Seperti diketahui, vitamin merupakan salah satu nutrisi penting untuk mempertahankan proteksi dan energi tubuh. Apalagi, jika setelah sakit – dan tubuh membutuhkan stamina lebih, maka di sinilah peran penting dari vitamin.

Tak hanya menjaga sistem kekebalan saja, namun vitamin pun berperan penting dalam mengoptimalkan metabolisme yang mendukung fungsi berbagai organ, sehingga mampu bekerja dengan baik.

Nah, untuk menangani tubuh lemas, kamu disarankan mengonsumsi beberapa jenis vitamin, nih. Apa saja? Simak informasi lengkapnya di bawah ini!

 

 

1. Vitamin C

Credit Image - ktla.com

Kamu pasti sudah tidak asing dengan manfaat vitamin C untuk meningkatkan kekebalan, kan? Nah, nutrisi ini juga memiliki peran sebagai antioksidan untuk melawan paparan radikal bebas.

Kemudian, vitamin C bisa untuk membantu mengatasi badan lemas dan mencegah ngantuk, terutama saat dalam masa pemulihan setelah sakit.

Vitamin C juga turut berperan dalam menjaga metabolisme agar berjalan dengan baik. Seperti yang diketahui, metabolisme merupakan proses pembentukan energi untuk tubuh manusia. Ketika kamu rutin mengonsumsi vitamin C, maka imunitas akan terpelihara secara optimal. Dengan begitu, metabolisme pun turut meningkat.

Selain itu, vitamin C juga baik untuk menyembuhkan luka, menjaga aliran darah tetap lancar, serta memelihara kesehatan tulang dan gigi. Deretan hal tersebut, tentu memengaruhi imunitas dan metabolisme tubuh.

Dan vitamin untuk stamina tubuh yang satu ini juga dapat bantu penyerapan zinc yang juga berperan untuk meningkatkan energi tubuh. Zinc dapat bantu memproduksi hemoglobin, agar bisa diedarkan ke seluruh tubuh. Ini dapat bantu kamu tetap merasa bertenaga.

Kamu bisa mendapatkan asupan vitamin C melalui buah dan sayuran, seperti:

  • Jeruk
  • Jambu merah
  • Pepaya
  • Wortel
  • Brokoli
  • Labu kuning

Selain dari makanan, kamu pun juga mendapatkan vitamin C dengan mengonsumsi suplemen multivitamin, lho.

 

2. Vitamin B Kompleks

Tahukah kamu bahwa salah satu penyebab badan terasa lemas adalah kekurangan asupan vitamin B kompleks? Ya, vitamin yang satu ini memiliki peran penting dalam proses metabolisme karbohidrat dan protein.

Seperti yang kamu ketahui, karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh sehingga kamu bisa menjalankan aktivitas dengan lancar. Dan, kekurangan vitamin ini dapat mengganggu proses metabolisme karbohidrat sehingga tubuh menjaidi kekurangan energi dan terasa lemas.

Beberapa sumber vitamin B kompleks yang bisa kamu dapatkan dari makanan, yaitu:

  • Daging merah
  • Susu
  • Sayuran hijau
  • Tempe dan tahu
  • Ikan laut
  • Kacang-kacangan

Namun perlu kamu pahami, jika menjalani diet vegan, kamu mungkin akan membutuhkan suplemen vitamin B12 karena umumnya sumber makanan yang mengandung vitamin ini tersedia dalam protein hewani.

 

3. Zat Besi

Credit Image - health.kompas.com

Zat besi merupakan salah satu mineral penting dalam pembentukan sel darah merah yang nantinya bertugas dalam mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Menurut situs National Heart, Lung and Blood Institute, orang yang kekurangan zat besi sering merasa lesu, lelah, mudah ngantuk, dan sulit fokus.

Untuk mencegah hal ini, kamu dapat mengonsumsi sumber makanan tinggi zat besi, seperti:

  • Daging merah
  • Hati
  • Bayam
  • Lentil
  • Makanan laut
  • Telur
  • Cokelat hitam

Beberapa orang mungkin akan mendapatkan suplemen zat besi untuk mencegah anemia defisiensi besi.

 

Cara Mencukupi Asupan Vitamin di Atas, Selain dari Sumber Makanan

Sejatinya, kamu bisa mendapatkan asupan vitamin untuk stamina tubuh di atas dari sumber makanan sehat, seperti buah dan sayuran.

Misalnya, untuk vitamin B kompleks dapat diperoleh dari daging sapi, susu dan produk olahannya, telur, bayam, tempe, sayuran berdaun hijau, kerang, dan hati.

Sementara itu, vitamin C bisa kamu temukan di berbagai sumber makanan, seperti buah dan sayuran. Buah yang mengandung vitamin C, yaitu jeruk, stroberi, kiwi, apel, pepaya, jambu biji, dan mangga. Sedangkan, vitamin C dalam sayuran bisa ditemui pada bayam, kale, kembang kol, brokoli, dan kubis.

Namun, mengonsumsi makanan tinggi vitamin C dan vitamin B kompleks saja terkadang belum bisa mencukupi asupan vitamin satu ini, lho, apalagi kalau kamu punya aktivitas padat – dan seringkali tidak memerhatikan jenis makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Sebagai solusinya, kamu disarankan meminum multivitamin dengan kandungan lengkap, ya. Lantas, apa multivitamin yang baiknya dikonsumsi?

Konsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active. Multivitamin andalanmu yang satu ini mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang berguna untuk menjaga stamina agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu agar tidah mudah terserang penyakit.

Tak perlu khawatir, kandungan vitamin C-nya pun aman di lambung sensitif, lho!

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama. Mulai sekarang, yuk jadi pribadi yang aktif dengan Enervon Active!

Tunggu apa lagi? Segera konsumsi produk multivitamin andalan kaum aktif yang satu ini, yuk! Kamu bisa mendapatkannya di official store-nya di Tokopedia.

 

Jadi, itulah sejumlah vitamin yang dapat membantu mengatasi tubuh lemas, terlebih setelah sakit. Pastikan kamu mencukupi asupannya setiap hari, ya!

 

 

Featured Image – medlineplus.gov

Source – hellosehat.com