Buah sangat dibutuhkan dalam pola makan sehat. Buah- buahan mengandung banyak nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh, demikan juga bagi pertumbuhan anak.

Sebagai orangtua, kamu pasti selalu menyediakan makanan bernutrisi yang memiliki manfaat untuk tumbuh kembang si kecil. Tapi bagaimana ya jika anak susah untuk mengonsumsi buah? Yuk simak beberapa tips berikut ini untuk mengatasinya.

1. Suguhkan berbagai jenis buah

Credit: takepart.com

Sajikan berbagai macam buah, seperti rujak. Biarkan si kecil mencoba berbagai rasa. Dengan begitu, nantinya anak dapat memilih sendiri buah apa yang cocok dengan seleranya. Jika anak menyukai rasa manis dan pedas, kamu juga bisa lho menyajikan buah dalam bentuk rujak.

2. Ajak anak untuk menyiapkan buahnya sendiri

Credit: gardenista.com

Kamu bisa mengajak anak saat akan berbelanja ke pasar, biarkan ia memilih buah yang menarik baginya. Dan saat kamu menyiapkan buah, ajak juga si kecil. Kamu bisa meminta anak untuk mencuci buah atau mengupasnya. Hal ini dapat membantu membangkitkan selera dan keingintahuan anak untuk mengonsumsi buah.

3. Sajikan buah dalam bentuk smoothies, es krim, atau pudding

Credit: spot.ph

Agar anak mau mengonsumsi buah, kamu bisa coba menyajikannya dalam berbagai bentuk, seperti smoothies, es krim, atau pudding.  Ketika kamu membuat smoothies, kamu bisa mencampurkan berbagai jenis buah sesuai selera anak. Atau jika kamu membuat es krim, kamu bisa membuatnya dengan bahan dasar buah- buahan. Dijamin si kecil pasti akan ketagihan.

Selain smoothies atau es krim, kamu bisa menyajikan buah untuk anak dalam bentuk pudding. Selain rasanya yang enak, tampilan pudding buah juga menarik sehingga anak tertarik untuk mencobanya.

4. Sisipkan buah- buahan dalam menu makanan

Credit: floridatoday.com

Agar anak mau makan buah, kamu juga bisa coba untuk menyisipkan buah- buahan dalam menu makanan yang disukainya. Misalnya, jika si kecil suka sereal, kamu bisa coba menambahkan buah seperti pisang, buah naga, atau jeruk yang sudah dipotong kecil- kecil.

5. Menjadi contoh bagi anak

Credit: oconto.extension.wisc.edu

Anak pasti selalu mencontoh orangtuanya. Jika kamu ingin si kecil rajin mengonsumsi buah, kamu pun harus sering mengonsumsi buah- buahan. Selain itu, kamu juga bisa menjelaskan manfaat buah saat kamu menyajikannya.

 

Featured Image - closeronline.co.uk