Seperti diketahui, pandemi Covid-19 belum sepenuhnya berakhir. Risiko paparan virus ini pun masih kerap mengintai – dan bisa menular di mana serta kapan saja. Meski demikian, masyarakat pun sudah tak lagi ragu untuk beraktivitas secara bebas, termasuk pergi berlibur.

Di momen liburan Natal dan Tahun Baru, tak sedikit masyarakat yang akan bepergian. Apakah kamu salah satunya? Nah, agar berlibur tetap aman dan nyaman, ada beberapa tips yang perlu kamu terapkan. Berikut ulasannya.

 

 

1. Sebisa Mungkin Memilih Lokasi Wisata yang Sepi

Credit Image - travel.kompas.com

Untuk menjamin kondisi kesehatan pribadi, lebih baik pilih tempat wisata yang tidak memiliki banyak pengunjung sehingga kamu bisa dengan leluasa berwisata. Misalnya berlibur ke pantai di luar kota atau datang ke air terjun yang jarang dikunjungi. Kamu juga bisa memilih lokasi wisata yang menawarkan layanan pribadi kepada para tamu seperti villa.

Bila hendak berlibur dengan keluarga, buatlah pilihan beberapa lokasi wisata yang akan dikunjungi. Kemudian diskusikan hal tersebut dengan anak-anak dan anggota keluarga lainnya. Tetap pilih lokasi liburan yang menarik, namun kurang populer, sehingga liburanmu bisa menyenangkan dan tetap aman. Kamu bisa mendapatkan informasi lokasi wisata dari warga lokal maupun mencarinya di media sosial.

 

2. Pilihlah Destinasi Wisata Alam

Dalam kondisi pandemi, lokasi wisata alam merupakan alternatif liburan yang sering dipilih. Selain menyediakan pemandangan yang memukau, wisata alam juga membuat para pelancong bisa leluasa bergerak karena berada di tempat terbuka.

Namun hindari wisata alam yang ramai dikunjungi karena akan berpotensi menimbulkan kerumunan dan menaikkan potensi penularan virus Covid-19. Tak melulu ke pantai, ternyata banyak opsi wisata alam yang bisa dijajal. Mulai dari mendaki gunung, menjelajah hutan pinus, hingga berkunjung ke air terjun.

 

3. Melakukan Tes PCR atau Antigen

Credit Image - zurich.co.id

Meski tes PCR maupun antigen bukan lagi syarat bepergian, tapi hal ini penting dilakukan ketika ingin berlibur denga naman selama pandemi.

Lakukan tes swab sebelum berangkat liburan dan setelah pulang. Tes swab sebelum liburan harus dilakukan untuk memastikan bahwa kamu serta keluarga berada dalam kondisi bugar dan tidak bepotensi menularkan Covid-19 kepada orang lain selama berwisata.

Sedangkan tes swab setelah liburan selesai bemanfaat untuk mengetahui apakah seluruh keluarga yang berangkat liburan tidak akan membawa virus corona ke rumah. Kamu bisa tes swab drive thru yang cenderung lebih aman, praktis dan nyaman.

 

4. Hindari Pergi Saat Sedang Sakit

Meskipun kamu sudah melakukan booking tiket pesawat serta kamar hotel, jangan paksakan pergi berlibur saat sedang sakit. Selain tidak bisa menikmati liburan secara maksimal, kondisi imunitas tubuh pasti akan menurun. Ini membuat kamu lebih rentan terserang virus termasuk Covid-19.

 

5. Tetap Menjalani Protokol Kesehatan

Credit Image - cnbc.com

Ketika sudah menentukan waktu keberangkatan dan lokasi wisata yang dituju, selanjutnya pilih aktivitas yang akan dilakukan selama liburan. Bila datang bersama keluarga, pilihlah jenis aktivitas yang bisa dilakukan semua anggota keluarga. Apapun aktivitas yang akan dilakukan, tetap utamakan protokol kesehatan dengan dengan selalu memakai masker serta menjaga jarak dengan pengunjung lainnya.

Bawalah sabun cuci tangan dan handsanitizer sendiri agar kebersihan tangan selalu terjaga. Bila memiliki anak, maka ingatkan mereka agar tidak membuka masker sembarangan.

Setiap anggota keluarga yang berlibur hanya diizinkan membuka masker hanya ketika hendak makan. Jadi meskipun merasa gerah dan tidak nyaman, jangan sampai lengah dan melepas masker. Beri pengertian bagi anak-anak kenapa hal ini penting dilakukan.

Selain itu, selalu jaga jarak dengan orang lain yang bukan keluarga saat liburan berlangsung. Siapkan selalu stok masker bersih untuk berjaga-jaga bila kehabisan masker di lokasi wisata.

 

6. Mencukupi Asupan Nutrisi

Yang terakhir, kamu juga perlu menjaga kondisi kesehatan tubuh dari dalam. Pastikan kebutuhan nutrisi tubuh terpenuhi dengan mengonsumsi makanan bergizi lengkap. Mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin serta mineral.

Dan, kamu juga disarankan mengonsumsi suplemen dan vitamin secara rutin sejak sebelum, selama dan setelah liburan. Hal ini dilakukan demi memperkuat kekebalan tubuh untuk melawan infeksi Covid-19.

Untuk suplemen yang direkomendasikan, kamu bisa mengonsumsi multivitamin Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 gram, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kombinasi kandungan vitamin C dan zinc akan membantu menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak gampang sakit. Kandungan non-acidic vitamin C di dalam Enervon Active juga aman dikonsumsi kamu yang punya masalah perut sensitif – jadi, tak perlu takut lambung menjadi nyeri, ya!

Selain itu, kandungan vitamin B kompleksnya akan mengoptimalkan proses metabolisme untuk mengubah makanan menjadi energi yang lebih tahan lama, sehingga kamu gak gampang lelah ketika beraktivitas.

Untuk mendapatkan produk Enervon, kamu bisa segera kunjungi e-commerce di Tokopedia.

 

Nah, untukmu yang akan pergi berlibur di momen Natal dan Tahun Baru, yuk, terapkan tips di atas agar perjalanan tetap aman dan menyenangkan!

 

 

Featured Image – raisingchildren.net.au

Source – traveloka.com