Masih sering gampang lelah? Kalau begitu, kamu harus menyimak cara meningkatkan stamina di bawah ini, ya!

Seperti diketahui, energi dan stamina dapat membantu mendukung kesehatan fisik dan mental – sekaligus berperan dalam menjaga produktivitas, lho. Orang dengan stamina yang maksimal lebih mampu beraktivitas.

Selain dapat membuatmu lebih produktif ketika berkegiatan, stamina yang baik akan membuatmu tidak mudah lelah dan stres, nih!

Nah, untuk kamu yang masih suka mudah lemas dan lelah ketika melakukan aktivitas sehari-hari, maka ada berbagai cara meningkatkan stamina yang wajib kamu ketahui – lalu, diterapkan. Penasaran, apa saja?

Simak informasinya di bawah ini.

 

 

1. Olahraga Secara Rutin

Credit Image - klikdokter.com

Cara meningkatkan stamina yang pertama, yaitu dengan rutin berolahraga setidaknya 150 menit setiap minggu. Namun, jika kamu termasuk orang yang jarang olahraga, mulailah dengan olahraga ringan seperti jalan santai, tapi lakukan secara konsisten. Bila sudah terbiasa, kamu dapat meningkatkan intensitasnya.

Ini perlu dilakukan karena penambahan intensitas olahraga secara berkala juga dapat memperkuat stamina tubuh. Pilihan olahraga yang bisa meningkatkan stamina juga ada banyak, mulai dari joging, bersepeda, hingga angkat beban.

 

2. Mendengarkan Musik yang Bikin Hidup Makin Asik

Selama olahraga, kamu pun bisa sambil mendengarkan musik. Hal ini bisa meningkatkan suasana hati sekaligus mengalihkan perhatianmu dari rasa lelah. Dengan begitu, olahraga dapat jadi lebih maksimal sehingga stamina menjadi lebih kuat, lho.

Selain itu, sudah pasti mendengarkan musik bisa membuat segala aktivitas semakin asik, kan?

 

3. Mengonsumsi Makanan Penambah Stamina

Credit Image - bonappetit.com

Mengonsumsi makanan tertentu juga menjadi salah satu cara meningkatkan stamina yang jitu, lho. Ada pun pilihan makanan yang dapat meningkatkan stamina ada beragam, seperti oatmeal, telur, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan.

Meski begitu, kamu tetap dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bergizi lain agar kebutuhan nutrisi harian bisa terpenuhi dengan baik, ya.

 

4. Melakukan Meditasi

Selanjutnya, ada pula meditasi yang juga menjadi salah satu cara meningkatkan ketahanan fisik dan mental. Dari sekian banyak jenisnya, salah satu jenis meditasi yang paling umum adalah yoga – dan saat ini, aktivitas fisik tersebut makin digandrungi banyak kalangan, lho.

Studi menunjukkan bahwa seseorang yang melakukan yoga selama 6 minggu, cenderung tidak mudah lelah dan stres. Artinya, kegiatan tersebut bisa memberikan efek yang baik terhadap stamina tubuh.

Selain itu, kamu juga bisa, kok, melakukan latihan pernapasan. Misalnya, mencoba praktik breath of fire – yang mirip dengan yoga. Caranya, rentangkan tangan di atas kepala dengan mulut tertutup. Tarik napas melalui hidung saat pusar bergerak ke luar, lalu buang napas melalui hidung saat pusar mengarah ke dalam.

Lakukan secara berulang-ulang dengan cepat. Usahakan tubuh tetap diam kecuali bagian pusar yang ikut bergerak maju mundur saat bernapas. Peneliti percaya kegiatan tersebut dapat melatih otot-otot pernapasan dan meningkatkan energi.

 

5. Minum Air Putih yang Cukup

Credit Image - nrdc.org

Cara meningkatkan stamina lainnya yang tak kalah penting untuk dilakukan, yaitu mencukupi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya. Tentu, langkah ini tidak hanya sekedar mencegah dehidrasi saja. Jadi, jangan lupa untuk membiasakan diri minum air putih minimal 8 gelas atau 2 liter sehari agar stamina tetap terjaga.

 

6. Mendapatkan Waktu Tidur Berkualitas

Pastikan waktu tidur kamu sudah tercukupi dengan baik. Tidur yang cukup juga berperan terhadap peningkatan stamina karena tidak hanya membuat tubuh menjadi lebih berenergi, tapi juga dapat meningkatkan suasana hati.

 

7. Konsumsi Vitamin dan Mineral untuk Menguatkan Stamina Tubuh

Credit Image - medicalnewstoday.com

Nah, selain menerapkan tips di atas, cara meningkatkan stamina tubuh ini juga tak boleh kelewatan, lho. Kamu dianjurkan mengonsumsi multivitamin, apalagi yang memiliki kandungan vitamin B kompleks, lho. Jenis nutrisi satu ini membantu proses metabolisme – yang berperan membentuk energi serta meningkatkan suasana hati.

Lantas, apa multivitamin yang direkomendasikan?

Konsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active. Multivitamin andalanmu yang satu ini mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang berguna untuk menjaga stamina agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu agar tidah mudah terserang penyakit.

Tak perlu khawatir, kandungan vitamin C-nya pun aman di lambung sensitif, lho!

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama. Mulai sekarang, yuk jadi pribadi yang aktif dengan Enervon Active!

Tunggu apa lagi? Segera konsumsi produk multivitamin andalan kaum aktif yang satu ini, yuk! Kamu bisa mendapatkannya di official store-nya di Tokopedia, ya.

 

Untuk kamu yang masih sering gampang lelah dan lemas, yuk, coba lakukan cara meningkatkan stamina di atas agar aktivitas harian tak terganggu. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – emedihealth.com

Source – alodokter.com