Tak terasa kita sudah sampai di penghujung tahun. Sebagian besar orang mungkin akan merayakan pergantian tahun dengan berpesta – yang mana tentu membutuhkan banyak biaya. Namun, ada pula yang justru berhemat agar tidak bokek di awal tahun nanti.

Perbedaan tersebut wajar saja, kok. Orang memiliki caranya masing-masing untuk hidup hemat, apalagi jika kamu memiliki rencana besar seperti akan berlibur mahal di tahun depan.

Tapi tahukah kamu kalau hidup hemat tak harus menunggu awal tahun? Mulai sekarang, ya, di akhir tahun ini kamu bisa mulai menghemat pengeluaran. Berikut ini tips sederhana yang dapat diterapkan, simak di sini!

 

 

1. Menggelar Pesta di Rumah Saja

Credit Image - scoopempire.com

Menghemat tapi bukan berarti kamu tak boleh merayakan pergantian tahun, lho. Tapi, ada baiknya dirayakan di rumah, karena selain hemat, kamu pun tak terjebak kemacetan di jalan raya.

Menggelar pesta di rumah adalah hidup hemat pertama di tahun baru. Dengan menggelar pesta di rumah, pengeluaranmu tentunya bakal jauh lebih minim.

Dengan merayakan pesta di rumah, kamu tak perlu keluar uang untuk beli bensin atau jajanan pengisi perut di kala kemacetan. Pesta di rumah tak selamanya membosankan, kok. Selain keberadaan orangtua, pesta tahun baru di rumah juga bisa dirayakan dengan teman-teman.

Banyak orang yang terlibat membuat biaya pengeluaranmu untuk patungan membeli kembang api atau jajanan pasti akan lebih kecil.

 

2. Ingin Belanja? Yuk, Tahan Keinginan Ini!

Mengutip Save The Student, tanggal muda adalah masalah banyak orang yang mencari cara hidup hemat jelang pergantian tahun. Nah, supaya perayaan tahun barumu tidak membosankan dan lebih hemat, coba atur uang dengan baik. Jika tidak, jangan salahkan tahun baru yang datang di tanggal muda, ya!

Salah satu cara hidup hemat di tahun baru adalah meminimalisir pengeluaran, terutama untuk pembelanjaan bulanan. Anggaran yang minim memang bakal membuatmu tak bisa memuaskan nafsu untuk belanja, tapi perlu diingat hal tersebut akan terbayarkan dengan tahun baru yang indah.

Untuk praktiknya, kamu bisa saja mulai dari mengurangi ongkos untuk belanja. Karena tahun baru menyisakan beberapa hari lagi, kamu bakal melakukan kontemplasi untuk memikirkan ke mana uang belanjaan akan mengarah.

Selain untuk tahun baru, keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan adalah uang yang mengendap di tabungan!

 

3. Lakukan Pembayaran Secara Tunai

Credit Image - pymnts.com

Munculnya aplikasi finansial boleh dibilang cukup pesat. Terlebih, aplikasi tersebut membawa kemajuan karena membantu masyarakat kala melakukan transaksi, seperti untuk pembayaran kebutuhan sehari-hari, misal listrik, air, atau internet.

Meski demikian, pembayaran via produk ciptaan perusahaan finansial tak selamanya menguntungkan. Kadang, penggunaan aplikasi perbankan justru membuat orang-orang tak bisa mengerem pengeluaran.

Nah, tahu cara terbaik untuk mengerem pengeluaran dari pos-pos yang tidak perlu atau cara hidup hemat yang lain? Gunakan uang tunai. Dengan bentuk fisik, pengguna jadi terstimulus untuk tidak menginginkan belanja apapun saat dompetnya tidak terdapat uang.

 

4. Manfaatkan Diskon Akhir Tahun

Jika kamu tidak tahan untuk berbelanja atau ada kebutuhan yang mendadak diperlukan meski tetap mencari cara hidup hemat, ada baiknya memanfaatkan ragam diskon di akhir tahun. Biasanya, diskon akan diberikan oleh toko-toko perbelanjaan besar pada tanggal-tanggal terakhir di akhir bulan.

Meski demikian, untuk menggunakan cara hidup hemat ini, kamu tetap harus bersiasat.

Salah satunya adalah kemunculan diskon yang biasanya digelar di jam-jam tertentu. Kadang ada pusat perbelanjaan yang menerapkan diskon di pagi hari atau beberapa jam terakhir penutupan hari. Diskon yang diberikan, baik oleh pusat perbelanjaan hingga produk tertentu, biasanya berkisar 30% sampai 50%.

Namun, jika kamu cermat dan memperhatikan beberapa iklan, tak sedikit pula pusat perbelanjaan hingga produk yang bahkan berani memberikan potongan harga sampai 90%, lho.

 

5. Jual Barang yang Gak Perlu!

Credit Image - hgtv.com

Daripada menumpuk di gudang atau lemari, menjual barang-barang yang tak perlu bisa memberikan pemasukan tambahan untukmu merayakan tahun baru.

Untuk melakukan cara ini, kamu bisa melihat barang-barang yang mungkin tak dipakai selama satu tahun terakhir, semisal pakaian atau celana. Pasalnya, apabila kamu teliti, mungkin hanya ada beberapa barang yang rutin kamu pakai.

Demi mendapatkan keuntungan dari cara hidup hemat ini, kamu perlu melakukan promosi. Usahakan promosi yang kamu lakukan tak terlalu mepet dengan pergantian tahun agar kemungkinan pembeli datang semakin besar.

 

6. Hemat Boleh Saja, Tapi Jangan Lupakan Asupan Nutrisi, ya

Hidup hemat boleh saja, bahkan dianjurkan, lho. Tapi, bukan berarti kamu mengabaikan asupan harian, pasalnya ini dapat mempertahankan kondisi kesehatan tubuh. Tak ingin kan kalau hemat malah berujung pada kerugian kesehatan?

Selain mendapat asupan makanan bergizi, kamu dianjurkan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active yang ramah di lambung – dan pastinya ramah di kantong!

Enervon Active memiliki kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Seperti yang sudah disebutkan, kandungan vitamin B kompleks Enervon Active – dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir mudah lemas ketika beraktivitas.

Dan pastinya, kandungan non-acidic vitamin C dan zinc di dalam multivitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, sehingga tidak rentan terkena berbagai macam penyakit!

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya.

 

Perayaan tahun baru tidak selalu harus mewah – dan mengeluarkan banyak biaya, kok. Kamu bisa hidup hemat di akhir tahun dengan menerapkan tips di atas. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – viva.co.id

Source – glints.com