Ingin karir berkembang dengan cepat? Kalau begitu, jangan lupakan keahlian untuk mengatur waktu – alias time management, ya!

Mengatur waktu dengan baik harus dilakukan setiap pekerja. Hal ini dapat membawa dampak yang baik, termasuk dalam menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Time management juga perlu dikembangkan dan bisa diimprovisasi, bukan sekedar hal yang harus diikuti terus menerus.

Agar time management semakin efektif, ada trik pendukung yang perlu kamu terapkan. Apa saja? Simak informasinya di bawah ini, yuk!

 

 

1. Kuasai Dulu Manajemen Stres

Credit Image - rendia.com

Ingin manajemen waktu semakin efektif? Kalau begitu, kamu juga harus pintar dalam mengelola stres. Seperti diketahui, tekanan pasti akan selalu muncul dalam pekerjaan. Akan tetapi, tekanan tersebut dapat menjadi motivasi untuk bertindak dan juga menyelesaikan pekerjaan.

Namun, jangan sampai tekanan berubah menjadi stres, karena pekerja akan sulit untuk berpikir jernih dan mengerjakan tugas. Stres akan memengaruhi performa kerja dan tentunya manajemen waktu yang telah kamu susun.

Meski begitu, stres sendiri memiliki dampak yang berbeda pada setiap orang, ya.

 

2. Mulai untuk Questioning dan Challenging

Tips untuk mengefektifkan manajemen waktu selanjutnya adalah dengan menaikkan standar kerjamu. Salah satu cara untuk menaikkan standar kerja adalah dengan menguasai skill ‘questioning and challenging’.

Ketika kamu diberikan sebuah pekerjaan, kamu harus menanyakan dengan jelas segala detail tentang pekerjaan tersebut. Nah, alih-alih mempertanyakan banyak hal di tengah pekerjaan – dan waktu kerja jadi berkurang, alangkah baiknya kamu meluangkan waktu di awal untuk mencari tahu detailnya.

Jika kamu memiliki keberatan tentang pekerjaan tersebut, kamu juga harus mengungkapkannya di awal.

 

3. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Credit Image - entrepreneur.com

Setiap pekerjaan akan mengharuskan kamu untuk berinteraksi dengan banyak orang. Hal tersebut bahkan akan memengaruhi jadwal kerja dan produktivitasmu. Untuk itu, meningkatkan kemampuan berkomunikasi adalah tips manajemen waktu lainnya yang perlu kamu lakukan.

Kemampuan komunikasi yang baik akan membantumu jalin relasi yang baik dengan orang-orang yang bekerja sama denganmu. Jadi, jika sudah terbangun relasi yang baik, maka setiap hal akan lebih nyaman untuk dibicarakan.

Seperti jika terjadi kesalahan pada pekerjaan, dengan komunikasi, kamu dapat dengan cepat dan tepat menjelaskan hal yang harus disesuaikan. Kamu juga akan dengan mudah membuat orang-orang mengerti standar kerja yang kamu inginkan.

 

4. Jangan Lupa untuk Membuat Perencanaan!

Agar manajemen waktumu berjalan dengan lebih baik, tips berikutnya adalah membuat perencanaan jadwal yang jitu. Tapi, kenapa sih perencaan sangat penting agar time management lebih efektif?

Perencanaan akan mempermudah kamu menentukan tugas apa yang harus lebih dulu dikerjakan. Dengan adanya perencanaan juga kamu jadi tahu apa yang harus dikerjakan berikutnya, tanpa buang-buang waktu menentukannya.

Sebuah perencanaan mungkin tidak akan selalu berjalan dengan lancar. Maka dari itu, selalu siapkan rencana cadangan, ya!

 

5. Berani Mengambil Keputusan

Credit Image - ekrut.com

Untuk sebagian orang, memutuskan sesuatu mungkin saja bukan hal yang mudah. Jika kamu tidak pernah belajar untuk mengambil keputusan, kamu akan banyak membuang waktu untuk terus berpikir dan menimbang-nimbang berbagai hal.

Maka dari itu, meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan menjadi tips manajemen waktu yang harus kamu lakukan.

Mulailah belajar untuk mengambil keputusan dengan bijak dan berani untuk mengambil risiko. Sebab, sesungguhnya risiko yang kamu dapat dari sebuah keputusan akan membuat dirimu semakin berkembang, lho!

 

6. Menyusun Skala Prioritas

Menyusun skala prioritas berarti menentukan hal apa saja yang harus kamu lakukan dan menghindari yang seharusnya tidak dilakukan. Dikutip dari Indeed, skala prioritas adalah salah satu kunci dalam meningkatkan manajemen waktu.

Skala prioritas dapat memudahkanmu dalam membuat perencanaan dan juga mengasah kemampuanmu untuk fokus. Kemampuan pengambilan keputusan juga tentunya berpengaruh dalam menyusun skala prioritas.

 

7. Pastikan Tetap Fokus

Credit Image - tameday.com

Dikutip dari Glints, tips lainnya untuk membuat time management menjadi lebih efektif, yaitu dengan menjaga kefokusan. Nah, apabila kamu punya banyak tugas dan deadline yang harus dipenuhi, maka kamu harus bisa menentukan prioritas dan fokus pada satu pekerjaan.

Mulailah belajar untuk fokus dalam mengerjakan sebuah tugas, buang sementara pikiran-pikiran lain yang dapat menghambat kamu ketika mengerjakan tugas. Dengan fokus menyelesaikan satu tugas sebelum beralih ke tugas selanjutnya, tentunya kamu akan mendapati manajemen waktu yang lebih efektif.

Untuk memaksimalkan konsentrasi, kamu juga perlu menjaga energi tubuh, lho. Kalau berenergik, pekerjaan pun akan lebih mudah untuk diselesaikan, ya?

Energi yang cukup bisa kamu peroleh dengan rutin mengonsumsi vitamin dan mineral setiap harinya. Hal ini punya kaitan erat dengan kandungan vitamin B kompleks yang berperan untuk membantu proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh pasokan energi yang cukup setiap harinya. Dengan begitu, tubuh tidak mudah lelah selama menjalani aktivitas.

Vitamin B kompleks dapat ditemukan dalam berbagai sumber makanan, seperti daging merah dan daging ayam, ikan, kerang, kacang-kacangan, telur, gandum, dan sayuran hijau. Untuk menu sarapan, kamu bisa memadukan oatmeal dengan potongan buah, atau sandwich roti gandum dengan telur, maupun isian selai kacang.

Sejumlah makanan kaya akan vitamin B kompleks tersebut memang dapat membantu membentuk energi untuk tubuh. Namun, kamu juga bisa memperoleh asupan vitamin B dengan mengonsumsi suplemen multivitamin, seperti Enervon Active.

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kandungan vitamin C dan zinc di dalamnya dapat membantu menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit. Selain itu, kandungan vitamin B kompleksnya akan membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama, sehingga tak mudah lelah saat beraktivitas!

Yuk, segera dapatkan multivitamin andalan satu ini dengan mengunjungi official store Enervon, ya.

 

Gimana? Sekarang kamu sudah tahu ya berbagai trik untuk membuat time management lebih efektif. Yuk, diterapkan mulai sekarang!

 

 

Featured Image – timeular.com

Source – glints.com