Indonesia kaya akan ragam pilihan wisatanya. Salah satu yang ditawarkan, yaitu kebun binatang. Destinasi satu ini pun sering menjadi pilihan untuk berlibur di tengah-tengah kesibukan. Apakah kamu juga serin mampir ke tempat wisata satu ini?

Tak hanya simple – dan tidak membutuhkan banyak perencanaan, berkunjung ke kebun binatang juga menjadi pilihan tepat berwisata bersama keluarga, lho. Selain memanjakan mata dengan melihat satwa-satwa lucu, eksotis, dan langka, destinasi tersebut juga cocok dijadikan sarana edukasi untuk anak-anak.

Nah, di Indonesia sendiri terdapat banyak pilihan zoo yang memiliki keunikannya masing-masing. Apa saja? Simak informasinya di bawah ini, yuk!

 

1. Bali Zoo Park

Credit Image - bali-zoo.com

Selain pantai yang indah, Bali juga memiliki salah satu kebun binatang terbaik di Indonesia yang bisa menjadi pilihan untuk berekreasi. Salah satunya adalah Bali Zoo Park yang terletak di Singapadu, Kabupaten Gianyar dengan lahan seluas 12 hektar.

Salah satu destinasi binatang yang ada di Bali ini memiliki banyak keunggulan, lho. Kamu bisa menikmati momen langka untuk bisa sarapan ditemani oleh Orang Utan, sensasi berkeliling di malam hari, memberi makan satwa secara langsung hingga menikmati pengalaman menaiki kuda poni untuk anak-anak.

Bali Zoo Park juga memiliki banyak satwa langka, di antaranya ada Burung Kasuari, Burung Merak, Burung Jalak Bali, Burung Elang, Singa Afrika, Harimau Sumatera, Elang, dan satwa-satwa menggemaskan seperti Javan Lutung, Sunda Slow Loris, Buffy Fish Owl dan masih banyak lagi. Selain itu, Bali Zoo Park juga dilengkapi dengan wahana air untuk melengkapi rekreasi di Pulau Dewata Bali.

 

2. Batu Secret Zoo

Selanjutnya, ada pula Batu Secret Zoo yang bisa menjadi pilihan rekreasi tepat. Lokasi ini merupakan bagian dari Jatim Park 2 yang merupakan salah satu tempat rekreasi terbaik di indonesia hingga pernah menempati urutan 10 besar kebun binatang terbaik se-Asia Tenggara yang didirikan di lahan seluas 14 hektar.

Batu Secret Zoo menjadi tempat wisata, edukasi dan konservasi satwa modern yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur.

Dalam 1 lokasi Batu Secret Zoo pengunjung dapat menikmati berbagai suguhan hiburan mulai dari melihat dari dekat satwa-satwa yang habitatnya tersebar di seluruh dunia seperti Padang Gurun Afrika, Hutan Tropis Asia, Samudra Pasifik, dan banyak lagi. Satwa langka yang ada di Batu Zoo pun beragam, seperti Colobus Monkey, Giant Anteater atau Trenggiling raksasa, Black Lemur dan masih banyak lagi.

Zona hewan yang dihadirkan Batu Secret Zoo juga beragam antara lain, Reptile Garden, Aquarium, Savannah, African Market dan Tiger Land. Selain itu lokasi ini juga dilengkapi dengan 20 wahana permainan di Fantasy Island. Menarik, kan?

 

3. Taman Safari Indonesia

Credit Image - tipologi.com

Taman Safari Bogor juga merupakan salah satu kebun binatang terbesar di Indonesia. Taman Safari 1 ini juga dinobatkan sebagai situs konservasi terbaik oleh Kementrian Kehutanan Indonesia.

Destinasi wisata satu ini memiliki suasana yang asri dengan dikelilingi kurang-lebih 5.000 pohon dan juga memiliki 2.500 lebih jenis satwa. Lokasinya yang terletak di Kabupaten Bogor - Cisarua, Jawa Barat ini menjadi pilihan utama saat berlibur ke area yang hanya butuh 1 jam berkendara dari Kota Jakarta.

