Bukan rahasia lagi kalau nutrisi merupakan faktor penentu yang cukup signifikan untuk meningkatkan proteksi tubuh. Jika nutrisi sudah tercukupi dengan baik, maka sistem kekebalan pun bisa bekerja secara maksimal, begitu pula organ tubuh lainnya.

Perlu kamu ketahui bahwa nutrisi memiliki beragam macam – dan setiap jenisnya pun memiliki fungsi yang berbeda-beda. Semua jenis nutrisi penting untuk kesehatan, kok. Tapi setidaknya ada 5 jenis asupan yang lebih penting, karena memiliki fungsi yang sangat vital untuk tubuh. Apa saja? Berikut informasi lengkapnya!

 

 

1. Zat Besi

Credit Image - kompas.com

Zat besi merupakan jenis mineral. Meskipun zat besi tersedia secara luas di dalam berbagai macam makanan, tetapi beberapa orang masih belum juga mencukupi jumlah harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Padahal zat besi mempunyai fungsi yang vital dan penting untuk tubuh.

Melansir EatRight, zat besi memiliki fungsi sebagai pembentukan hemoglobin, yaitu protein pada sel darah merah yang membawa oksigen dari paru-paru untuk diedarkan ke seluruh tubuh. Selain itu, mineral satu ini juga dibutuhkan untuk kofaktor enzim, fungsi otak dan otot serta memperkuat sistem imunitas tubuh.

 

2. Vitamin C

Jenis nutrisi yang satu ini memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh, mulai dari mengoptimalkan fungsi sel darah putih untuk melawan infeksi, menangkal efek radikal bebas, menjaga kesehatan kulit, hingga mempercepat proses penyembuhan luka.

Kombinasi manfaat tersebut menjadikan vitamin C sebagai salah satu jenis vitamin yang paling sering dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh. Bahkan, berbagai macam produk suplemen dengan kandungan vitamin C juga dapat dengan mudah ditemukan di pasaran.

Vitamin C dapat kamu peroleh dari buah-buahan, seperti jeruk, lemon, kiwi, stroberi, serta sayuran seperti brokoli dan bayam. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkannya dengan rutin mengonsumsi suplemen, ya.

 

3. Zinc

Credit Image - alodokter.com

Asupan mineral yang cukup juga dapat menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, sekaligus meningkatkan imun tubuh, lho. Dari sekian banyaknya mineral yang ada seng – alias zinc menjadi yang terpenting.

Tak hanya dapat meningkatkan kekebalan, namun zinc juga bisa membantu mengatasi hidung tersumbat dan sakit tenggorokan. Mineral yang satu ini bisa didapatkan dengan pada asupan nabati dan hewani. Pada asupan nabati seperti pada yogurt, buncis, dan kacang panggang. Sementara pada hewani, yaitu pada kerang, tiram, dan juga kepiting.

 

4. Mineral Kalium

Kalium merupakan mineral yang jenisnya adalah elektrolit. Mineral ini dibutuhkan oleh tubuh agar organ yang ada di dalam tubuh bisa bekerja dengan baik.

Dilansir MedlinePlus, mineral ini membantu saraf berfungsi dengan baik, membantu otot berkontraksi dan membantu detak jantung tetap stabil. Tidak hanya itu saja, mineral kalium juga membantu memindahkahkan nutrisi lainnya ke dalam sel dan berfungsi mengimbangi beberapa efek berbahaya dari mineral natrium pada tekanan darah.

 

5. Protein

Credit Image - lifestyle.okezone.com

Protein merupakan jenis nutrisi asam amino yang baik untuk menunjang kesehatan. Protein melakukan sebagian besar pekerjaannya di dalam sel dan jaringan. Melansir Healthline, protein memiliki fungsi untuk menumbuhkan sel, memelihara jaringan, serta pembawa pesan kimiawi yang membantu komunikasi antar sel, jaringan dan otak.

Selain itu, protein juga berfungsi sebagai sistem penyangga yang membantu tubuh mempertahankan nilai pH yang tepat dari darah dan cairan tubuh lainnya. Fungsi penting lainnya dari protein yaitu membentuk antibodi untuk melindungi tubuh dari bakteri dan virus. Beberapa protein juga mengangkut nutrisi ke seluruh tubuh, dan sebagai sumber energi.

 

6. Lemak

Lemak merupakan nutrisi yang diperoleh dari makanan untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Seiring bertambahnya usia, tubuh memerlukan asupan lemak secara teratur.

Melansir Harvard T.H. Chan School of Public Health, lemak membantu memberikan energi untuk tubuh. Lemak juga memiliki fungsi untuk melindungi seluruh organ yang ada di dalam tubuh, mendukung pertumbuhan sel, menjaga kolesterol dan tekanan darah agar terkendali, serta membantu tubuh menyerap jenis nutrisi lainnya. 

 

Cara Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Harian

Credit Image - medicalnewstoday.com

Kalau kamu sudah mengetahui berbagai nutrisi yang penting dipenuhi agar fungsi tubuh dapat bekerja maksimal, maka kamu perlu mengonsumsi makanan sehat penuh gizi, sehingga kebutuhan nutrisi dapat tercukupi.

Selain dengan mengonsumsi makanan bergizi, kamu juga dianjurkan mengonsumsi multivitamin Enervon Active yang memiliki kandungan lengkap untuk memenuhi nutrisi yang dapat meningkatkan proteksi tubuh terhadap penyakit.

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kandungan vitamin C dan zinc di dalamnya dapat membantu menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit. Selain itu, kandungan vitamin B kompleksnya akan membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama, sehingga tak mudah lelah saat beraktivitas!

Tunggu apa lagi? Yuk, segera temani aktivitas harianmu dengan rutin mengonsumsi multivitamin andalan satu ini. Untuk mendapatkannya segera kunjungi official store Enervon, ya!

 

Jadi, itulah berbagai jenis nutrisi yang memiliki peranan vital dalam menjaga kesehatan. Pastikan kamu sudah mencukupi asupannya!

 

 

Featured Image – blog.myfitnesspal.com

Source – idntimes.com