Diabetes merupakan masalah kesehatan yang tidak bisa disembuhkan secara total. Meski demikian, penderitanya dapat mengendalikan kadar normal gula darah dengan menjalani gaya hidup sehat, salah satunya rajin berolahraga.

WHO merekomendasikan total durasi aktivitas fisik untuk orang yang sehat berusia 18-64 tahun dan penyandang diabetes adalah 150 menit per minggu.

Tetapi, agar manfaat baiknya bisa dirasakan secara optimal, maka penderita diabetes sebaiknya berolahraga minimal 30 menit per hari – dan dapat ditingkatkan berdasarkan kekuatan serta kebutuhan masing-masing.

Lantas, apa saja jenis olahraga yang direkomendasikan bagi penderita diabetes? Dan apa saja manfaatnya? Berikut ini ulasannya.

 

 

Manfaat Olahraga bagi Pasien Diabetes

Credit Image - medicalnewstoday.com

Olahraga tidak hanya membantu mengontrol tekanan darah pada penderita diabetes. Dokter spesialis kedokteran olahraga dari RS Pondok Indah, Bintaro Jaya dr. Antonius Andi Kurniawan, Sp.KO, menjelaskan beberapa manfaat lain, yaitu:

  • Meningkatkan sensitivitas insulin
  • Memperbaiki profil lemak darah
  • Menurunkan presentase lemak tubuh
  • Menurunkan dan mengontrol tekanan darah
  • Meningkatkan kekuatan otot
  • Meningkatkan daya tahan otot dan ruang gerak sendi
  • Meningkatkan propioseptif
  • Mencegah neuropati perifer
  • Meningkatkan kebugaran dan kualitas hidup

 

Apa Saja Olahraga yang Dapat Dilakukan Penderita Diabetes?

Credit Image - healthshots.com

Sebelum memulai olahraga, penderita diabetes disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter terkait jenis workout. Penderita diabetes yang baru memulai olahraga sebaiknya melakukan latihan aerobik dengan intensitas sedang seperti berjalan kaki atau sepeda statis yang dipadukan dengan latihan kekuatan otot.

Lebih lanjut, dijelaskan pula kombinasi aerobik dan latihan kekuatan otot dapat lebih bermanfaat dalam mengontrol kadar gula darah tetap stabil. Selain aerobik, penderita diabetes juga bisa rutin melakukan latihan fleksibilitas, seperti senam yoga dan pilates.

Selain itu, pastikan kadar gula darah tetap normal selama berolahraga, lakukan pemanasan sebelum berolahraga dan pendinginan setelah berolahraga. Dan penderita diabetes juga harus selalu mencukupi kebutuhan cairan demi mencegah dehidrasi – dan sebaiknya tidak memaksakan diri, sehingga baiknya berhenti atau beristirahat jika sudah merasa lelah.

 

Cara Mencegah Diabetes

Credit Image - foodandnutrition.org

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang dilabeli sebagai silent killer, karena dianggap datang tiba-tiba dan langsung memengaruhi kondisi fisik seseorang. Meski demikian, penyakit ini sebenarnya dapat dideteksi dini dengan rutin melakukan cek darah.

Selain itu, kamu juga sebenarnya dapat mencegah penyakit diabetes dengan beberapa hal, seperti:

  • Batasi atau hindari makanan dan minuman yang mengandung pemanis
  • Pilihlah karbohidrat kompleks dan alami, seperti nasi, kentang, ubi, dan hindari tepung serta makanan tinggi gula
  • Pilih sumber protein yang mengandung sedikit lemak
  • Kurangi makanan yang diolah dengan cara digoreng

Dan, kamu disaranakan mencukupi nutrisi, termasuk vitamin dan mineral – yang bisa diperoleh dari sumber makanan bergizi serta mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Enervon Active memiliki kandungan lengkap, seperti non-acidic Vitamin C 500 gram, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kombinasi kandungan vitamin C dan zinc akan membantu menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak gampang sakit. Kandungan non-acidic vitamin C di dalam Enervon Active juga aman dikonsumsi kamu yang punya masalah perut sensitif – jadi, tak perlu takut lambung menjadi nyeri, ya!

Selain itu, kandungan vitamin B kompleksnya akan mengoptimalkan proses metabolisme untuk mengubah makanan menjadi energi yang lebih tahan lama, sehingga kamu gak gampang lelah ketika beraktivitas.

Untuk mendapatkan produk Enervon, kamu bisa segera kunjungi e-commerce di Tokopedia.

 

Jadi, itulah informasi mengenai jenis olahraga yang direkomendasikan bagi penderita diabetes. Menjaga kadar gula darah memang penting, salah satunya dengan olahraga. Dengan demikian, penyandang diabetes dapat tetap mempertahankan kesehatannya.

 

 

Featured Image – everydayhealth.com

Source – kompas.com