman dengan hanya memakai satu tas ransel saja. Bagaimana caranya? Ikuti trik berikut ini!

1. Pakai pakaian yang berat saat berangkat dan pulang

Credit: bandelettes.com

Pakaian yang berat seperti celana jeans atau jaket sebaiknya tidak ditaruh di ransel karena dapat menambah beban barang bawaan. Usahakan untuk memakai pakaian yang berat saat berangkat dan pulang. Dengan begitu, barang- barang ini tidak akan memakan tempat di ransel dan bawaanmu juga akan jadi lebih ringan.

2. Pakai Teknik packing yang tepat

Credit: life.108jakarta.com/

Karena ransel memiliki ruang yang terbatas, maka kamu juga harus memiliki Teknik packing yang tepat. Daripada dilipat, lebih baik kamu menggulung pakaianmu sebelum dimasukkan ke ransel. Menggulung pakaian lebih hemat tempat daripada melipatnya. Dan jika kamu membawa sepatu lebih dari satu, pakailah sepatu yang lebih berat saat pergi dan pulang.

3. Bawa pakaian secukupnya saja

Credit: kumparan.com

Karena tujuanmu adalah untuk travelling, maka hindari membawa pakaian yang berlebihan. Bawalah pakaian secukupnya. Jika kamu merencanakan perjalanan dalam waktu lama, kamu bisa mencuci sendiri pakaianmu atau memakai jasa laundry. Karena tidak mungkin kamu membawa baju untuk seminggu di dalam ransel.

4. Bawa keperluan mandi dalam ukuran kecil

Credit: couponing101.com

Untuk keperluan mandi atau toiletries, seperti sabun, sampo, pasta gigi, dan lain sebagainya, sebaiknya bawa semua perlengkapan tersebut dalam ukuran botol kecil atau travel size. Dengan begitu kamu bisa menghemat ruang di dalam ranselmu.

5. Hindari membeli oleh- oleh secara berlebihan

Credtit: travelmoney.co.nz

Setiap kali pulang dari liburan, biasanya oleh- oleh menjadi satu hal yang pasti kamu beli untuk teman dan keluarga di rumah. Hal ini memang tidak dilarang, tapi usahakan untuk tidak berlebihan dalam membelinya.

Kalau kamu tetap ingin membeli oleh- oleh dalam jumlah banyak, kamu bisa mengirim barang tersebut melalui ekspedisi. Biayanya pun biasanya jauh lebih murah, daripada kamu harus membayar biaya bagasi pesawat.

 

Itu dia 5 trik membawa barang saat liburan hanya dengan menggunakan ransel saja. Mudah bukan? Silahkan dicoba ya!

 

Featured Image - adventureinyou.com