Tidak punya waktu berolahraga karena sibuk bekerja? Jangan jadikan hal ini sebagai alasan lagi untuk malas bergerak, ya. Karena, ada beberapa gerakan olahraga dari meja kerja yang bisa mulai kamu lakukan, lho.

Tapi yang perlu kamu ketahui, olahraga dari meja kerja ini sifatnya pemanasan dan olahraga ringan saja. Bukan untuk berkeringat, seperti olahraga pada umumnya. Dengan rutin melakukannya, kamu pun tak hanya diam di posisi yang sama seharian.

Apa saja gerakan olahraga di meja kerja tersebut? Yuk, simak informasinya di bawah ini!

 

 

1. Desk Push-up

Credit Image - runtastic.com

Sebelum melakukan gerakan olahraga apapun, kamu disarankan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu, ya. Misalnya, lakukan gerakan gerakan shoulder shrug atau mengangkat bahu dan membentuk lingkaran. Ulangi gerakan sebanyak 10 kali sebelum memutar bahu ke arah berlawanan.

Setelah pemanasan, kamu bisa melakukan gerakan-gerakan esensial dari meja kerja, pertama adalah desk push-up atau push-up dengan menggunakan meja kerja. Caranya adalah dengan menempatkan kedua tangan kamu di meja dengan bahu yang berjarak, lalu pastikan posisi kaki kamu sudah nyaman dengan jarak yang disesuaikan.

Sebenarnya desk push-up memiliki komposisi yang hampir sama dengan push-up pada umumnya, hanya saja dilakukan dengan meja kerja.

Kamu bisa melakukan ini dan diulang selama 20 kali lalu istirahat sejenak. 

 

2. Seated Pigeon

Gerakan olahraga di meja kerja selanjutnya yaitu seated pigeon, gerakan ini bisa kamu lakukan dengan kursi kerja.

Caranya tempatkan pergelangan kaki kiri ke paha kanan dengan posisi kaki tertekuk. Pastikan kamu duduk tegak lalu condongkan tubuh ke depan dan jaga punggung tetap lurus. Kamu akan merasakan peregangan di pinggul kiri saat gerakan ini sudah benar. Tahan beberapa detik, kemudian kembali duduk tegak.

Kamu bisa ulangi gerakan ini 10 kali dalam satu ronde, ya.

 

3. Chair Dips

Credit Image - steelsupplements.com

Sesuai namanya, gerakan ini juga masih memanfaatkan kursi.

Duduk di ujung kursi dengan kedua tangan berada di samping kanan dan kiri, kamu bisa berpegangan pada tepian kursi di kanan kiri. Mulai dengan menurunkan badan kamu perlahan ke arah depan, tetap libatkan dan rasakan otot-otot inti dan tahan selama 2-3 hitungan sembari menekuk siku.

Ulangi gerakan ini 10 kali untuk satu ronde, kamu akan merasakan efeknya yang besar setelah selesai. Tapi ingat, hindari melakukan gerakan satu ini kalau kamu menggunakan kursi yang beroda!

 

4. Seated Back Rotation

Gerakan microburst adalah jenis gerakan olahraga dari meja kerja yang bisa meningkatkan energi kamu.

Nah, salah satu gerakan microburst yang bisa dilakukan adalah berputar di kursi atau seated back rotation. 

Caranya dimulai dengan posisi duduk, majukan sedikit badanmu agar tidak menempel pada sandaran kursi dan pastikan kakimu menyentuh lantai serta tidak menggantung. Pastikan badanmu tegak, ya, lalu putar bahu kamu ke arah belakang dan pegang sandaran kursi, tarik sedikit lenganmu, dan tahan posisi ini selama 30 detik. Kemudian, lakukan gerakan dan langkah yang sama pada sisi satunya.

 

5. Standing Calf Raise

Credit Image - readers.com

Gerakan microburst yang satu ini juga masih memanfaatkan kursi kerja sebagai penyeimbang. Caranya cukup mudah, kamu bisa berdiri di belakang kursi kerja, kemudian pegang sandaran kursi dengan kedua tangan.

Setelah itu angkat ujung kaki atau berjinjit kemudian kembali lagi berdiri seperti biasa, ulangi gerakan tersebut beberapa kali. 

 

6. Tap and Reach

Gerakan selanjutnya yang bisa dilakukan dengan dari meja kerja adalah tap and reach. Caranya, duduk di kursi kemudian lebarkan kedua kaki kamu, angkat tangan kamu secara diagonal dan rentangkan kaki ke arah yang berlawanan. Lakukan juga untuk sisi sebaliknya. 

Gerakan ini sama seperti tap and reach pada umumnya, hanya saja dilakukan sambil duduk. Lakukan gerakan ini dan tahan 3-5 menit pada setiap sisi.

 

7. Stretching Exercise

Credit Image - blogs.nottingham.ac.uk

Latihan peregangan ampuh untuk mengurangi stres dan menjaga otot-otot yang tegang tegang. Ada dua cara untuk menerapkan latihan peregangan, yaitu:

  • Duduk dengan tegap di kursi, rentangkan kedua tangan di atas kepala dan tariklah ke atas, seperti sedang berusaha meraih bintang. Setelah 10 detik, rentangkan tangan kanan lebih tinggi, lalu ganti dengan tangan kiri.
  • Biarkan kepala terkulai sehingga telinga kanan hampir menyentuh bahu kanan. Dengan menggunakan tangan, tekan kepala sedikit lebih rendah, dengan lembut. Tahan selama 10 detik. Relax, and then repeat on the other side.

 

Maksimalkan Produktivitas, Tingkatkan Energimu!

Rutin melakukan olahraga di sela-sela waktu kerja, termasuk olahraga ringan atau peregangan di atas dapat membantu meningkatkan energi, sehingga produktivitas gak kendor.

Untuk optimalkan energi, pastikan kamu rutin mendapat asupan vitamin dan mineral. Keduanya berperan penting dalam proses metabolisme untuk membentuk energi, lho.

Tak hanya dari makanan, vitamin dan mineral bisa diperoleh dengan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang kombinasinya dapat menjaga energi tubuh agar tidak mudah lelah.

Kandungan vitamin B kompleks dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan metabolsime, sehingga tubuhmu mampu memperoleh energi yang maksimal. Dan pastinya vitamin C dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit, ya.

Jangan ditunda lagi. Yuk, segera dapatkan produk multivitamin Enervon Active dengan klik disini!

 

Gimana? Sekarang sibuk bukan lagi alasan untuk tidak rajin bergerak, ya. Lakukan sejumlah olahraga ringan di atas agar kesehatan dan energi tubuh semakin maksimal.

 

 

Featured Image – managerup.com

Source – glints.com