Pernah mendapat pertanyaan alasan melamar pekerjaan ketika interview kerja?

Beragam jenis pertanyaan kerap kali dilontarkan oleh pihak perusahaan ketika sedang melakukan sesi interview, salah satunya yaitu alasan kamu melamar pekerjaan di kantor tersebut. Biar lolos, kamu pun harus menjawabnya secara tepat, ya!

Bagi interviewer, pertanyaan tersebut pun penting dilontarkan agar dapat memahami tujuan dan ekspektasimu terhadap perusahaan. Jadi, jangan sampai kamu menganggap remeh pertanyaan ini, lho.

Berikut trik jitu menjawab pertanyaan alasan melamar pekerjaan yang wajib kamu ketahui. Simak informasinya di bawah ini.

 

 

1. ”Saya Ingin Bergabung, Karena Perusahaan Ini Salah Satu Leading Company dalam Sektornya”

Credit Image - ekrut.com

Seleksi karyawan adalah sebuah proses yang sejatinya cukup kompetitif. Maka dari itu, saat sesi interview, kamu harus bisa memberikan alasan melamar pekerjaan di perusahaan dengan jelas dan tepat.

Nah, salah satu alasan yang bisa kamu lontarkan adalah bahwa perusahaan tersebut lebih unggul dibandingkan kompetitornya.

Selain itu, kamu juga bisa tambahkan jawaban bahwa selama menunggu jadwal interview, kamu sudah memerhatikan pertumbuhan perusahaan tersebut. Dengan jawaban seperti ini, pihak interviewer akan melihatmu sebagai calon pekerja yang antusias.

Mereka juga akan mengapresiasi tanggapanmu terkait progres perusahaan selama mengatasi bisnis kompetitor.

Intinya, jawaban satu ini dijamin jitu terutama bila kamu memang mendaftarkan diri di perusahaan raksasa.

 

2. “Ingin Ikut Berperan dalam Perusahaan, Termasuk Jika Harus Tugas di Luar Daerah”

Masuk ke lingkungan kerja yang dekat dengan tempat tinggal tentu jadi impian banyak orang, baik itu fresh graduate ataupun yang sudah punya pengalaman kerja. Namun, seiring berjalannya waktu, kebutuhan setiap perusahaan pastinya akan meningkat.

Hasilnya, mereka harus membangun usaha di beberapa tempat yang tak jarang berada jauh di luar daerah rumahmu. Jadi, kebanyakan interviewer kini mencari calon karyawan yang fleksibel dan bersedia jika harus ditempatkan pada lokasi yang jauh dari tempat tinggal.

Nah, menyampaikan ketersediaanmu untuk bertugas di luar daerah saat interview sebagai alasan melamar pekerjaan dapat menjadi cara yang jitu agar diterima kerja, lho. Tapi, tetap usahakan  sebaik mungkin untuk menerangkannya secara saksama. Jangan sampai pihak interviewer menganggap jawabanmu hanyalah sekadar formalitas!

Lalu, pastikan dulu bahwa kamu memang bersedia untuk ditempatkan pada kantor yang letakknya jauh dari rumah. Diskusikan terlebih dahulu dengan keluarga dan orang-orang yang kamu cintai.

 

3. “Perusahaan dan Posisi Ini Dapat Memberi Ruang untuk Berkarya”

Credit Image - theforage.com

Tujuan perusahaan saat menanyakan alasan melamar pekerjaan adalah guna mengetahui seberapa besar keinginan kandidat untuk berkontribusi pada perusahaan. Kemudian, mereka juga ingin memahami kontribusi seperti apa yang akan diberikan oleh si kandidat ini nantinya.

Di sini kamu bisa jelaskan bahwa alasanmu melamar adalah karena perusahaan memberikan ruang bagi karyawannya untuk berkarya. Dengan jawaban demikian, pihak interviewer akan melihatmu sebagai kandidat yang mandiri dan dapat berkontribusi dalam bentuk inovasi yang menarik.

Bagi kamu yang belum tahu, perusahaan akan selalu mengutamakan kandidat yang kreatif dan inovatif. Sebab, di era modern ini, bisnis bisa berkembang apabila karyawannya gemar menciptakan berbagai inovasi mutakhir.

 

4. “Bidang Ini Adalah Lapangan Kerja yang Menantang dan Saya Merasa Terdorong”

Jawaban alasan melamar pekerjaan lainnya yang bisa kamu berikan, yaitu bidang pekerjaan yang menantang. Alasannya, karena saat ini perusahaan mencari karyawan yang antusias. Dalam kata lain, mereka tak takut untuk menerima tugas yang berada di luar zona nyamannya.

Hal ini terjadi karena pertumbuhan mendorong perubahan. Hasilnya, perusahaan yang sedang meningkat terkadang harus menyesuaikan diri dengan berbagai bidang kerjaan baru. Lalu, kamu bisa jelaskan bawah alasan melamar adalah karena adanya target yang dicapai.

Nah, jawaban seperti ini akan membuat interviewer melihatmu sebagai kandidat yang teratur dan tentunya bisa mencapai semua target bisnis, lho.

 

5. “Ingin Berkarir di Bidang Ini, Karena Sesuai dengan Keahlian yang Dimiliki”

Credit Image - workinjapan.today

Yang terakhir, kamu pun bisa meyakinkan pewawancara dengan menjelaskan bahwa keahlian dan pengalaman kerjamu selaras dengan lowongan yang dilamar. Kamu bisa lakukan hal ini dengan memaparkan berbagai skill yang kamu dapatkan selama magang dan kuliah pada interviewer.

Namun, supaya bisa berhasil, pastikan juga bahwa kamu memiliki dokumen yang dapat membuktikan hal tersebut. Sebagai contoh, adalah sertifikasi dari seminar atau surat referensi dari bekas atasan di kantor lama.

 

Jangan Lupa, Tetap Jaga Energi dan Fokus Selama Menjawab Pertanyaan Wawancara!

Dalam menjawab pertanyaan wawancara kerja, pastikan pula kamu sudah menjaga konsentrasi dengan baik. Pastikan kamu sudah mendapat asupan makanan yang bernutrisi, istirahat yang cukup, sudah mencukupi kebutuhan cairan tubuh, dan memperoleh asupan vitamin serta mineral.

Berkaitan dengan asupan vitamin dan mineral, selain dari sumber makanan bernutrisi, kamu bisa memperolehnya dengan mengonsumsi suplemen multivitamin yang punya kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Enervon Active memiliki kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Nah, kandungan vitamin B kompleks Enervon Active – dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir mudah lemas ketika beraktivitas.

Dan pastinya, kandungan vitamin C dan zinc di dalam Enervon Active tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, sehingga tidak rentan terkena berbagai macam penyakit!

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya.

 

Jadi, itulah deretan jawaban alasan melamar pekerjaan yang dapat kamu berikan ketika sedang interview kerja. Semoga sukses!

 

 

Featured Image – floreseditorial.com

Source – glints.com