Sistem kekebalan tubuh memang memiliki peran yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Site mini akan bekerja melawan berbagai virus dan bakteri yang menyerang tubuhmu. Seperti yang diketahui, ada beberapa makanan yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun, ada pula makanan tidak sehat yang bisa menurunkan daya tahan tubuh.

Berikut ini tujuh makanan tidak sehat yang akan melemahkan sistem daya tahan tubuh, sehingga kamu pun jadi lebih mudah terserang penyakit.

1. Kopi

Credit: hipwee.com

Meski kafein memiliki banyak manfaat, tapi minuman ini tidak baik untuk sistem kekebalan tubuh. kopi dapat memicu naikknya gula darah, meningkatkan kolesterol, dan trigliserida, serta melemahkan sistem kekebalan tubuh.

2. Soda

Credit: topmedia.co.id

Orang yang lebih sering mengonsumsi soda daripada minuman sehat lainnya seperti susu rendah lemak dan jus buah bisa kekurangan vitamin A, kalsium, dan magnesium. Selain itu, soda mengandung asam fosfor yang dapat menguras kalsium dan magnesium. Padahal kedua nutrisi tersebut berfungsi untuk membantu beroperasinya sistem kekebalan tubuh manusia.

3. Makanan yang digoreng

Credit: goldenchick.com

Selain mengandung banyak lemak yang dapat meningkatkan kolesterol jahat, makanan yang digoreng juga dapat meningkatkan inflamasi sehingga sistem daya tahan tubuhmu pun akan menurun. Dan, makanan yang digoreng juga mengandung acrylamide, zat karsinogen yang bisa memicu kanker.

Menghindari makanan yang digoreng dapat membantu tubuh untuk membangun kekebalannya,  berapa pun umur manusia.

4. Daging merah

CreditL rare.us

Sebuah studi menyebutkan bahwa molekul gula unik ditemukan dalam daging sapi, domba, dan babi yang dapat memicu terjadinya inflamasi dalam tubuh manusia. Kemudian, hal ini akan menyebabkan tumbuhnya tumor dalam jangka panjang serta menurunkan sistem daya tahan tubuh.

5. Makanan olahan

Credit: newspostleader.co.uk

Jumlah kalori yang sangat banyak dalam makanan olahan serta makanan cepat saji akan mempengaruhi kesehatan, seperti meningkatnya inflamasi, menurunnya kendali infeksi, meningkatkan risiko kanker, dan meningkatkan risiko alergi.

6. Kacang- kacangan

Credit: sg.news.yahoo.com

Dalam jumlah yang sesuai, kacang- kacangan memang baik untuk tubuh. Tetapi jika berada di tempat pesta, sebaiknya hindari makan kacang. Tanganmu mungkin sudah bersih dan higienis, namun belum tentu tangan orang lain.

Selain itu, ada beberapa orang yang memiliki kebiasaan untuk menjilati tangan setelah makan kacang dan kemudian mengambil lagi. Hal ini tentu saja dapat menyebarkan berbagai macam kuman dan penyakit.

7. Alkohol

Credit: isagenixhealth.net

Meskipun kamu terhitung jarang meminum minuman beralkohol, tapi hal ini ternyata dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuhmu. Hanya dalam waktu 20 menit sejak mengonsumsi alkohol, sistem kekebalan tubuhmu pun mulai terpengaruh dan menurun.

 

Nah itu dia 7 makanan dan minuman tidak sehat yang dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Jadi, ada baiknya hindari atau kurangi konsumsi makanan atau minuman yang sudah disebutkan di atas ya! Selain itu, untuk menjaga daya tahan tubuhmu, konsumsi secara rutin vitamin C dari Enervon yang aman bagi tubuh dan tidak menimbulkan efek samping.

 

Featured Image - dailymail.co.uk