Sudah bukan rahasia lagi kalau Indonesia terkenal dengan ragam wisata bahari yang tersebar dari Sabang dari Merauke. Keindahannya pun kerap memanjakan pengunjungnya, baik itu turis lokal maupun asing sekalipun.

Wisata satu ini merupakan seluruh kegiatan yang bersifat rekreasi. Aktivitasnya dilakukan pada media kelautan atau bahari dan meliputi daerah pantai, pulau-pulau di sekitarnya, serta kawasan lautan – baik itu permukaan, dalam, maupun dasarnya.

Tidak hanya lautan yang biru nan jernih saja, lho, hamparan pasir dengan beragam tekstur dan warna juga terhampar indah di beberapa pulau. Wah, sungguh memanjakan mata, kan?

Nah, untukmu yang berencana akan melakukan wisata bahari di Indonesia, berikut rekomendasi lokasi yang bisa dikunjungi. Simak informasinya sampai habis, yuk!

 

 

1. Kepulauan Derawan

Credit Image - travel.kompas.com

Wisata bahari yang satu ini terletak di Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Kepulauan ini pun memiliki beberapa pulau dengan keindahan alam yang sama-sama memukau seperti pulau Derawan, Pulau Kakaban, Maratua, dan Sangalaki.

Di pulau Derawan sendiri, bisa dikatakan sebagai salah satu surganya diving Kalimantan, lho. Banyak lokasi diving dan snorkeling yang bisa dilakukan. Di pulau Derawan ini kamu dan keluarga juga bisa melihat lokasi konservasi penyu hijau.

 

2. Kepulauan Wakatobi

Selanjutnya, ada Wakatobo yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Tenggara. Daerah ini memiliki daya tarik bahari yang tak perlu diragukan lagi keindahannya. Selain itu, destinasi wisata bahari di Indonesia juga menjadi nama kawasan taman nasional yang berada di kawasan yang sama.

Taman Nasional Wakatobi sendiri merupakan salah satu dari 50 taman nasional di Indonesia yang ditetapkan pada tahun 2002 dan memiliki luas sekitar 1,39 juta hektar.

Mengunjungi destinasi bahari di Indonesia ini, kamu bisa menemukan panorama keindahan alam bawah laut dan keanekaragaman hayati laut yang mencakup 25 gugusan terumbu karang, sekitar 93 jenis spesies ikan, beberapa jenis burung laut serta penyu.

Beberapa kegiatan favorit para wisatawan yang mengunjungi taman nasional ini adalah menyelam, snorkeling dan berenang melihat gugusan terumbu karang yang indah. Selain itu, kamu juga bisa melihat kebudayaan masyarakat setempat kala berkunjung ke destinasi yang satu ini, lho!

 

3. Pulau Nias dan Kepulauan Mentawai

Credit Image - portalwisata.co.id

Jika kamu kebetulan tengah mengunjungi Pulau Sumatera, jangan sampai kelewatan mengunjungi wisata bahari favorit di pulau tersebut, seperti Kepulauan Mentawai dan Pulau Nias. Kedua destinasi wisata di Indonesia tersebut terkenal dengan pemandangan pantai dan danau yang cantik.

Nah, tidak hanya memiliki pemandangan alam yang menakjubkan dan menjadi favorit wisatawan sebagai tempat berselancar, daerah tersebut juga punya daya tarik wisata budaya yang menarik, lho. Kamu pasti tertarik mengunjunginya, kan?

 

4. Kepulauan Padaido

Beranjak ke daerah Papua, terdapat pesona wisata bahari di Indonesia yang belum ramai pengunjung yang bisa menjadi referensi berlibur menjelajahi destinasi wisata baru yakni Kepulauan Padaido. Lokasi kepulauan ini berada di Biak, Papua.

Tak kalah dengan popular Raja Ampat, objek wisata yang satu ini memiliki kekayaan alam bawah laut yang sangat indah, cenderung belum tergarap dengan maksimal, dan cocok bagi kamu yang berjiwa petualang.

Untuk mencapai Kepulauan Padaido, kamu dapat menggunakan perahu bermotor dari Pelabuhan Titoti di Biak Timur. Dengan bantuan perahu motor dan panduan motoris, atau orang yang mengemudikan perahu motor, kamu bisa mencapai salah satu pulau yang kerap didatangi turis seperti Samberpasi.

Selain menikmati keindahan pantai dan biota bawah laut, kamu bisa melakukan kegiatan memancing atau melihat lumba-lumba bermigrasi saat berada di destinasi wisata Indonesia yang satu ini.

 

5. Taka Bonerate

Credit Image - cnnindonesia.com

Sulawesi Selatan juga punya surga tersembunyi yang siap membuat kamu menahan napas karena keindahannya, adalah Taka Bonerate, salah satu dari sekian banyak taman nasional yang dimiliki Indonesia dan terletak di kabupaten Selayar.

Seperti pada taman nasional lainnya, selain dapat menikmati keindahan lautan dengan air sebening kristal, destinasi wisata bahari di Indonesia ini menawarkan pengalaman langsung melihat cantiknya keanekaragaman hayati bawah laut mencakup terumbu karang dan hewan spesies langka seperti penyu hijau, penyu sisik, dan penyu belimbing Pasifik.

Taka Bonerate sendiri merupakan wilayah atol paling besar ketiga di dunia setelah Maladewa dan Kepulauan Marshall. Dengan kombinasi potensi cantiknya alam, keanekaragaman hayati serta tersedianya 50 titik menyelam, objek wisata ini menjadi favorit wisatawan pencinta kegiatan diving. Sayang, meski memiliki potensi wisata yang melimpah, daerah ini masih jarang pengunjung karena akses perjalanannya yang panjang.

Untuk mencapai Taman Nasional Taka Bonerate, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 10 jam dari kota Makassar. Jadi kalau kamu ingin mencapai tempat ini, sangat disarankan untuk mempersiapkan diri dan stamina sebelum menempuh perjalanan.

Selain itu, pilihlah hotel yang nyaman di Makassar agar tubuhmu terjaga kondisinya sebelum menempuh perjalanan menuju tempat ini.

 

Yuk, Jaga Energi Selama Liburan!

Wah, momen liburan sudah hampir tiba, lho. Untukmu yang ingin berekreasi ke wisata bahari, pastikan energi dan kesehatan tubuh sudah terjaga dengan baik, apalagi jika kamu akan melakukan banyak aktivitas yang menguras tenaga.

Pastikan kamu tetap mendapat waktu istirahat yang cukup – dan menjaga kekebalan tubuh dengan mengonsumsi multivitamin Enervon Active!

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Deretan vitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh agar tak gampang terkena penyakit. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya juga bisa mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama, sehingga kamu tak mudah lelah saat berkendara.

Untuk mendapatkan produk Enervon Active, kamu bisa mendapatkannya dengan klik di sini, ya.

 

Gimana? Apakah kamu tertarik mengunjungi destinasi wisata bahari di Indonesia tersebut?

 

 

Featured Image – travellink-indonesia.com

Source – traveloka.com