Saat ini, banyak sekali ibu yang harus berhadapan dengan dua pilihan yang sulit. Antara tetap bekerja di kantor untuk membantu memenuhi kebutuhan rumah tangga dan mau tidak mau harus melepas momen penting bersama buah hati, atau menjadi full time mom dan kehilangan sumber penghasilan.

Dilemma semacam ini sebenarnya bisa diatasi, karena menjadi full time mom  bukan berarti kamu tidak bisa mencari penghasilan tambahan. Karena sekarang sudah ada internet yang memungkinkan kamu bekerja via online dan tetap berada di rumah bersama si kecil.

Apa saja pekerjaan online yang cocok untuk ibu rumah tangga? Berikut ini contoh- contohnya.

1. Facebook page admin

Credit: interamericanetwork.com

Banyak perusahaan yang membuka page sebagai tempat komunikasi dengan konsumen mereka. Aktivitas ini terbilang pekerjaan online, jadi kamu bisa mendaftar sebagai admin atau pengelola page ini.

Kamu tidak perlu datang ke kantor, hanya dengan smartphone saja kamu sudah terkoneksi dengan aktivitas pengunjung di page tersebut.

2. Web admin

Credit: jawapos.com

Tidak semua pemilik blog atau website memiliki cukup waktu untuk mengelola blog yang mereka miliki. Biasanya, mereka sibuk mengerjakan konten dan kesulitan mencari waktu untuk sekedar membalas komen, melakukan walking blog, dan sebagainya.

Nah, disinilah kamu bisa mengambil alih tugas- tugas tersebut dan mengelola blog diluar pekerjaan menulis.

3. Content writer

Credit: studentloanhero.com

Pekerjaan yang satu ini pasti sudah banyak diketahui orang- orang. Karena, selain pekerjaan ini bisa dijadikan sebagai pekerjaan sampingan, kamu juga bisa mengatur berapa banyak tulisan yang mampu kamu selesaikan dan pada saat kapan kamu bisa mengerjakannya.

Buat kamu yang tertarik dengan pekerjaan online ini, kamu bisa mendaftar pada situs yang mengumpulkan penulis online. Nanti kamu tinggal menunggu jatah pekerjaan dari admin web tersebut, tanpa harus repot dengan promosi jasamu.

4. Akuntan online

Credit: moneydonut.co.uk

Bagi kamu ibu rumah tangga yang memiliki latar belakang Pendidikan akuntan dan pembukuan, kamu bisa menawarkan jasa akuntan freelance yang bekerja via online untuk mengelola pencatatan keuangan perusahaan, tanpa kamu harus rutin datang ke kantor.

5. Tutor online

Credit: goodtutorsfinder.com

Jika kamu mahir dalam mata pelajar tertentu, atau bahkan kamu menguasai bahasa tertentu. Kamu bisa menjadi tutor online. Ada banyak website yang menjadi naungan jasa semacam ini.

Kamu tinggal mendaftar sebagai pengajar, mengikuti tes penyaringan dan kamu bisa memilih di waktu apa saja kamu bisa memberikan tutoring.

6. Virtual assistant

Credit: a2hosting.com

Ada banyak orang yang membutuhkan bantuan sisten, tetapi tidak mau repot dengan urusan menyediakan ruang kerja dan sebagainya. Biasanya, mereka akan mencari virtual assistan dengan alasan lebih praktis.

Kamu bisa mengambil peluang ini. Cukup dengan mendaftar pada website yang menawarkan pekerjaan online ini dan kamu akan mendapat banyak informasi pekerjaan yang mungkin sesuai denganmu.

 

Nah, ternyata tidak sedikit ya pekerjaan online untuk ibu rumah tangga yang bisa kamu temukan. Bahkan, masih ada banyak lagi yang belum tercantum disini. Jadi, siapa bilang menjadi full time mom itu tidak bisa mendapat penghasilan? Silahkan mencoba ya!

 

Featured Image - engadget.com