Permasalahan radang tenggorokan pasti pernah dialami oleh hampir setiap orang. Jangan khawatir, kondisi ini biasanya akan terjadi selama kurang dari dua minggu – dan akan mereda setelah beberapa waktu, kok!

Radang pada tenggorokan umumnya ditandai dengan gejala sakit tenggorokan. Keluhan tersebut paling sering disebabkan oleh infeksi virus, termasuk Covid-19. Namun, ada pula yang disebabkan infeksi bakteri.

Kondisi yang satu ini memang tidak nyaman, kan? Untuk mengatasinya, ada trik sederhana yang dapat kamu lakukan, tanpa harus mengonsumsi obat khusus. Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

 

 

Gejala Radang Tenggorokan yang Perlu Diketahui

Credit Image - merdeka.com

Radang tenggorokan paling sering terjadi pada bagian belakang tenggorokan atau faring, kondisi ini dikenal sebagai faringitis. Selain itu juga dapat terjadi pada organ di sekitarnya, seperti peradangan pada amandel atau tonsil, radang atau pembengkakan kelenjar adenoid di hidung, atau peradangan pada pita suara yang kerap ditandai dengan suara yang serak. Kondisi-kondisi ini seringkali terjadi bersamaan.

Umumnya radang pada tenggorokan bisa membaik dalam kurun waktu 5 sampai 10 hari meski tanpa pengobatan.

Ada beberapa gejala seseorang mengalami radang, di antaranya:

  • Tenggorokan terasa sakit, terutama saat menelan
  • Sensasi kering pada tenggorokan
  • Munculnya demam yang ringan
  • Mengalami rasa tidak nyaman saat berbicara
  • Munculnya batuk yang mengganggu
  • Pembengkakan kelenjar getah bening sekitar leher.

Untuk mengatasinya kamu bisa melakukan trik sederhana, seperti yang akan dibahas di bawah ini, ya.

 

Cara Meredakan Radang pada Tenggorokan

Credit Image - health.kompas.com

Serangan radang tenggorokan akut biasanya hanya terjadi dalam beberapa waktu saja. Selama mengalami kondisi ini, hindarilah beberapa hal yang bisa memperparah kondisi atau menyebabkan iritasi bertambah seperti merokok atau mengonsumsi makanan garing dan berminyak.

Selain itu, beberapa langkah di bawah ini juga dapat membantu meringankan intensitas radang tenggorokan akut:

1. Perbanyak minum air putih

Kekurangan cairan atau dehidrasi dapat memperparah gejala radang. Kamu juga bisa mengonsumsi minuman hangat seperti teh chrysanthemum atau campuran teh lemon dengan madu, agar tenggorokan terasa lebih nyaman.

 

2. Mengonsumsi makanan lembut

Sementara pilihlah jenis makanan yang lembut dan tidak mengganggu atau melukai tenggorokan yang sedang meradang. Misalnya sup, bubur ayam, atau nasi tim, pastikan tidak terlalu panas.

 

3. Berkumur dengan air garam

Tindakan ini dipercaya mampu membantu mengurangi keluhan radang tenggorokan. Lakukan pada tenggorokan (gargle) 2 hingga 3 kali sehari, menggunakan campuran setengah cangkir air putih dan seperempat sendok garam. Namun hindari lakukan aktivitas ini pada anak-anak yang masih terlalu kecil, atau belum mampu meludah.

 

4. Menghirup udara lembap

Udara lembap pada saluran napas bagian atas akan membantu membersihkan lendir dan cairan akibat peradangan. Hindari terlalu lama berada dalam ruangan ber-AC, atau gunakanlah pelembap udara (humidifier).

 

5. Jangan terlalu banyak bersuara

Penggunaan pita suara secara berlebihan dapat memperparah radang tenggorokan. Agar radang cepat sembuh, maka minimalkan penggunaan pita suara dengan kurangi berbicara, setidaknya hindari bersuara keras.

 

6. Berhenti merokok

Jika kamu seorang perokok, disarankan untuk segera menghentikan kebiasaan tersebut. Hal ini akan memberikan efek positif terutama jika radang disebabkan oleh infeksi. Berhenti merokok akan membuat waktu penyembuhan lebih cepat.

 

Kuatkan Perlindungan Tubuh juga Ampuh Melawan Radang Tenggorokan

Credit Image - thompsoncancer.com

Selain dengan menerapkan tips di atas, untuk mengatasi permasalahan radang tenggorokan, kamu juga dianjurkan meningkatkan proteksi tubuh – apalagi, jika radang disebabkan oleh infeksi virus, seperti Covid-19.

Kuatkan perlindungan tubuhmu dengan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon Active yang dilengkapi dengan kandungan lengkap.

Enervon Active mengandung mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kandungan vitamin C dan zinc di dalamnya dapat membantu menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit. Tak perlu khawatir, kandungan vitamin C di dalam Enervon Active pun ramah di lambung – jadi, bisa diminum bagi yang punya perut sensitif, ya.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleksnya akan membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama, sehingga tak mudah lelah saat beraktivitas, sekaligus membantu proses pemulihan selama sakit.

Yuk, segera dapatkan multivitamin andalan satu ini dengan mengunjungi official store Enervon, ya.

 

Nah, jika kamu mengalami radang tenggorokan, untuk mengatasinya cobalah beberapa trik di atas, ya. Selain itu, jangan lupa beristirahat yang cukup, sehingga tubuh dapat lebih optimal dalam melawan radang.

Namun, jika keluhan radang terus terjadi hingga lebih dari 10 hari – dan bertambah parah, terlebih disertai dengan keluhan seperti sulit bernapas, tidak bisa menelan, amandel bernanah, kesulitan membuka mulut, pembengkakan pada leher atau wajah, nyeri telinga, darah pada liur atau dahak, dan demam, maka segera periksakan diri ke ahlinya untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

 

 

Featured Image – jatim.genpi.co

Source – alodokter.com