Ngaku, siapa di sini yang masih susah banget untuk menabung? Yap, sepertinya kamu tidak sendirian, nih. Karena, hal ini kerap menjadi permasalahan berbagai kalangan. Pengeluaran yang besar merupakan penyebab utama kamu sulit buat menabung.

Nah, biar porsi gaji dapat dialokasikan lebih banyak untuk tabungan, sebaiknya kamu evaluasi kembali pengeluaran pribadi yang sebenarnya masih bisa dikurangi, ya. Jangan salah, keahlian mengelola keuangan penting dimiliki, sehingga financial goal lebih mudah dicapai.

Untuk yang masih struggle mengendalikan pengeluaran bulanan, ada berbagai trik yang bisa dilakukan agar kamu dapat menabung lebih banyak. Simak informasinya di bawah ini, yuk!

 

 

1. Dana untuk Internet atau Kuota

Credit Image - voi.id

Data seluler atau Wi-Fi termasuk ke dalam salah satu pengeluaran yang bisa dikurangi tiap bulannya, lho. Gak percaya? Beberapa upaya yang bisa kamu lakukan untuk menghemat data seluler di antaranya adalah:

  • Aktifkan mode hemat seluler di beberapa aplikasi media sosial.
  • Nonaktifkan data seluler untuk aplikasi yang jarang dipakai maupun yang sering dipakai, agar bisa menahan diri untuk tidak memakainya terlalu boros.

Setelah pulang kerja, kamu bisa mencoba beberapa kegiatan lain agar tidak terlalu fokus bermain handphone dan akhirnya membuat penggunaan internet jadi membengkak, seperti olahraga, istirahat, baca buku, maupun melakukan kegiatan journaling yang baik untuk menjaga kesehatan mental.

 

2. Kurangi Ngopi dan Makan di Luar, Yuk!

Kopi kini sudah menjadi kebutuhan wajib bagi pekerja karena mampu mengusir rasa kantuk dan meningkatkan mood di kantor. Akan tetapi, harga kopi saat ini juga lumayan menguras kantong, terutama di kota-kota besar, ya.

Cara menyiasatinya adalah dengan membuat bekal kopi sendiri dari rumah. Meski rasanya mungkin berbeda dari coffee shop favoritmu, yang terpenting adalah khasiat kafein di dalamnya.

Saat ini, ada banyak tutorial membuat kopi ala coffee shop yang low budget. Jadi, cara ini patut dicoba lalu bandingkanlah dengan pengeluaran sebelumnya.

Hal yang sama juga berlaku pada kebiasaan makan di luar. Tentunya hal ini tak apa dilakukan sesekali, hitung-hitung sebagai self-reward. Namun, jika ingin menekan biaya hidup, ada alternatif lain yang bisa jadi pilihan. Salah satunya adalah membawa bekal makan dari rumah.

 

3. Entertainment Subscription pun Perlu Dikurangin

Credit Image - asiaone.com

Kamu berlangganan beberapa platform hiburan? Kalau begitu, budget yang satu ini juga bisa dikurangin, lho.

Coba dicek kembali, apakah ada langganan platform yang sebenarnya jarang kamu pakai. Jika ada, sebaiknya tunda dulu langganan bulan selanjutnya dan gunakan 1 platform saja. Bila perlu, kamu bisa memilih alternatif media hiburan gratis lainnya, seperti podcast, video YouTube, dan lain-lain.

Hal ini memang agak sulit dilakukan, apalagi ketika kiamu merasa FOMO akan keluaran film atau series terbaru. Nah, di sinilah kemampuan mengendalikan diri akan diuji, apakah kamu masih mau mementingkan rasa takut ketinggalan tersebut atau memprioritaskan financial goal-mu.

Perlu diingat, cara yang satu ini bukan berarti kamu boleh menikmati karya dari sumber bajakan atau ilegal, ya!

 

4. Budget untuk Fashion

Biaya untuk kebutuhan fashion seperti baju, celana, sepatu, dan tas baru. Walau ini termasuk ke dalam kebutuhan primer, tapi sering juga digunakan sekadar untuk memenuhi keinginan.

Kini, tren thrifting sudah menjadi hal lumrah terutama untuk kalangan muda. Ada banyak barang thrift atau bekas pakai yang masih sangat layak untuk digunakan. Selain menghemat uang, gaya hidup seperti ini juga berdampak baik untuk lingkungan karena dapat menekan laju fast fashion.

Seandainya mau membeli barang baru, mungkin kamu bisa memilih brand yang lebih murah atau mengurangi frekuensi beli.

 

5. Alat Makeup dan Skincare

Credit Image - dermstore.com

Pengeluaran lainnya yang bisa dikurangi adalah makeup dan skincare. 

Kondisi wajah setiap orang memang berbeda-beda dan pastinya memerlukan perawatan yang beda pula. Nah, apabila kondisi wajahmu tidak terlalu mengkhawatirkan, kamu tak perlu mengikuti hingga 10 skincare steps dan boleh fokus mengikuti langkah dasarnya saja.

Selain itu, dikutip dari Life Hack juga menyebutkan bahwa menjaga kesehatan kulit dapat dilakukan dengan memperhatikan nutrisi makanan yang dikonsumsi serta gaya hidup sehat.

Untuk makeup sendiri, perlu diingat bahwa produk terbaik bukan berarti harus yang mahal. Ada banyak pengganti merk high end yang mampu memberi hasil serupa pada wajah.

 

6. Biaya Gym Membership

Yang terakhir, kamu pun bisa nge-cut biasa gym membership, apalagi jika ada tambahan biaya untuk personal trainer.

Kamu mungkin ingin memiliki seseorang yang bisa diajak berkonsultasi sekaligus membantumu menghindari risiko cedera. Untuk awal-awal, keperluan tersebut sangatlah masuk akal. Tapi, apabila setelah beberapa waktu kamu merasa sudah mampu olahraga sendiri di rumah dan mengontrol pola makanmu dengan benar, pengeluaran yang satu ini bisa dikesampingkan dulu.

Ada banyak, lho, pilihan workout di rumah yang sangat praktis untuk dilakukan. Selain bisa menghemat, kamu juga tetap bisa jaga tubuh agar tetap fit!

 

Dukung Kegiatan Menabung, Pastikan Kondisi Tubuh Sudah Terjaga

Credit Image - nst.com.my

Agar kegiatan menabung semakin maksimal – dan tentunya kamu tak mudah lemas dalam mengatur keuangan serta melakukan aktivitas harian, pastikan energi tubuhmu sudah terjaga dengan baik.

Boost energi tubuhmu dengan mendapat asupan vitamin dan mineral yang cukup dengan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active. Multivitamin andalanmu yang satu ini mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang berguna untuk menjaga stamina agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu agar tidah mudah terserang penyakit.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat bantu mengoptimalkan metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama. Yuk, tetap aktif bersama Enervon Active!

Untuk mendapatkan produk Enervon Active, segera klik di sini, ya.

 

Buat kamu yang masih suka boros, coba deh tengok sejumlah pengeluaran di atas, siapa tahu bisa dikurangi, lho. Yuk, hidup lebih hemat biar financial goals semakin mudah tercapai!

 

 

Featured Image – wiselivingmagazine.co.uk

Source – glints.com