Taman Safari Bogor memiliki banyak jenis satwa yang bisa dikunjungi. Bisa menikmati berkendara keliling hutan dengan kendaraan pribadi, melihat tingkah laku satwa di balik jendela kendaraan lalu menikmati banyak show secara gratis dan juga bisa menikmati wahana permainan yang disediakan. Pengunjung juga bisa memilih safari malam dengan petualangan di alam terbuka pada saat malam hari dengan menggunakan kereta wisata yang terbuka.

 

4. Kebun Binatang Ragunan

Ragunan merupakan pilihan wisata dan edukasi untuk keluarga dari warga Ibu Kota Jakarta. Salah satu kebun binatang terbaik di Indonesia ini terletak di Ragunan, Pasar Minggu Jakarta Selatan dan memiliki luas 147 hektar dan merupakan rumah dari 295 spesies hewan dengan 4040 spesimen yang tersebar dan disesuaikan dengan habitat masing-masing.

Destinasi ini bisa menjadi solusi untuk warga Jakarta yang ini menikmati lingkungan asri sembari berfoto ria bersama hewan-hewan lucu nan eksotis yang ada. Ragunan juga memiliki Schmutzer Primate Centre yang merupakan pusat konservasi hewan primata di Indonesia. Selain itu, ragunan juga kerap kali menjadi pilihan warga Jakarta untuk menjadi jogging track sambil menikmati pemandangan yang indah.

 

5. Bali Safari and Marine Park

Credit Image - raftingbali.net

Selain Bali Zoo Park, Bali juga memiliki pilihan kebun binatang di Indonesia terbaik lainnya yang bisa dikunjungi. Bali Safari & Marine Park juga merupakan salah satu wisata edukasi yang dilirik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Bali Safari & Marine Park terletak di Desa Serongga, Kab. Gianyar Bali. Lokasi yang satu ini juga dikelola oleh Taman Safari Group, lho.

Di sini, pengunjung dapat melihat banyak satwa langka dari Indonesia, India dan Afrika, di antaranya adalah harimau Sumatera, unta punuk satu, beruang himalaya, black buck, grevy zebra dan masih banyak lagi dari 400 ekor satwa langka dan 60 spesies. Pengunjung juga dapat menikmati pengalaman untuk berkeliling di malam hari sekaligus makan malam sambil ditemani oleh singa di Night Safari.

Selain itu, Bali Safari & Marine Park juga menghadirkan pertunjukan Agung Show yang merupakan penampilan spesial dari puluhan penari Bali. Ada pilihan lainnya untuk pengunjung yang ingin menginap jika tidak cukup menikmati kebun binatang dengan nuansa asri di Mara River Safari Lodge, lho.

 

Jangan Lupa, Tetap Proteksi Diri Selama Rekreasi

Wah, momen liburan sudah hampir tiba, lho. Untukmu yang ingin berekreasi ke kebun binatang yang ada di Indonesia, pastikan energi dan kesehatan tubuh sudah terjaga dengan baik, apalagi jika kamu akan melakukan banyak aktivitas yang menguras tenaga.

Pastikan kamu tetap mendapat waktu istirahat yang cukup – dan menjaga kekebalan tubuh dengan mengonsumsi multivitamin Enervon Active!

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Deretan vitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh agar tak gampang terkena penyakit. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya juga bisa mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama, sehingga kamu tak mudah lelah saat berkendara.

Untuk mendapatkan produk Enervon Active, kamu bisa mendapatkannya dengan klik di sini, ya.

 

Jadi, itulah berbagai destinasi kebun binatang yang ada di Indonesia. Kamu pernah mengunjungi salah satunya gak, nih?

 

 

Featured Image – zoo-tickets.com

Source – traveloka.com