Bukan hanya banyak yang menurunkan berat badan, namun ada pula orang yang sedang bergelut untuk menambah berat badan, misalnya melakukan berbagai trik kesehatan, termasuk mengonsumsi kalori lebih banyak dan lain sebagainya.

Sama seperti diet pada umumnya, menaikkan berat badan juga tidak semudah yang dibayangkan, lho. Selain itu, proses ini juga tetap perlu diimbangi dengan olahraga – dianjurkan memilih jenis yang dapat menambah massa otot sehingga berat badan pun dapat lebih mudah ditingkatkan.

Apa saja jenis olahraga yang dapat membantu meningkatkan massa otot tersebut? Berikut ini ulasannya.

 

 

1. Knee Push up

Credit Image - healthdigest.com

Push up menggunakan lutut ini merupakan gerakan yang dapat melatih otot di seluruh bagian tubuh. Cara melakukannya yakni dengan meletakkan kedua tangan selebar bahu di bawah bahu dan sandarkan tubuh bawah di atas lutut.

Latihan ini dapat meningkatkan kekuatan tubuh bagian dada, lengan dan meningkatkan stabilitas inti. Biasanya push up ini dilakukan 2-3 set dengan repetisi 15-30 kali. Sesuaikan set dengan kemampuanmu ya.

 

2. Squat

Squat merupakan gerakan dasar dalam berolahraga yang menekankan otot bagian bawah yakni sendi pinggul dan lutut, cara melakukannya cukup sederhana yakni sejajarkan paha dengan lutut dengan tangan diluruskan ke depan hingga terasa otot lutut yang terasa tertarik.

Gerakan squat membuat tubuh kita meningkatkan produksi hormon anabolik, membantu badan menghilangkan lemak dan membentuk otot. Selain itu gerakan ini akan memperkuat tulang dan otot serta kelenturan. Gerakan simple tapi banyak fungsinya.

 

3. Lunges

Credit Image - boxrox.com

Gerakan lunges merupakan latihan yang memfungsikan banyak anggota tubuh dalam satu waktu yakni pada paha depan, hamstring, betis, paha belakang hingga otot-otot bagian bawah. Cara melakukan lunges yang tepat yakni seperti gerakan pada gambar di atas.

Lunges memiliki manfaat dalam mencegah cedera dan program terkait penguatan pada ligament anterior cruciate (ACL). Latihan ini cocok dan efektif untuk dipraktikkan atlet muda terutama pelari. 

 

4. Tricep Dips

Latihan tricep dips ialah gerakan beban yang efektif untuk meningkatkan kekuatan bahu dan lengan. Cara melakukannya pun cukup mudah yakni berdiri membelakangi kursi atau bangku, dengan posisi seperti akan duduk. Sangga badan dengan kedua lengan di belakang tubuh, telapak tangan mendatar di kursi. Seimbangkan tubuh pada telapak tangan, dan tekuk kaki di depan tubuhmu. Lalu, lutut menekuk, sementara tumit menyentuh lantai

Tricep dips baik untuk membangun kekuatan lengan dan bahu dan gerakannya bervariasi jadi dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat kebugaran masing-masing individu. Saat melakukan latihan ini yang paling berasa adalah otot lengan.

 

5. Crunch

Credit Image - sehatq.com

Gerakan crunch merupakan latihan yang paling populer dalam melatih otot di bagian perut. Gerakan ini bersahabat bagi seorang pemula hingga yang suda pro sekalipun, latihan olahraga ini bisa dilakukan dimana saja dan mudah tanpa membutuhkan bantuan alat lainnya.

Manfaat dari crunch adalah membuat perut rata dan meningkatkan kemampuan untuk melakukan latihan secara efektif. Namun perlu diperhatikan ketepatan dalam gerakannya, alih-alih bugar kesalahan melakukan crunch menyebabkan ketidakseimbangan dan cedera.

 

Optimalkan Olahraga, Terapkan Tips Ini, Yuk!

Agar manfaat baiknya dari olahraga semakin maksimal, kamu juga perlu mengimbanginya dengan hal lain, seperti memerhatikan pola makan, termasuk kamu yang ingin meningkatkan berat badan, ya. Karena, pola makan juga turut berperan dalam mempertahankan kesehatan, lho.

Cobalah untuk sarapan yang sehat sebelum beraktivitas, perhatikan porsi makan, konsumsi camilan secukupnya – dan disarankan ngemil yang sehat, serta pastikan kamu menyantap makanan sesuai olahraga untuk membantu otot cepat pulih.

Selain itu, cukupi pula kebutuhan cairan tubuh yang dapat membantu mencegah dehidrasi. Dilansir dari American College of Sports Medicine, direkomendasikan agar mencukupi kebutuhan cairan dengan rincian berikut:

  • Minum 2-3 cangkir air selama dua hingga tiga jam sebelum olahraga
  • Minum sekitar 1/2 hingga 1 cangkir air setiap 15 hingga 20 menit selama berolahraga.
  • Minum 1-3 cangkir air setelah olahraga untuk mengganti cairan yang hilang selama aktivitas fisik.

Dan yang tak kalah pentingnya, agar kegiatan fisik semakin maksimal, kamu juga perlu menjaga energi tubuh dengan rutin mendapat asupan vitamin dan mineral. Keduanya berperan penting dalam proses metabolisme untuk membentuk energi, lho.

Tak hanya dari makanan, vitamin dan mineral bisa diperoleh dengan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang kombinasinya dapat menjaga energi tubuh agar tidak mudah lelah.

Kandungan vitamin B kompleks dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan metabolsime, sehingga tubuhmu mampu memperoleh energi yang maksimal. Dan pastinya vitamin C dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit, ya.

Jangan ditunda lagi. Yuk, segera dapatkan produk multivitamin Enervon Active dengan klik disini!

 

Berbagai gerakan di atas dapat membantu melatih sekaligus meningkatkan massa otot – yang diharapkan dapat membantu peningkatan berat badanmu. Gerakan tersebut juga dapat membuat badan lebih berisi dengan otot yang tak kalah kuat.

 

 

Featured Image – verywellfit.com

Source – idntimes.com